[Blog Tour] Review & Giveaway: Sweet Disaster by Mayya Adnan

Monday, April 11, 2016

Judul : Sweet Disaster
Penulis : Mayya Adnan
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tebal : 296 halaman
Terbit : Maret, 2016

SINOPSIS

Dimas Arya Mahesa adalah paket lengkap sosok impian semua wanita. Atlet taekwondo, pintar dan sangat cool. Jangan lupakan pula statusnya sebagai putra tunggal pengusaha ternama di Indonesia.

Puri Ardhyana Prameswari, si bungsu yang manja. Model iklan yang pamornya sedang naik daun.

Perjodohan yang diatur oleh kedua orangtua mereka bagaikan bencana bagi Dimas dan menghasilkan kisah rumah tangga yang tak seindah dongeng. Satu kesalahan fatal yang dilakukan oleh Dimas melukai hati Puri, sehingga meninggalkan Dimas dan Zahra, putri mereka, menjadi pilihan terakhir untuk Puri.

Dengan segala upaya Dimas mencoba untuk memperbaiki rumah tangganya. Bukan hanya demi Zahra, tapi juga karena ada rasa yang mulai tumbuh di dalam hatinya. Berhasilkah Dimas mengubah bencana ini menjadi akhir yang manis?

Editor's Note
Love will find a way. Dijodohkan bukan berarti rumah tangga tidak akan bahagia. Kisah cinta pasangan muda yang seru dan mengharukan.


---------------------------------------
Dimas merupakan sosok laki-laki idaman setiap wanita. Dia penerus perusahaan Ayahnya yang merupakan pengusaha muda di Indonesia. Dimas merupakan atlet taekwondo yang digilai banyak gadis-gadis. Namun Dimas selalu merespon mereka dengan dingin.

Mengenal sosok Puri tidak pernah terlintas dalam benaknya. Berkat perjodohan oleh orangtuanya membawa Dimas menikahi Puri. Puri yang notabane merupakan seorang model ternama dan memiliki paras cantik. Namun menikahinya merupakan suatu kesalahan besar bagi Dimas. Dimas tidak pernah mencintai Puri. Bagaimana hidup berumahtangga terjalin tanpa adanya rasa cinta?

Puri memiliki kehidupan yang berbeda dengan Dimas. Seringkali pulang pagi disaat Dimas sudah tidur terlelap dan masih tidur saat Dimas hendak berangkat kerja. Kehidupan rumah tangga Dimas dan Puri pun harus berakhir dengan tidak tidur seranjang.

Hal itu tidak berlangsung dengan mudah. Dimas merupakan sosok laki-laki normal. Melihat wanita secantik Puri mondar-mandir dalam rumahnya dengan pakaian minim menimbulkan gejolak untuk menyentuh istrinya itu. Tapi Dimas harus terus bersabar. Sampai akhirnya Dimas mendapati Puri yang pulang ke rumah dalam kondisi mabuk.

Puri pulang dalam kondisi mabuk dan semua kejujuran tercetus dalam bibir mungil Puri. Sampai akhirnya suatu yang diinginkan Dimas pun terjadi. Puri hamil! Puri hamil saat namanya sebagai model terkenal sedang bersinar. Masalah mulai bermunculan dalam pernikahan Puri dan Dimas.
Lalu mampukah keduanya mengusir rasa ego sehingga rumah tangga mereka baik-baik saja?
"A Relationship is meant for two.. two people to make is work and love each other.. not for one person to give everything and end up hurt. It takes two to tango." (halaman 238)
 ------------------------------------------------------------------------
Saat mengetahui ada novel dengan tema pernikahan lainnya yang diterbitkan, novel ini sudah masuk dalam wishlistku untuk segera aku baca. Puji Tuhan aku diberi kesempatan untuk kerjasama dalam rangkaian blog tournya.

Ini pertama kalinya aku membaca karya Mayya Adnan dan langsung jatuh cinta. Alur flashback dan cenderung cepat yang diberikan aku suka sekali. Tidak membuat bingung karena penulis mengemasnya dengan baik. Gaya tulisan Mayya Adnan juga membuat novel ini dengan cepat akan dituntaskan oleh pembacanya.

Menggunakan sudut pandang orang ketiga dalam penulisannya terbukti membuat penulis mampu mengemas suatu rangkaian cerita yang membuat pembaca hanyut dalam kisah Dimas dan Puri.

Banyak sekali tokoh yang dihadirkan dalam kisah ini dan semuanya mempunyai karakter yang kuat masing-masing. Aku suka bagaimana penulis menggambarkan sosok Dimas yang rupawan namun dapat mengontrol setiap tindakannya. Terjebak dalam pernikahan yang tanpa adanya cinta tidak membuat Dimas digambarkan menjadi sosok yang menyebalkan.
Aku suka saat Dimas menahan egonya tidak memaksakan kehendaknya pada Puri.
Begitupun sosok Puri. Aku suka bagaimana Puri digambarkan bertranformasi menjadi sosok baru setelah mengalami konflik.
Kehadiran tokoh pendukung Mahesa Family juga membuatku penasaran. Mungkinkah kisah salah satu tokohnya mempunyai cerita utuh sendiri? Aku jatih cinta dengan Dipta.

Konflik yang dihadirkan penulis sederhana. Namun ada beberapa yang luput dari perhatian penulis. Seperti alasan mengapa Dimas menyetujui perjodohan yang dilakukan orangtuanya. Lalu mengapa orangtuanya berencana menjodohkan Dimas dan memilih Puri sebagai pasangan yang pas? Jika hal tersebut dijelaskan dalam novel ini menjadi bagian sebuah cerita akan membuat pembaca mengikuti keseluruhan cerita ini dengan utuh. Tidak menimbulkan pertanyaan saat membacanya.
Akan tetapi hal itu tidak mengurangi manisnya kisah ini secara keseluruhan.

Aku suka menyayangkan dengangan ditemukannya beberapa typo dalam novel ini. Tapi hal itu tidak sempat aku catat karena sudah terhanyut dengan jalannya cerita. Jika sebuah cerita dikemas menarik, hal-hal teknis ini tidak perlu dihiraukan bukan?

Menjelang ending aku semakin jatuh cinta dengan gaya kepenulisan yang diberikan Mayya Adnan. Manis, ringan dan simpel. Mungkin begitu penggambaran yang pas. Membaca kisah ini memberikan gambaran kepada pembaca tentang apa itu hubungan pernikahan yang sesungguhnya. Tidak main-main jelas. Butuh rencana matang sebelum memutuskan untuk melangkah menuju pernikahan. Saat konflik datang dalam hubungan sebuah pernikahan yang kita butuhkan hanya mengalah dan menyelasikannya. Jangan lari dan berujung kekacauan yang tidak kunjung selesai.
Mungkin itu pesan yang ingin coba disampaikan penulis dalam kisah Dimas dan Puri.

Overall, aku menikmati secara keseluruhan cerita Dimas dan Puri. Sepertinya aku harus berburu karya Mayya Adnan lainnya :D




Selamat membaca!
----------------------------------------------
GIVEAWAY TIME!

Hai... selamat datang dalam rangkaian kedua Blog Tour: Sweet Disaster by Mayya Adnan dalam blogku. 


Kali ini aku bekerjasama dengan Mayya Adnan ingin memberikan satu eksemplar novel Sweet Disaster ini gratis untuk kamu yang beruntung! Mau?
Caranya gampang banget: 

1. Kamu harus berdomisili di Indonesia

2. Follow blog ini via GFC atau email

3. Follow akun twitter @aprlboanarges dan @Mayya711 dan share giveaway ini dengan mention kedua akun tersebut menggunakan hastag #SweetDisaster

4. Jawab pertanyaan berikut dengan menyertakan: Nama, Akun twitter, link share dan jawaban
Apa yang kamu lakukan jika sedang patah hati?
5. Giveaway ini berlangsung dari tanggal 11-17 April 2016 pukul 23:59 WIB dan pemenang akan langsung diumukan pada tanggal 18 April 2016

6. Pemenang tidak dinilai melalui sistem random, jadi jawablah semenarik mungkin ya! :D

GOOD LUCK!

