Review Above the Stars - D. Wijaya

Thursday, August 13, 2015

Judul : Above the Stars
Penulis : D. Wijaya
Penerbit : Ice Cube, KPG
Tebal : 248 halaman

“Kau tidak takut jatuh?” tanya Mia.

Danny menggeleng.

“Aku takut jatuh,” aku Mia dengan polos. “Kalau kau takut apa?”

Danny tidak langsung menjawab. Ia juga tidak menolakkan kaki ke tanah lagi untuk menambah kecepatan ayunan. Senyuman di wajahnya perlahan-lahan memudar. “Aku takut tidak bisa melihat selamanya.”


Menurut Danny Jameson, hidupnya tidak pernah mudah. Ia punya orangtua yang protektif, mesin tik Braille yang tidak dimiliki teman-temannya, dan semacam magnet yang menarik John Schueller untuk terus mengganggunya. Namun, yang paling buruk adalah ia punya sepasang mata biru yang tidak bisa melihat. Ketika Danny berpikir Mia Berry akan menjadi satu-satunya teman yang ia punya, Will Anderson datang dan mengubah hidupnya. Will memperlihatkan kepadanya dunia yang ingin ia lihat. Will juga membuat Danny mempertanyakan sesuatu tentang dirinya. Tapi, sebelum Danny sempat menemukan jawabannya, Will menghilang.


                                                             Review
   
Seri YARN kali ini menceritakan tentang sosok Danny yang tidak dapat melihat sejak dia masih kecil. Hari-hari Danny jalani di sekolah dengan tidak baik. Seperti kisah nyata pada umumnya, Danny sering sekali diledek oleh teman-temannya. Bahkan dia merasa tidak ada yang ingin berteman dengannya. Sampai dia bertemu dengan Mia.

Perkenalan Mia dengan Danny yang tidak sengaja justru mengusik hati Mia kalau selama ini Danny sendirian-tidak punya teman. Mia lah sahabat Danny di sekolahnya. Mia dengan sabar membantu Danny mencatat dengan mesin tik, mengantarkannya pulang dan pergi dari sekolah hingga ke rumah, bahkan dengan sabar membantu Danny mengerjakan tugas sekolahnya.
  
Sampai suatu hari mereka kedatangan murid baru pindahan bernama Will. Will ditempatkan duduk semeja dengan Danny. Pertemuan mereka berawal dengan baik. Sampai akhirnya Will mulai dirasa membawa pengaruh negatif pada Danny. Mia dan keluarga Danny berusaha untuk menjauhkannya dari Will.

Pembawaanya Will yang santai menjalani hidup dan tidak menganggap Danny sebagai seorang yang tidak bisa melihat, membuat persahabatan mereka semakin dekat. Apalagi saat petualangan yang dilakukan Danny bersama Will- hanya untuk membuat orang banyak tidak membuat Danny merasa berbeda, itu semakin membuat Danny terkesan.

Sampai suatu hari Will meninggalkannya, dan semua rahasia mulai terkuak.

"Nanti, saat aku pergi, aku tidak ingin menjadi bintang. Bintang pasti jatuh. Bintang pasti meledak. Aku ingin pergi ke suatu tempat di atas bintang-bintang. Agar aku bisa terus mengamatimu dari atas. Tanpa jatuh. Tanpa meledak."

Ini bukan seri YARN pertama yang aku baca. Saat melihat review di Goodreads yang penuh sekali dengan spoiler, aku tidak terpengaruh. Apalagi dengan komen beberapa teman yang mengatakan ini bagus. Maka aku mulai membacanya.

Memang benar seri YARN ini bagus sekali. Aku tidak menyadari kalau ada suatu yang salah antara Danny dan Will. Untung saja penulis membawa aku membaca kisah mereka perlahan. Untung juga tidak dibuat lebay sama penulisnya. Kalau gak mungkin aku akan mengatakan hal sebaliknya tentang buku ini.

Yang harus aku sesali banyak sekali typo di dalamya. Maafkan aku tidak mencatatnya satu per satu. Hal itu membuatku sedikit bingung apa maksud suatu kalimat yang ada typonya. Untung saja terselamatkan dengan pembawaanya ceritanya yang ringan.

Mengambil setting di Magnolia, hanya saja aku tidak merasakan kalau ini mengambil setting di luar negri. Selain buble gum dan nama jalannya yang terkesan luar negri -maafkan aku tidak tau apakah nama jalan itu nyata disana. Tapi akan lebih baik aku rasa kalau penulis mampu melakukan riset mendalam mengenai setting tempat ini.

Dan aku harus setuju sama anggapan sebagian besar komen review mengenai sistem belajar dalam novel ini. Aku memang belum pernah tau bagaimana sistem belajar di Magnolia, tapi semua yang tergambarkan di dalam novel ini aku merasakannya kalau itu setting di Indonesia.

Untuk semua kelebihan dan kekurangan yang aku berikan, novel ini rekomen buat yang suka cerita santai dan penuh makna persahabatan.
4* dariku. Selamat menikmati seri YARN yang lainnya juga xD   
Blog contents © Book world 2010. Blogger Theme by Nymphont.