[Blog Tour] Sneakpeak & Trivia: Giveaway Mermaid Fountain by Dyah Rinni

Tuesday, May 17, 2016

Helo.. Helo...
Sudah dengar kalau Dyah Rinni akan menerbitkan novel baru yang berjudul Mermaid Fountain?


-----------------------------------------------------------------------

Kali ini aku akan memberikan bocoran sedikit akan isi buku terbarunya Dyah Rinni tersebut.
Tapi.. sebelum aku membicarakan buku terbarunya Dyah Rinni, kita kenalan dulu sama penulisnya. Ada yang tau siapa Dyah Rinni?

DYAH RINNI

"Dyah Rini yang memiliki nama lengkap Diah Utami Puspitarini lahir pada tanggal 19 April dan berdomisili di Jakarta. Cewek yang memiliki hobi travelling, berenang, sepeda, memasak dan main dengan kucing ini sudah lama menggeluti dunia kepenulisan. Dua cerita anak karyanya menjadi pemenang harapan di lomba majalah Bobo. Sampai saat ini sudah menerbitkan buku yang berjudul: Serial Detektif Imai, Unfriend You, Marginalia, Menjadi Djo dan Beuatiful Liar. Mermaid Fountain adalah karyanya yang kesembilan. Kalian dapat menyapanya di akun twitter: @deetopia, Facebook: Dyah Rinni atau email ke: author@dyahrinni.com"
-------------------------------------------------------------------------------
Sudah cukup lama menantikan tulisan Dyah Rinni kembali dan kali ini doi hadir dengan sebuah cerita Fairytale Romance Series yang diterbitkan secara indie. Mermaid Fountain adalah judul pertama dari seri ini.
Lalu apa istimewanya dari novel ini?

Saat masa kanak-kanak dulu, kita pasti tidak asing dengan sosok dongeng Mermaid. Mermaid digambarkan dengan sosok wanita cantik dan tidak mempunyai kaki. Mermaid tinggal di sebuah istana dasar laut. Dalam kesehariannya Mermaid selalu bermimpi untuk dapat mempunyai kaki dan berjalan. Hal yang tidak mungkin terjadi.
Bagaimana kalau akhirnya sosok Mermaid yang sudah kuat tersebut digambarkan menjadi sosok laki-laki?


Keunikan tersebutlah yang akan kalian temukan saat membaca Mermaid Fountain.
Mermaid Fountain akan memperkenalkan sosok Laguna seorang penyanyi yang memiliki penggemar banyak harus dipertemukan oleh Mairin sosok chef nyentrik yang ahli sekali memasak seafood.
Keduanya mempunyai nama di pekerjaan yang berbeda. Namun takdir mempertemukan mereka berdua.

Cerita ini unik jujur saja. Kedua tokoh yang dihadirkan mempunyai karakter yang kuat. Penulis dengan mudahnya ingin membuat pembaca kesal dengan kelakuan Laguna namun pembaca dengan mudahnya dibuat jatuh hati dengan penggambaran sosoknya. Sebagai penyanyi terkenal, penulis membawa sosoknya dengan baik.

Di sisi lain, Mairin juga mempunyai keunikan tersendiri. Alih-alih biasanya chef yang kita temui di sebuah restoran menampilkan sosok chef yang cantik, enak dilihat, tapi di Mermaid Fountain kamu akan menemukan hal yang berbeda.
Mairin seorang chef yang nyentrik. Rambutnya dapat dikatakan benar-benar aneh. Namun Mairin mempunyai sihir akan setiap masakannya. Sihir Mairin juga mempengaruhi Laguna dalam bersikap.

Bagaimana kalau kedua tokoh tersebut harus merasakan kesialan yang menimpa dirinya? Mereka tidak dapat bekerja dengan optimal di bidangnya masing-masing. Bahkan kesialan yang mereka terima memaksa mereka untuk bertemu setiap hari. Laguna harus pasrah melakukan sesuatu yang selama ini tidak pernah dia lakukan. Mairin juga harus merasakan posisi terburuk yang menimpanya selama dia hidup.

Bagaimana penulis membawa mereka dalam menyelesaikan konfliknya?
Membaca kisah ini benar-benar seperti disihir. Dongeng yang unik, cerita yang menarik dan permainan kata-kata yang membuat kamu jatuh hati.
-------------------------------------------------------------------------
TRIVIA

Beberapa waktu lalu aku juga diberi kesempatan untuk menanyakan fakta tentang apapun hingga terbitnya Mermaid Fountain ini. Penasaran? Semoga mewakili rasa penasaran kalian ya.