Regrads,

APRL

38 komentar:

farikha nisa said... Reply Comment

Nama: Farikhatun Nisa'
Twitter: @littlepaper93
Link Share: https://mobile.twitter.com/Littlepaper93/status/719379309656276992?p=v

Jawaban: Menangis. Memang, menangis itu kedengarannya terlihat lemah. Tapi dengan menangis, semua beban yang tak bisa disampaikan dengan kata-kata ikut keluar bersama air mata. Dengan menangis, memang semuanya tidak bisa kembali dan rasa sakit dari patah hati tak langsung sembuh. Namun dengan menangis, semuanya akan jauh lebih baik. Dan setelah menangis, perasaanku akan lebih lega dan pikiran jauh lebih tenang. Maka, ketenangan setelah menangis patut dirayakan. Dengan selalu mengingatkan diri sendiri bahwa patah hati adalah salah satu pelajaran hidup untuk kita agar jauh lebih kuat. Hati yang patah memang tidak bisa utuh kembali. Maka untuk itu, akan aku tinggalkan hati yang patah bersama kenangan yang berserakan lalu menggantinya dengan hati yang baru. Berharap hati yang baru bisa memberikan hal-hal yang jauh lebih baik. Meninggalkan bukan berarti melupakan. Untuk itu, aku selalu menjadikan patah hati sebuah kenangan yang tak perlu dilupakan. Karena kenangan biarlah menjadi kenangan yang selalu memberikan sebuah pelajaran untuk masa depan. :)

Humaira Balfas said... Reply Comment

Nama : Humaira
Akun Twitter : @RaaChoco
Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/719390301622669312?p=v

Apa yang kamu lakukan jika sedang patah hati?

Yang pasti ga bisa langsung move on :D. Pertama bergalau ria, menangis, melamun, merenung dan menyendiri. Ga mau diganggu, tapi sebisa mungkin orang rumah jangan sampai ada yang tau. Menata hati kembali, belum memikirkan untuk mencari pengganti dulu. Tidak mungkin dilupakan tapi dialihkan. Mengalihkan perhatian sedikit demi sedikit. Misalnya, menulis cerita atau puisi, mendengarkan lagu dan menggambar, semuanya pasti dengan tema sedih. Aku memang aneh kalo lagi patah hati tapi ga jauh-jauh dari hal-hal yang berbau kesedihan. Tapi, biasanya hal itu bisa membuat keadaan hatiku lebih baik.

Makasih ka :) :)

Nhe! said... Reply Comment

Nama : Neni
Akun twitter : @nhenie
Link share: https://twitter.com/nhenie/status/719412944497278976

Ngomongin patah hati sepertinya erat hubungannya dengan cinta.
Lalu, apa yang akan dilakukan jika sedang patah hati?
Di era modern dan melek sosial media seperti ini, hal pertama yang terlintas ketika patah hati adalah blokir semua sosial media dia. Tutup semua akses menuju dia. Dibilang kekanakan ya bodo amat, terkadang kita harus menjaga hati agar tidak hancur tercabik-cabik. Karena kedamaian hati kita lebih penting dari apapun. Terkadang kita lebih mudah menyembuhkan patah hati tanpa mengetahui kabar dari update statusnya. Apalagi kalau dia pasang foto sama pacarnya, beuuuh hati langsung mendidih. Mending diblokir kan ya? Nggak bisa dipungkiri sih, kadang kita gatal pengen stalking. Namanya juga cobaan.

Yuan Marcelyna said... Reply Comment

Nama : estrica y
Twitter : @estricaym
Link share : https://twitter.com/estricaym/status/719413038147723264

Yang kulakukan jika patah hati?? Uhmm... Pertama kali langsung masuk kamar, pengen sendirian beberapa waktu, introspeksi diri terus kalo udah sadar tuh cowok gak ada gunanya disesali, langsung deh nonton film action sambil ngebayangin yang jadi musuh itu si mantan. Kan lumayan ada pelampiasan, ngebayangin dia ditembaki atau dipukuli babak belur. Sambil mengutuk dalam hati, bisa2nya buat aq patah hati.
Kalo udah mendingan, jalan2 deh sama temen2 ke mall, belanja yg keren2 terus dandan yang cantik biar dia nyesel. Trs, sering2 ngaca sambil memuji diri sendiri buat motivasi move on.
Gak lupa nulis di cermin gede2 buat pengingat "orang yang sudah menghancurkanku gak akan pernah menjadi seseorang yang akan memperbaikiku. Good bye!"

vivizulfi said... Reply Comment

Nama : Vivi Zulfiana
Twitter : @vivizulfiana
Link Share : https://twitter.com/vivizulfiana/status/719412834665238529
Blog : vivooth.wordpress.com (numpang kenalan ya mbak ini link blog saya :))

Saya pernah patah hati, sekali dan semoga itu adalah yang terakhir kalinya. saat sedang mengalami hal tsb, yang saya lakukan adalah merenung. mencoba mengikhlaskan kepadaNya, pasrah dan berserah diri, karena saya paham bahwa semua itu terjadi tentu karena kehendakNya. Bila Dia sudah menggariskan kita harus pisah, maka tidak ada yang bisa menolak, begitu pula sebaliknya, bila Dia sudah berkehendak menyatukan, maka tiada satupun yang dapat menyanggah. Semua sudah dituliskan dalam garis kehidupan ini. Mengikhlaskan, pada akhirnya saya percaya bahwa Tuhan sedang menyuruh kita untuk bersabar sembari memperbaiki diri dan jika waktunya sudah tiba maka Dia akan gantikan dengan yang terbaik. :)

Thanks dan regards,
Vivi Zulfiana

Reny kaa said... Reply Comment

Reny Kartika
@renyykaa
https://mobile.twitter.com/Renyykaa/status/719433783267594240?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9753589493

Yang aku lakukan saat sedang patah hati adalah menghabiskan hari dengan teman2 karena aku yakin saat aku tertawa dan melakukan berbagai kegiatan yg positif akan menghilangkan rasa patah hati itu. mungkin saja rasa sakit hati datang lagi, tapi rasa sakit hati itu ga lebih sakit dibanding harus kehilangan teman2. Dan kita juga ga boleh berlarut larut dalam kesedihan, dengan usaha pasti bisa mengalahkan patah hati itu.
terimakasih

Nurul Jannah said... Reply Comment

Nama: Nurul Jannah
Twitter : nurul_jannah27
Link share : https://mobile.twitter.com/nurul_jannah27/status/719432410656432128?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C1498990736

Soal patah hati. Saya pernah patah hati tapi bukan menyangkut hal percintaan tapi tentang keinginan dan harapan yang terpaksa dikubur dalam-dalam setelah diterbangkan setinggi langit. Saat itu saya dan teman-teman satu ekstra tidak dapat izin untuk mengikuti salah satu even besar tingkat provinsi. Awalnya kami diberikan izin, namun ketika seminggu menjelang Hari-H pembina ekstra kami dengan tegas melarang untuk pergi. Kemudian perwakilan 4 inti berdiskusi kembali dengan pembina dan kepsek di ruang rapat meminta agar kami dizinkan karena ini merupakan even besar tahunan yang ditunggu-tunggu tapi hasilnya tetap nihil. Kembali kami serombongan memutuskan untuk menghadap langsung kepsek di rumah dengan lelehan air mata dan alhamdulilkah kepsek mengizinkan, harapn kembali muncul. Tapi, esoknya perwakilan dari kami kembali dipanggil ke kantor untuk kembali berdiskusi dan saat itu kami seperti dihantam batu besar. Keinginan pupus sudah karena dari kepsek sendiri memetuskan untuk tidak mengizinkan pergi dan itu keputusan final.

Saat itu kami hanya bisa menangis, kecewa. Kami seperti baby-doll yang dipermainkan. Diajak melayang tinggi kemudian dihempaskan ke bumi. Saya sendiri ketika di rumah menangis, sakit hati yang saya lakukan adalah memutar lagu-lagu melow yang cocok dengan kondisi hati dan merenung. Tapi sebisa mungkin jangan sampai orang rumah tau, curhat pada sahabat saya sambil sedikit ngemil sampai baper-baperan pokonya sampai hati lega.Baru kemudian saya kembali berpikir mencoba untuk melapangkan dada. Mungkin ada hikmah tersembunyi yang lebih baik dari kejadian tersebut.

Arie Pradianita said... Reply Comment

Arie Pradianita | @APradianita | Sukabumi
https://twitter.com/APradianita/status/719438331080085504

Hal-hal yang saya lakukan jika sedang patah hati (read: pengalaman pribadi yang telah lewat beberapa bulan yang lalu.. ^_^ ):

1. Saya harus mendapatkan bantuan.
Meskipun saya sudah berusaha sekuat tenaga dan dengan segala upaya untuk menyembuhkan diri tapi tetap gagal, saya mencoba untuk berkonsultasi dengan ahlinya (psikolog). Beberapa hal yang dapat membantu saya untuk bangkit lagi, adalah menerima saran obyektif dari seorang teman yang adalah pendengar setia, berbicara dengan teman-teman dan memusatkan perhatian agar segera sembuh dari sakit hati & kehilangan.

2. Saya menyingkirkan barang-barang di tempat tinggal saya yang mengingatkan saya padanya.
Jika saya tinggal berdekatan dengannya, maka saya pindah untuk sementara waktu jika perlu. Saya menyingkirkan foto-fotonya, berhenti mendengarkan lagu-lagu yang pernah kami berdua senangi. Saya menciptakan suasana baru dengan membeli CD baru yang tidak ada hubungannya dengan kenangan masa lalu.

3. Saya berpikir secara dewasa.
Saya meyakinkan diri saya kalau kejadian itu memang harus terjadi. Saya percaya pada kemampuan diri saya, masih ada banyak kebahagiaan di luar sana, Saya boleh gagal dengan satu orang, namun belum tentu dengan orang lain.

4. Saya berolahraga.
Aliran endorfin akan menaikkan semangat dan dapat membantu tubuh saya tetap sehat, dengan berolahraga dapat membantu saya mempercepat proses pemulihan dari stres yang diakibatkan terkurasnya tenaga serta pikiran karena rasa sakit akibat patah hati.

5. Saya makan makanan sehat.
Stres yang saya rasakan terkadang membuat pola makan saya tidak beraturan, saya tetap makan makanan yang sehat agar saya memiliki cukup tenaga untuk berpikir dengan jernih menghadapi permasalahan yang sedang melanda.

6. Saya menceritakan kesedihan saya pada teman dekat atau keluarga.
Kalau saya mengira tidak ada seorang pun yang memahami situasinya, maka saya salah besar. Tidak sedikit dari teman dekat atau keluarga pernah mengalami trauma akibat putus cinta, jadi mereka mengerti dan ingin membantu saya. Tapi jangan meluapkan perasaan saya pada semua orang yang saya temui, ada juga orang yang sering kali tidak peduli dengan perasaan orang lain.

7. Saya membiarkan kesedihan melanda.
Tentu saja saya boleh bersedih, itu normal, itu jauh lebih baik daripada memendam perasaan. Hanya saja, saya mencoba untuk tetap bersikap anggun, jangan tunjukkan kesedihan saya di hadapannya.

8. Saya melawan rasa takut.
Dengan berakhirnya sebuah hubungan yang terjadi secara mendadak, seperti dipaksa mengubah kebiasaan dengan tiba-tiba. Agar tidak takut menghadapinya saya berpikir bijaksana bahwa saya telah mendapat pengalaman baru dari peristiwa ini, yaitu pematangan emosi yang ternyata bisa menguatkan karakter saya.

9. Saya memperbanyak pergaulan.
Kesedihan yang mendalam lebih sering dialami oleh seseorang yang cenderung meratapi dan mengurung diri setelah berakhirnya sebuah hubungan. Saya memperbanyak bergaul dengan lingkungan sekitar saya, jika dulu dia sering melarang saya untuk bergaul dengan teman-teman sekarang saya memiliki kebebasan untuk melakukannya.

10. Saya meningkatkan keimanan.
Putus cinta memang membuat patah hati, rasa sakit yang tak tertahankan kadang membuat seseorang berpikir serta bertindak di luar batas kewajaran, bunuh diri contohnya. Saya meningkatkan keimanan saya, saya mencari obat penyembuhnya dengan lebih banyak melakukan ibadah. Ingatlah bahwa Tuhan sangat mencintai kita lebih daripada segala hal yang ada di bumi ini. Ingatlah bahwa hati yang gembira adalah obat, tetapi semangat yang patah keringkan tulang.

MOVE ON dan tetap semangat! ^_^

Khusnul Alsyafia said... Reply Comment

Nama: Khusnul
Twitter: @imahreana
Link share: https://twitter.com/imahreana/status/719517787224313856


Curhat di medsos, updete quotes yg nyrempet tentang patah hati, dengerin lagu yg ujung2nya bikin baper juga. Sama sholat, ngademin hati, ngeyakinin hati, bahwa kedepannya nanti akan jauh dapet lebih baik dari dia. Orang yang sudah usaha keras saja belum tentu berhasil, apalagi yang tidak ada usaha sama sekali. Begitu juga urusan patah hati, move on ☺

Anonymous said... Reply Comment

Nama: Fitri
Aku twitter : @arfidiahfitri
Link share : https://twitter.com/arfidiahfitri/status/719539261985263618



Mencoba memaafkan diri sendiri dan dia , introspeksi diri kita mungkin selama ini ada kesalahan /kekurangan diri yang tidak kita sadari.
Menangis sebentar lebih kepada untuk ngurangin beban, lalu makan yang banyak lanjutkan dengan menyibukkan diri dengan segala hal yang bisa bikin kita lupa sama dia. Berpikiran positif mungkin saja sekarang Tuhan mencoba mematahkan hati kita untuk menjauhkan kita dari orang yang salah. Sementara untuk menunggu datangnya Mr. Right yang entah sekarang lagi kesasar nyari jalan untuk bisa sampai ke tempat kita.
Aku yakin Tuhan sudah menyimpan yang terbaik dari yang baik untuk kita. Bukannya dibalik kesedihan ada kebahagiaan? :)) dan aku percaya itu :))

Puji P. Rahayu said... Reply Comment

Puji P. Rahayu
@Purahayu
https://twitter.com/Purahayu/status/719585610789298176

Hemm. Apa yang saya lakukan kalau patah hati? Oke. Sebenernya, saya ini orangnya hopeless romantic. Huehue. Jadi, yang akan saya lakukan, pertama nangis dulu *iya lah. Siapa sih yang nggak bakal nangis kalau lagi patah hati? Terus, tambahkan kegalauan dengan mendengarkan musik galau. Ouch. Playlistku banyak yang galau deh, sumpah. Setelah selesai dengan permusikan, aku sambi dengan nonton film galau. Behh. Kurang kece apa lagi coba?

Nah, setelah itu, aku mungkin dapat inspirasi untuk menulis cerita tentang patah hatiku. Emangnya cuma Taylor Swift aja yang bisa berkarya karena patah hati? Hahha,

Sekian dariku.

Hitam Putih said... Reply Comment

Nama= Ana Bahtera
Twitter= @anabahtera
Link = https://twitter.com/anabahtera/status/719722262815907841

Jika patah hati??????
1. Aku akan tidur seharian sampai semuanya menghilang bersama mimpi yang terdalam, berharap rasa sakit itu tak akan mengikuti lagi ketika mata ini terbuka dipagi hari.
2. Jika belum teratari juga, saya akan pergi kepantai dengan sahabat terbaik, bukan untuk berkeluh kesah tapi untum menikmati deburan ombak, semilir angin dengan harapan sakit hati itu akan menghilang dengan ombak-ombak yang berlarian ke tengah lautan, hanya diam sampai rasanya sakit ini usai dibawa angin, dihapus air.

Nur Annisa said... Reply Comment

Yuhu...mbak April aku ikutan yak ^^

Nama: Nur Annisa
Twitter: @YoshikuniNhora
Link Share: https://twitter.com/YoshikuniNhora/status/719753942234562560

Apa yang kamu lakukan jika sedang patah hati?

Well patah hati itu identiknya pasti karena cinta. Tapi semua hal yang bikin kecewa berat juga termasuk bentuk patah hati menurutku. Pernah ngalamin ini sih gara-gara orang tua ga setuju soal rencana kuliah di pulau Jawa karena jauh. Kecewa berat dan merasa patah hati. Trus apa yang aku lakukan? Tanpa seizin orang tua aku nekat pergi jalan-jalan ke Jawa, tepatnya Surabaya dan lanjut Semarang. Baru ngabari waktu udah di Jawa. Walaupun acara jalan-jalan berjalan menyenangkan, tapi pulang dimarahi gila. Tapi aku cukup puas lah ya sudah melampiaskan rasa kecewa dengan jalan-jalan.

Sejak saat itu kegiatan paling menyenangkan ketika patah hati adalah jalan-jalan. Bahasa kekiniannya sih travelling hoho. Entah jalan-jalan unyu ke mall sampai camping dalam hutan. Dari yang butuh biaya mahal sampai yang murahan macam jalan-jalan muterin GOR. Jalan-jalan juga paling ampuh untuk menenangkan hati, emosi dan waktunya introspeksi diri. Dan ini manjur ^^

Mukhammad Maimun Ridlo said... Reply Comment

Nama : Mukhammad Maimun Ridlo
Akun twitter : @MukhammadMaimun
link share : https://twitter.com/MukhammadMaimun/status/719790975162290177

Apa yang kamu lakukan jika sedang patah hati?

1. Nyari pertemanan/silaturahmi yang makin banyak. Aku yakin semakin banyak teman tentu akan semakin baik. Kali aja dari teman baru tersebut kita bisa dapat hobi baru, pengetahuan baru atau pasangan baru.
2. Nyelamin hobi lebih dalam lagi. Kali aja dengan nyelamin hobi bisa dapet pengalaman baru, pengetahuan baru, prestasi baru atau kenalan baru.
3. Ndengerin musik pembangkit motivasi. Dan katakan pada diri sendiri saja : "Oke, hidup ga cuma sekarang. Jodoh gak hanya 'dia'."

alfiani zhukruful fitri said... Reply Comment

Nama : Alfiani Z Fitri R
Akun twitter : @falfanyfitri
Link share : https://twitter.com/falfanyfitri/status/719786372073070592

Apa yang kamu lakukan jika sedang patah hati?

Hm. Patah hati ya. Entah kenapa langsung semangat gitu ngesubmit jawaban, ehehe. Izin ikutan ya kak April!

Jawaban : Aku tidak terlalu sering patah hati. Tapi pernah, tentu saja. Dan yah tidak harus melulu tentang cinta, kan? Yang jelas, ketika aku patah hati aku bakal gunain moment itu sebaik-baiknya. Iya, aku akan berpatah hati ria. Dengerin lagu baper, atau apapun lah yang bikin galau segalau-galaunya. Dan yah, aku harus numpahin semua itu dalam satu waktu. Nah, disaat itu juga jadi aku akan ngebuat moment patah hati itu jadi hal berguna. Biasanya sih ya, aku nyorat-nyoret di jurnal harian tentang unek unekku. Atau apapun lah tentang patah hati itu. Bahkan pernah sampai berlembar-lembar. Sinting kan? Tapi keren menurutku. Aku tidak sadar menulis apa, tapi yang jelas dari sana aku ngeluapin semua yang aku rasakan. Dan hebatnya lagi, semua tulisan yang gak jelas itu seakan punya 'rasa patah hati'. Sungguh, aku bahkan tidak sadar, dapat dari mana kutipan-kutipan keren di coretan waktu itu. Sukses, patah hatiku tersampaikan secara positif. Seperti yang kubilang, tips ini manjur karena aku berhasil ngeluapin semuanya dalam satu waktu. Karena setidaknya setelah waktu itu, aku bisa benar-benar lega. Jadi ngebuat galau sejatuh-jatuhnya tapi hanya hari ini, kalau besok mah kudu siap dengan hati yang sudah diperbarui! Nah, baru setelah ini kita bisa intropeksi diri. Dan jangan sampai patah di tempat yang lama. Bisa bisa tidak hanya patah dua kali, tetapi hancur! Hehehe.


Terimakasih kesempatannya, Kak!

kurnia dwi pertiwi said... Reply Comment

Nama : Kurnia Dwi Pertiwi
Twitter : @KDP264
LINK SHARE : https://mobile.twitter.com/KDP264/status/720045436115922944

JAWABAN : pengen teriak tapi nggak ada tempat. Sawah udah mulai punah kalau teriak di lingkungan sekitar ntar di kira orang gila. Pengen ke pantai tapi jauh udah kotor lagi sekarang tempatnya juga rame. Kalau di atas gedung. Gedung siapa yang aku datangin?
Pengen nangis, malu sama emak. Sama gara2 cowok doang nangis ntar di ledekin.
Mungkin alternatif yang paling mudah dan gampang cari temen untuk bersandar. Berbagi kisah yang berat ini :( karena cara temen menghibur seseorang yang lagi curhat bukan "yang sabar, ya." Tapi "yaelah, cowok jelek kaya dia masih aja lu tangisin. Masih cakepan abang tukang bakso pinggir jalan kali" ya. Intinya temen selalu melakukan segala cara untuk menghibur. Bukan semakin terlarut dalam kesedihan

Heni Susanti said... Reply Comment

Nama : Heni Susanti
Akun Twitter : @hensus91
Link Share : https://twitter.com/hensus91/status/720050759786598400

“Apa yang kamu lakukan jika sedang patah hati?”

Patah hati pasti sedih ya? Karena itu kalau sedang patah hati hal yang aku lakukan adalah membahagiakan diriku sendiri. Melakukan apa saja yang bisa mengalihkanku dari rasa sakit dan mengingat si pembuat patah hati. Yang dulu aku lakukan adalah menonton film action atau film apapun yang tidak memiliki adegan romantis biar nggak baper, jalan-jalan sama sahabat yang tahu perasaanku jadi mereka akan menjaga ucapan dari hal-hal yang akan menyinggungku, berkumpul bersama keluarga, menata ulang tumpukan novel tapi tidak membaca yang romantis dulu, atau wisata kuliner. Pokoknya aku melakukan hal-hal yang membahagiakan diri dan sebisa mungkin tidak sendirian. Bahkan kadang juga tidur bareng Ibu biar nggak galau menjelang tidur. :D
Entah untuk orang lain, tapi resep itu berhasil padaku. Walaupun cuma sekali ngerasain patah hati dan aku harap tidak akan pernah ada yang kedua. Aamiiin.
Demikian. 

Nadia Chaerani said... Reply Comment

Nama : Nadia Chaerani
Twitter : @nadiachaerani
Link Share : https://twitter.com/NadiaChaerani/status/720124732532748288

Apa yang aku lakukan jika sedang patah hati?

Aku definisikan ini sebagai patah hati cinta. Aku pernah patah hati dan itu sangat sakit. Aku penyuka "Cinta Diam-Diam" dan kurasa satu kalimat itu mampu kalian terjemahkan bagaimana rasanya. Ahh kayaknya ini terlalu formal. Baiklahh...

Aku pernah patah hati tepatnya saat aku duduk di bangku SMP. Mungkin banyak yg bilang itu hanya "Cinta Monyet" "Cinta Sesaat" tapi mengapa rasa itu masih aku punya sampai aku masuk kuliah? Yaaa entahlah. Btw, menuju topik apa yang aku lakukan kalau patah hati? Hmm jaman SMP dulu mungkin lagi masa 'Alay', seperti yang lain aku menangis hampir setiap malam sambil liat bintang huaaa ftv alay banget, lalu karena aku suka sastra dan musik aku membuat lagu bahkan puisi huuhh tapi entah semua itu sudah hilang. Bahkan aku pernah ada niat buat novel tentang kisah ini. Yaampun begitu alaynya jaman itu-_-
Terakhir mendengarkan lagu dan membuat coretan² asal yang menggambarkan suasana hatiku.
Yamungkin hanya itu yg aku lakukan, aku tidak suka curhat apalagi umbar via sosmed, itu malah membuat luka lebih parah. Sekalinya udah lupa eh tiba² iseng stalking kan bahaya.

Oke mungkin hanya segitu. Makasih yg udah mau baca 😀 dan semoga aku beruntung aamiin 😜

Putri Prama said... Reply Comment

Nama: Putri Prama Ananta
twitter: @putripramaa
Link share: https://mobile.twitter.com/PutriPramaa/status/720211036947677184
Bersih-bersih, diam, hela napas, bersih-bersih, diam, hela napas. Terus begitu.
Masalahnya sekarang aku jarang bersih-bersih, itu berarti aku nggak lagi patah hati. Sesuatu yang positif sekaligus negatif, heuheuheu. :3

Noer Anggadila said... Reply Comment

nama: Noer Anggadila
akun twitter: @noeranggadila
link share: https://twitter.com/NoerAnggadila/status/720211307476062208
jawaban:

Apa yang kamu lakukan jika sedang patah hati?

Tidur, buat nenangin diri. Setelah itu kalau ada cemilan ya nyemil kalau gak ada ya nonton drama atau baca novel. Kalau lagi pas sholat ya banyak-banyak istigfar dan doa banyak-banyak buat ditenangin hatinya dan dimudahkan kedepannya, minta pencerahan. Dan terakhir, dengerin lagu kesukaan.

Aya Murning said... Reply Comment

Nama: Aya Murning
Twitter: @murniaya
Link share: https://twitter.com/murniaya/status/720271945070043136

Sebisa mungkin mengalihkan perhatian pikiran dan hati dari perkara patah hati itu supaya nggak baper, dengan cara sebagai berikut:

- dengerin musik hip&hop biar nggak terus-terusan kebawa mellow.
- traktir temen makan di luar. Biar ada temen ngobrol. Lagian kalau makan sendirian aja tu nggak enak. Sekalian ajak karoke kalo lagi banyak duit.
- pulangnya nonton film/drama komedi atau nonton variety show yang bikin ngakak gelundungan.
- kalo bosen nonton, ya baca buku, atau lanjutin kerjaan yang belum selesai.
- kalau udah capek dan ngantuk, ya udah tinggal tidur.

Intinya nggak membiarkan celah sedikitpun pada diri ini untuk ingat bahkan mikirin perkara patah hati itu lagi.

Rini Cipta Rahayu said... Reply Comment

Rini Cipta Rahayu
@rinicipta
https://twitter.com/RiniCipta/status/720620185208492032

Aku bukan tipikal orang yang ekspresif mengungkapkan perasaan, kak. Biasanya kalau lagi galau atau patah hati, aku mengasingkan diri. Aku biasanya menyendiri, diam di kamar dan nggak banyak ngomong. Pelariannya pasti dengerin lagu, baca novel atau nulis/ngetik sesuatu. Lagunya biasanya yang rada mellow, atau punya lirik yang pas. Nah, kalau nulis ini aku dapet ilmunya dari seseorang, intinya dalam 10 menit kita harus menuliskan apapun tanpa berhenti. Dan setelah waktu habis, kita harus berhenti menulis dan lakukan evaluasi terhadap perasaan setelah menulis. Terbukti itu manjur buatku! Kalau ngerasa udah jenuh banget, biasanya nangis sambil doa. Setelah itu, biasanya sih udah enakan baru bisa melanjutkan aktifitas lagi. Intinya aku perlu sendiri, nggak bisa pas galau langsung cerita atau menerima nasehat dari orang lain. Kalau udah siap, biasanya aku langsung ceritain unek-unekku ke orang terdekat.

Chanbheje Otter Eagle said... Reply Comment

Nama: Kiki Amaliah
Twitter: @kyoungsaeng
Link:
https://t.co/WAN50yZnvn


Pas patah hati aku sih nangis, makan, nulis atau tidur ^^

Anggita Arief Febriandia said... Reply Comment

Nama : Anggita Arief Febriandia
Akun Twitter : @febriandia
Link Share : https://twitter.com/febriandia/status/720921685944209413

Kalau aku patah hati--sama seperti remaja pada umumnya--aku suka mendengarkan lagu-lagu galau. Tetapi, semakin aku sering dengerin lagu-lagu galau, maka aku semakin mengerti kalau itu nggak ada gunanya. Aku akan mencari kesibukan lain, yang bisa membuat aku lupa dengan patah hati itu. Kesibukan yang bisa kukerjakan mungkin mengerjakan proyek membuat kompilasi komik bersama teman-teman sanggar menggambar, latihan memainkan gitar, membaca novel dan buku, serta menulis. Dengan begitu, selain aku bisa mengasah kemampuanku, maka aku juga merasa lebih berguna.

Hida Nimahh said... Reply Comment

Nama : Hidayatun Ni'mah
Akun Twitter : @HidayatunNimah_
Link share :https://twitter.com/HidayatunNimah_/status/720934221414420480

Apa yang kamu lakukan jika sedang patah hati?
Jawaban : Cari kesibukan, main game, ngumpul bareng temen soalnya temen itu segalanya buatku. Melupakan segala sesuatu tentang dia mutuskan kontak, tapi aku berusaha untuk tidak membencinya, artinya, persahabatan dan silaturahim selalu aku upayakan, bila suatu saat bertemu tidak sengaja, tidak perlu menghindar. Membaca buku, majalah, atau menonton film agar mood bisa lebih baik. Menumpahkan isi hati dan uneg-uneg kedalam catatan atau diary. Menumpahkan semua pikiran yang ada di kepala ke dalam suatu tulisan dapat meringankan bebanku. Cara yang paling sederhana yang aku lakukan untuk menumpahkan isi hati dan pikiran adalah dengan menulis, bila tidak, seperti sebuah saluran, ia akan tersumbat dan suatu saat meledak.

Yanti Nurhida99 said... Reply Comment

Nama : Nurhidayanti
Akun Twitter : @CallMe_Yanti
Link Share : https://mobile.twitter.com/CallMe_Yanti/status/720959606474735617?p=v

Yang aku lakukan jika sedang patah hati?
Patah hati memang nggak enak, di awal-awal pasti membuat kita jadi Gegana (gelisah,galau, merana). Tapi kalau kita terus-terusan Galau dan menyesali diri maka kita nggak bisa lepas dari rasa sakit hati. Yang aku lakukan adalah lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Tak ada manusia yang tidak rapuh saat patah hati. Dan setiap masalah pasti ada penyelesaian dan selalu ada hikmah. Selain itu kita tidak bisa terus-terusan patah hati, karena itu hanya akan membuat kita susah move on. Jalan-jalan, melakukan hobi dan memanjakan diri bisa meringankan rasa sakit hati itu. Melakukan hal-hal yang menyenangkan, mewarna misalnya, menyanyi atau mendengarkan musik yang membuat kita semangat. Dan curahkan saja seluruh isi hati dan perasaan ke orang tua atau sahabat pasti perasaan akan lebih plong dan mengurangi rasa sakit hati.

rini virgo said... Reply Comment

Nama : Rinita
Akun twitter : @rinitavyy
Link share : https:// mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/720725907451863040?p=v

Menyinggung masalah patah hati, aku pernah sekali merasaknnya. Ini kisah Friendzone-ku sama sahabat SMP ku dulu. kisah patah hatiku ini dimulai saat 'dia' punya kekasih adek kelas kami. Ah rasanya tuh, ibarat gula yang dominasinya di dunia ini rasanya manis. Setelah aku yang menelan gulanya. Bukan manis yang kurasa tapi rasa pahit banget seperti aku habis minum obat 'paracetamol' yang bagiku itu pahit banget. Dan melalui hari itu, melihat mereka jalan berdua pulang sekolah, dan moodku langsung turun. Aku gak tau lagi mau ngelakuin apa. Rasanya mau melakukan aktivitas kok berat banget. Namun, namanya juga hidup. Banyak sekali rasanya.Ada rasa manis ya harus ada rasa pahitnya. Saat aku melalui masa pahitnya yaitu patah hati. hanya satu hal yang aku tekatkan untuk dilalui. Yaitu belajar dikamar, lalu kunci pintunya rapat-rapat. Damai. Ya, aku sedang mencari kedamaian hati dengan belajar, tepatnya mengerjakan soal matematika. Tau sendirikan soal matematika itu--kadang mudah dan kadang ada yang sulit--dengan begini masalah patah hatiku bisa lambat laun bisa terlupakan. Walaupun aku harus bersakit sakit kepala mengerjakan soal mematikan. Namun aku harus melenyapkan rasa patah hati, mau tak mau aku fokus saja pada tekat. Sambil mendebgarkan lagu dari list Mp3 ponsel "Beraksi-Kotak", aku memulai kebiasaan untuk memudarkan rasa patah hati yang sakitnya tuh kebangetan. Setelah beberapa hari kedepannya rasa menyesakkan hati itu pudar berganti dengan ambisi menakhlukkan soal matematika. Apalagi tentang bangun ruang, Aljabar dan Aritmatikanya yang menyenangkan buat dikerjakan. Ah, pengalaman unik patah hatiku malah berganti jadi ambisi sekaligus hobi. Aku bersyukur banget saat itu pernah terserang parah hati. Kalo enggak, mana mungkin sekarang aku jadi terobsesi sama Matematika. dan menakhlukan soal-soalnya yang menguras otak dan tenaga.

Yuri HIkari said... Reply Comment

Nama : Nur Komariyah
Twitter : @nk.nulaniah
Link : https://twitter.com/nk_nulaniah/status/721118407114887168?s=09
Jawaban :

Kalo lagi patah hati... aku bakalan nonton film-film sedih secara marathon, biar ada alasan buat nangis, tanpa perlu ngejelasin kenapa nangis, nonton film sedih juga bisa bikin mood lebih baik, karena sadar kalo di luar sana masih banyak orang yang hidupnya lebih menyakitkan dariku...
Setelah itu ngajak temen buat kumpul bareng, cerita tentang hal itu sama mereka, akhirnya bakal nangis bareng, ngumpat bareng, trus pasti bakalan bisa ketawa bareng pas udah selesai cerita...

Ari Rizee said... Reply Comment

Ari | @tiarizee | https://twitter.com/tiarizee/status/721160543415832577

Aku bukan termasuk orang yang suka berlarut-larut dalam kesedihan, apalagi kesedihan karena patah hati. Aku akan mengusahakan secepat mungkin untuk terbebas dari patah hati. Patah hati itu gaboleh dipendam terlalu lama karena itu menyakitkan. Semakin lama hanya akan menimbulkan penyakit yang obatnya hanya satu, yaitu dikeluarkan. Jadi saat aku patah hati, aku akan melakukan apapun, benar-benar apapapun untuk mengeluarkan semua beban pikiranku. Tapi hal pertama yang pasti akan dilakukan adalah menangis. Menangis bukan berarti lemah, bukan? Saat tidak lagi bisa mengungkapkan perasaan lewat kata-kata, menangis menjadi salah satu pilihan terbaik. Namun aku selalu berjanji pada diriku sendiri, yaitu hanya menangis sekali saja dalam satu hal tertentu. Tidak ada untuk kedua kalinya, karenanya saat aku menangis, aku akan menangis sejadi-jadinya sampai aku lelah. Sampai semua rasa kesakitan itu sedikit memudar.
Lalu biasanya, sebagai penggemar rock, aku memutar semua lagu-lagu rock yang bisa buat aku teriak sekencang-kencangnya, berharap hal ini bisa buat aku lebih tenang. Ketiga, aku suka lari. Ya berlari terkadang menjadi pilihanku untuk memberantas rasa patah hati yang menyerang. Menembus angin, berlari sampai kelelahan, mencapai garis finish yang ditentukan, merupakan kepuasan tersendiri yang bisa mengusir kesakitan. Keempat, yang sudah pasti dilakukan adalah menyibukkan diri. Tapi aku nggak pernah menganggap menyibukkan diri sebagai pelarian. Malah ini terkadang jadi bumerang, seperti, saat kita punya waktu senggang, kita malah jadi galau. Jadi, lakukan semuanya dengan ikhlas, jangan terbebani oleh hal pengusir patah hati yang kita lakukan. Hal yang aku lakukan untuk menyibukkan diri biasanya dengan membaca buku. Tapi saat sedih, aku paling anti dengan genre romance, takut bawa perasaan, haha! Lebih ke genre buku seperti Sherlock Holmes yang membuat kita penasaran dengan teka teki nya. Alhasil waktu untuk sedih karena patah hati pun terlewat dan pengetahuan baru bertambah. Selain itu, untuk menyibukkan diri aku biasanya membersihkan rumah. Terutama kamar, sebagai tempat yang paling sering dikunjungi. Percaya ga percaya, pasti ada aja spot tertentu dalam kamar yang bisa buat kita galau karena patah hati, karenanya aku hobi banget redecorate kamarku supaya kelihatan lebih fresh. Apalagi saat nemu barang-barang dari dia yang sudah buat patah hati, langsung deh asingkan ke tempat lain(baca;tong sampah). Pengecut? Tidak. Itu salah satu cara untuk hidup bebas tanpa harus dibayang-bayangi oleh dia.
Dan biasanya kalau patah hati sedang melanda, kita pasti merasa sendiri. Kosong. Hampa. Untuk mengatasi ini aku mengalihkannya dengan mencoba untuk lebih dekat dengan keluarga. Hal kecil yang sering dilakukan? Tentu saja dengan mengganggu adikku tercinta! Haha! Dari gangguin dia, pasti kakak, dan orang tuaku langsung ceramah, nasehatin, maupun marah-marah karena terlalu sering berantem. Tapi dari sini, ujung-ujungnya pasti ketawa lagi. Ngobrol lagi. Dan pastinya rasa sendiri yang kita rasakan saat patah hati dapat terberantas dengan kebersamaan yang kita peroleh dari keluarga.Terakhir, dari semua yang dilakukan, memang yang paling terpenting adalah mendekatkan diri dengan Tuhan. Karena sebenarnya, Ia yang paling mengerti kita. Karena itu, saat rasa sedih karena patah hati menghampiri, lebih baik ambil air wudhu untuk solat sunah maupun wajib, dan abis itu ngaji deh! Dijamin hati adem, pikiran tenang, dan patah hati bukan lagi masalah yang besar! :D

Setelah semua hal tersebut dilakukan, aku sudah mulai siap untuk mencari 'seseorang' untuk mengobati hatiku yang terluka karena patah hati. Dia kucari bukan sebagai pelarian, bukan sebagai tameng saat galau, tapi lebih ke aksi nekat yang harus dilakukan. Becauseeeee, meeting someone new is all you need to do to be happy again! (:

Putri Lestari said... Reply Comment

Nama: Putri Lestari
Akun twitter: @putri9293
Link share: https://twitter.com/putri9293/status/721238313948938240

Jawaban:
1. Bikin donat. Pas bikin adonan donat, kan lewat proses memukul adonan sampai kalis. Nah itu pusatkan semua rasa kesel, sedih pada tangan dan lampiaskan pada adonan donat itu. Untuk toppingnya, beri lelehan cokelat yang banyak. Katanya kan cokelat bisa ngebantu pikiran lebih relaks.
2. Membuat perjanjian "Tangisan Sehari". Kalau lagi patah hati, keinginan buat nangis itu gede. Bahkan selalu muncul kalau inget rasa pedih patah hati. Jadi yang perlu dilakukan adalah bikin perjanjian sehari. Begini "kamu boleh nangis kejer hari ini, seharian. Tapi hanya satu hari saja. Besok, kamu nggak boleh nangis lagi".
3. Jalan kaki. Jalan kaki sambil ngamatin keadaan sekitar, bisa bikin aku lupa sama rasa sakit di hati. Bisa karena nemu pemandangan bagus. Bisa juga karena ketemu banyak hal yang bikin kita sadar bahwa ada hal lebih penting yang perlu dipikirkan daripada kesedihan patah hati.
4. Membuka "catatan impian". Intinya, ngebuka lagi hal-hal yang kemarin sempet terbengkalai karena hati terlalu fokus sama si dia. Barangkali, ada hobi, obsesi, keinginan atau bahkan impian yang pernah kamu catat dan ingin diraih, tapi kedistrak sama dia. Hihihihi. Lanjutkan itu!
5. Menyadari bahwa patah hati adalah hal wajar yang bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja--bagi yang rasa cintanya masih hidup, hehehe. Itu nggak spesial, jadi nggak perlu dipelihara lama-lama.

julie khoyul said... Reply Comment

Khoyul
@Jkhoyul
https://twitter.com/JKhoyul/status/721293321419685889

1. Jalan-jalan.
Kalau lagi punya duit dan punya nyali, biasanya traveling agak jauh. Kalau lagi g punya duit, jalan-jalan saja. Kalau lagi patah hati, galau atau sedih, aku lebih suka jalan sendirian.

2. Makan-makan.
Makan makanan yang saat itu pengen banget dimakan, atau makan makanan yang belum pernah dimakan. Biasanya makanan yang mahal kalau lagi punya duit. Kalau nggak punya duit, aku biasa makanan yang murah tapi pedes minta ampun.

3. Belanja
Sesuai isi kantong. Melampiaskan kekesalan dengan belanja itu sangat melegakan. Dulu saat sakit hati, aku lebih suka beli paket CD dan Bra.

4. Sharing sama teman hal paling akhir.
Karena aku bukan tipe orang yg suka sharing soal percintaan ke teman2,aku lebih suka membiarkan patah hati terobati dengan sendirinya. Tp kalau terpaksa, dalam artian teman tiba-tiba tanya kenapa aku nggak sama dia lagi, ya diceritakan aja.

Dian Maharani said... Reply Comment

Nama: Dian Maharani
Akun Twitter: @realdianmrani93
Link Share: https://twitter.com/realdianmrani93/status/720662617073647618

"Apa yang kamu lakukan jika sedang patah hati?"

Nonton drama.
Di dalam drama, aku bisa menemukan kisah sedih yang lebih sedih dari aku. Apakah itu terlilit hutang, nunggak biaya sekolah, belum bayar kontrakan, atau sampai di-bully sama cewek-cewek cantik satu sekolah hanya karena ditaksir cowok terganteng di sekolah. Setelah menontonnya, walau aku sadar ini hanyalah fiksi belaka, aku sadar bahwa kerumitan yang menyebabkan aku patah hati belum apa-apa. Aku sampai merenung, dan berpikir di luar kisah drama itu, bahwa ada banyak anak yang kekurangan gizi di Afrika, ada banyak anak yang harus siap 24 jam untuk mengungsi di daerah konflik, bahkan ada anak yang tidak bisa jalan-jalan sama teman-temannya karena bekerja. Jadi, kenapa hanya karena satu hal, yang ngapain terus-terusan dipikirin, aku harus patah hati? Dan, triiingggg! Aku bisa tersenyum lagi walau masih mikir-mikir juga sih hehehe Kedengarannya klise, yah? Tapi, aku selalu mncoba "drama-therapy" ini bukan cuma saat patah hati, saat galau mungkin \^^/

Kitty said... Reply Comment

Nama: Kitty
Akun twitter: @womomfey
Link share: https://twitter.com/WoMomFey/status/721444829863890944


Apa yang kamu lakukan jika sedang patah hati?


Jawaban:

Ada banyak hal yang biasanya kulakukan saat sedang patah hati:

1. Mengkonsumsi film, buku dan bahkan musik yang melow dan mengharu-biru
>> Yup! Hal pertama yang kulakukan saat patah hati adalah memuaskan rasa pedih akibat patah hati itu. Aku akan sengaja nonton film yang sedih, baca buku yang mengharu-biru dan juga mendengarkan musik melow yang akan membuat pertahanan diriku runtuh dan menyebabkan air mataku mengalir tanpa putus-putusnya. Tentu saja hal ini akan kulakukan dalam kesendirianku. Aku butuh benar-benar sendiri untuk "menikmati" patah hati yang sedang kuderita. Hal ini kulakukan untuk menghabiskan semua kepedihan yang masih mengendap di hatiku akibat patah hati yang kuderita. Intinya adalah mengosongkan semua energi negatif dalam diriku.

2. Relaxing and me time
>> Setelah puas berkubang dalam kepedihan dan menguras air mata serta emosi negatif dalam diriku, aku akan stop melakukan hal-hal di poin no. 1. Aku akan memilih untuk melakukan kegiatan-kegiatan relaksasi yang akan membawa efek menenangkan. Untuk hal ini biasanya aku memilih untuk tetap menyendiri agar tetap bisa fokus pada diri sendiri: pergi ke salon dan spa, berlama-lama mandi dengan sabun aroma terapi favoriteku, menikmati sebuah buku self-healing atau sekedar buku komik yang lucu sambil minum susu coklat hangat dengan ditemani alunan musik rohani yang secara gak langsung akan membawa energi positif ke dalam diriku. Intinya adalah memberikan energi positif ke dalam diriku yang sudah kosong dari aura negatif.

3. Get up and having so much fun!
>> Pada fase ini biasanya aku sudah benar-benar sembuh dari patah hati yang kuderita dan sudah memutuskan untuk move on! Hal yang kulakukan tentu saja segera kembali pada kenyataan dan melakukan hal-hal menyenangkan bersama orang-orang yang juga menyenangkan: keluarga dekat dan sahabat-sahabatku. Mulau dari ngerumpi sambil ngemil di cafe langganan bareng sohib-sohibku, maen game semalam suntuk bareng adik laki-lakiku, dan kalau perlu shopping bareng nyokap sampai kaki pegel ;) Apa pun untuk merayakan kepulihan diriku dari patah hati ^^.

Ketiga fase itu adalah hal yang biasa kulalui dan kulakukan setelah patah hati. Dan hal ini sangat ampuh dalam membantuku kembali bangkit dari kepedihan yang teramat sangat.

Rosyida Salsabila said... Reply Comment

Nama: Rosyida Salsabila
Alamat: Desa: Langenharjo, Dusun: Tulungrejo, Kecamatan: Plemahan. Rt:02/ Rw: 05. Kabupaten: Kediri. Jawa Timur.
Twitter: @Penulis24
Link: https://mobile.twitter.com/Penulis24/status/721666743270133761


Aku seorang gadis remaja berumur 16 tahun. Banyak peristiwa yang udah kulalui, yang beberapa pernah mematahkan hatiku . Lalu apa yang kulakukan saat patah hati itu menyergap tiba-tiba? Mungkin beberapa orang akan menjawab dengan cepat apa yang terbersit di pikiran mereka, menangis. Ya itu wajar, aku juga begitu. Tapi apa lagi setelah itu, apa akan terus menangis, membiarkan diri tercebur ke dalam luka yang semakin mendalam. Tidak, aku tidak sebodoh itu. Karena aku nggak ingin sisa hidupku terbuang sia-sia. Kalau aku sih cara paling ampuh mengatasi kegalauan, patah hati dan rasa-rasa yang bikin nggak nyaman itu dengan menulis, dengan mencurahkan segala apa yang ada di hatiku . Dengan bikin cerpen, puisi, atau tulisan-tulisan lainnya. Dan selain itu menulis adalah hobiku. Tapi yang jelas dengan melakukan hal yang bikin kita senang, bisa bikin kita lebih produktif. Dan tentunya patah hati kita, lebih berkelas dari orang biasanya. Juga siapa yang tau kan kalau di masa depan nanti, tulisan-tulisan itu bisa dijual dan digemari banyak orang. Dan aku udah pernah praktekin kok apa yang aku omongin itu, buktinya beberapa dari tulisan "patah hatiku" mendapat juara dalam lomba-lomba yang aku ikuti, bukan maksud sombong kok, tapi cuma mau berbagi cerita yang semoga menginspirasi teman-teman lainnya. Juga misalnya kita ambil contoh lain deh, kayak Taylor Swift. Dia kan berulang kali patah hati, tapi apa dia cuma diem, merenung, galau nggak habis-habis? Nggak gitu kan. Dia lebih memilih untuk melakukan cara yang lebih baik dan lebih keren tentunya. Dengan menciptakan lagu-lagu buat mereka yang pernah bikin Taylor Swift patah hati. Dan lihat, lagu-lagunya udah banyak didenger di seluruh dunia. Andai waktu dia dipatahin hatinya dia lebih milih nangis, galau nggak jelas, apa dia bisa meraih banyak penghargaan, dan tour kesana-kemari. So dari situ, ayo kita belajar untuk mengubah cara kita dalam mengatasi patah hati dengan lebih produktif, entah itu menjalankan hobi atau apapun yang tentunya bermanfaat buat kita dan semoga juga orang lain.

Daisy S said... Reply Comment

Nama : Daisy S
Twitter : @daisy_skys
Link Share :
https://twitter.com/Daisy_skys/status/721667051526311942


1.)Meluangkan kesedihan
Pengen nangis ya nangis aja .Dari pada ditahan - tahan malah bikin sesak di dada .Sedih itu hal yang manusiawi kok . Kadang di depan orang lain kita berakting seakan - akan tidak terjadi apapun , kita tertawa dihadapan orang lain kita bilang keorang - orang kalau kita baik - baik saja .Sedikit berpura - pura menjadi tegar .Pas udah sendirian ,nggak ada siapapun baru kerasa deh sakitnya .Tapi nggak apa - apa keluarin aja semuanya biar lega .Justru akan aneh pas patah hati tapi nggak sedih . Yang penting Jangan biarkan kesedihanmu justru menyakiti diri sendiri yang berujung merugikanmu.

2.)Makan
Kalau orang orang bilang pas mereka patah hati jadi nggak nafsu makan .Aku malah sebaliknya .Dengan perasaan sesedih itu aku akan makan apapun yang kuinginkan .Nggak perduli lagi diet ,aku bakalan gendutan atau apapun bagiku makanan selalu bisa membuatku bahagia ketimbang tubuh langsing .Aku akan makan ice cream ,coklat ,Makan di mcD ,pesan pizza ke rumah , atau bahkan sekedar minum kopi di kafe bersama teman - teman .

3.)Menjauhi hal - hal tentang dia .kita perlu menjauhkan pikiran dari apa yang selama ini kamu lalui dengannya. Kalau difikirin terus kapan bisa move on -nya .Meski kadang kalau kita mencoba lupakan malah makin keingatan .Tapi inilah yang namanya proses .Nanti juga terbiasa .

4.)Mencari kesibukan dong .Kalau aku sih ya langsung marathon nonton drama korea yang bikin ngakak .Baca novel yang genrenya non romance ,Fantasy misalnya .Aku sih mudah terlarut kehal - hal seperti itu .Apalagi aku Fangirl kpop , pasti larinya stalking akun bias (idola) ,nonton music video, kadang nyanyi nggak jelas lagu kpop ,biasanya dibagian intro pelan pelan banget nah pas bagian reff kenceng banget suaranya , ikutan dance ambrul adul girlband /boyband kpop .Pokoknya hal - hal yang kamu sukai asal nggak merugikan aja .

5.)Nulis !
Ini adalah hal yang paling kusukai. Efeknya lumayan dahsyat lhooo! Tau Taylor swift kan ? Dia mengkui sendiri loh Jadi Terkenal Berkat Lagu patah hati yang ia tulis berdasarkan pengalaman pribadinya .Sebenarnya nggak terbatas pada pengalaman patah hatinya sih tapi juga pengalaman - pengalamannya yang lain . Dan lagunya selalu jadi hits .
Karena itulah saat seperti ini tepat banget buat nulis .Ngarang lagu bisa mellow lhoo, mungkin aja bisa jadi hits kaya Taylor… Terus kalau nulis puisi juga, kadang-kadang bisa membuat orang lain terharu kalo membaca puisi kita, kalau kita buatnya dalam perasaan yang sedih sekali. Secara nggak langsung kita udah curhat .Dan itu adalah curhatan yang punya nilai dan kualitas.Daripada tulis status sana sini disosmed yang bikin orang lain risih . Mending dijadiin karya .

6.)Mencoba menjadi orang baru
Kalau ini biasanya aku sudah mulai menata hidup .Buat apa sih berlarut -larut .Sekarang saatnya menjadi orang baru ,bertemu dengan orang baru dan Menuju kedewasaan, berpikirlah untuk masa depan dan bersikap lebih dewasa agar jika suatu saat kamu menghadapi hal yang sama tidak akan begitu menyakitimu lagi.Aku biasa langsung memotong pendek rambutku sebagai simbol kalau aku sudah menjadi orang yang baru dan siap menemukan cinta yang baru.

Vivi Lutfah said... Reply Comment

Nama: Vivi Lutfah
Twitter: @LutfahVivi
Tangerang
Link: https://twitter.com/LutfahVivi/status/721700470327091200

Jawaban:
1. Nulis, siapa karena patah hati malah bisa dapet penghasilan bukan?
2. Baca buku yang ada tentang patah hatinya gitu, ceritanya ma cari teman yang senasib sepenanggungan, siapa tau bisa nangis barengan :v
3. Dengerin lagu galau, sebenarnya sih patah hati nggak patah hati lagu galau ma puter terus, ya beginilah nasib jones, bhak
4. Tidur, biasanya kalau lagi nggak mau nangis ya tidur, siapa tau bangun" langsung amnesia kalau pernah kenal tu orang yg bikin ane sakit hati, wkwkwk
5. Makan, ya patah hati itu menguras tenaga jadinya ane makan aja sampe puas, nggak bakalan gendut ini walaupun makan banyak. Oke cukup sekian.


Terima kasih,
Dan semoga beruntung

Vivi Lutfah said... Reply Comment

Nama: Vivi Lutfah
Twitter: @LutfahVivi
Tangerang
Link: https://twitter.com/LutfahVivi/status/721700470327091200

Jawaban:
1. Nulis, siapa karena patah hati malah bisa dapet penghasilan bukan?
2. Baca buku yang ada tentang patah hatinya gitu, ceritanya ma cari teman yang senasib sepenanggungan, siapa tau bisa nangis barengan :v
3. Dengerin lagu galau, sebenarnya sih patah hati nggak patah hati lagu galau ma puter terus, ya beginilah nasib jones, bhak
4. Tidur, biasanya kalau lagi nggak mau nangis ya tidur, siapa tau bangun" langsung amnesia kalau pernah kenal tu orang yg bikin ane sakit hati, wkwkwk
5. Makan, ya patah hati itu menguras tenaga jadinya ane makan aja sampe puas, nggak bakalan gendut ini walaupun makan banyak. Oke cukup sekian.


Terima kasih,
Dan semoga beruntung

yuni anna said... Reply Comment

nama : yuni anna
twitter : yunianna20
link share :https://twitter.com/yunianna20/status/721711044104572928
jawabannya
1. kalo aku sih biasanya ngilangin patah hati ngumpul bareng sama sahabat karena dengan cara seperti itu bisa ngelupain kesedihan yang sedang terjadi wkakaka walau cuman sebentar sih lupain patah hatinya
2. nyari kesibukan dengan cara baca novel yang ada di wattpad
3. hang out, belanja, dan kulineran bareng sama sahabat sambil cuci mata siapa tau ketemu gebetan baru... kalo bisa hang outnya sampe lupa waktu xixixi
4. dan yang terakhir palingan cuman tidur biar ga galau galau terus hahaha

Blog contents © Book world 2010. Blogger Theme by Nymphont.