1. Judul Mermaid Fountain digunakan karena merupakan gabungan dari Mermaid dan keajaiban air mancur. Sebelumnya tidak memiliki judul lain. Sempat dipotong menjadi Mermaid, namun diprotes karena lebih unik jadi Mermaid Fountain.
2. Tokoh Laguna diambil dari Bahasa Inggris: Lagoon yang artinya air asin yang terpisah dari laut dan dibatasi karang-karang.
3. Tokoh Mairin berasal dari Bahasa Irlandia dan Gaelic yang artinya bintang di laut.
4. Mermaid Fountain adalah novel kedua yang menggunakan profesi seorang penyanyi setelah sebelumnya tokoh penyanyi hadir dalam novel yang berjudul Marginalia.
5. Menggunakan Mermaid sebagai topik tulisan karena Mermaid merupakan dongeng yang memiliki unsur dramatis dan romancenya bagus. 
6. Selama menulis Mermaid Fountain jadi mendengarkan semua lagu yang berkaitan dengan Mermaid. Seperti Soundtrack Little Mermaid, Part of Your World dan lagu  Mermaid Karya Lena Park.
7. Jadi suka mencoba makanan seafood sekaligus memasak seafood untuk merasakan feel masak seafood.
8. Jadi suka mengkoleksi gelang-gelang motif laut.
9. Saat menulis Mermaid hal tersulit yang dihadapi ialah waktu karena dalam proses menulis Mermaid sedang berkerja full time. 
10. Mengambil seafood sebagai keahlian Mairin karena seafood yang paling matching dengan Mermaid. Penggunaan seafood juga berkaitan dengan konflik cerita Mermaid. Akan lebih seru jika Mairin seorang yang alih dalam bidang cooking bukan baking.
------------------------------------------------------------------------------------

Penasaran sama novel ini?

Novel ini sempat memiliki dua cover pilihan sebelum akhirnya cover biru cantik tersebut yang dipililih loh, berikut adalah gambar tiga cover pilihannya dulu:


Kalau dilihat dari tiga cover yang menjadi pilihan, cover nomer tiga memang terlihat simpel dan cantik menurutku. Pilihan tepat akhirnya memutuskan memakai cover nomer tiga :D

 Berikut aku juga bocorkan halaman pertama dari novel ini..


Novel ini juga dengan ada pre-ordernya loh! Jika pesan langsung dari penulisnya (Mention di twitter, message di facebook atau email ke: author@dyahrinni.com ) dapat free ongkir jabodetabek dan gantungan kunci lucu banget! Yuhu.. lumayan banget kan? Hanya selama pre-order:


Jadi, buruan segera pesan sebelum kehabisan promo yang cukup menguntungkan ini :D
------------------------------------------------------
GIVEAWAY TIME!

Setelah membaca ulasanku mengenai Mermaid Fountain di atas kamu pengin mencoba mendapatkan buku ini secara gratis? Bisa dong! Aku bekerjasama dengan Dyah Rinni ingin memberikan satu eksemplar novel ini secara gratis buat kamu yang beruntung.


Mau? Caranya mudah banget:

1. Kamu harus berdomisili di Indonesia.

2. Follow blog ini via GFC atau email.

3. Follow akun twitter: @deetopia dan @aprlboanarges dan share giveaway ini dengan mention kedua akun tersebut menggunakan hastag #MermaidFountain

4. Baca review Mermaid Fountain : disini

5. Jawab pertanyaan di bawah ini dengan menyertakan: Nama, akun twitter, link share dan jawaban
"Coba ceritakan dongeng menarik/terfavorit saat kalian masih anak-anak! Jika tidak ada bisa juga ceritakan kartun yang menurut kalian menarik/terfavorit saat masa kanak-kanak dulu"
6. Giveaway ini berlangsung dari tanggal 17 Mei sampai 23 Mei 2016 pukul 23.59 WIB. Pemenang akan langsung diumumkan pada tanggal 24 Mei 2016.

7. Pemenang tidak dinilai berdasarkan sistem random, namun dilihat dari jawaban yang diberikan. Jadi ceritakan dongeng atau kartun favorit kalian dengan semenarik mungkin ya! 

GOOD LUCK!

REGRADS,

APRL 
------------------------------------------- UPDATE ----------------------------------------------
Halo...

Terimakasih banyak untuk teman-teman yang berkenan mengikuti giveaway Mermaid Fountain by Dyah Rinni ini.
Ada 21 peserta yang memberikan jawaban mengenai dongeng dan kartun kenangan masa kecil yang berkesan. Semua jawaban yang masuk menggali ingatanku akan dongeng dan kartun di masa kanak-kanak dulu.

Untuk kartun banyak yang memfavoritkan pokemon, teletubies dan spongebob menjadi tontonan wajib saat masa kanak-kanak. Ada juga yang memfavoritkan Doraemon dan Avatar.
Kenapa tidak ada yang menyukai Hatci? Ataukah aku dan teman-teman lahir di zaman yang berbeda? :D

Sebelumnya aku juga memohon maaf harus mengundur pengumuman pemenang ini satu hari.
Setelah melihat jawaban yang masuk dan melihat pemenuhan syarat yang diberikan, aku memutuskan yang berhasil mendapatkan satu eks novel Mermaid Fountain by Dyah Rinni ini adalah....
 Yulistiono Putra Pratama / @lisgih
Selamat!
Silahkan mengirimkan data berupa: Nama, alamat lengkap (Beserta kode pos) dan nomer handphone yang bisa dihubungi ke email: hilda.silalahi92@gmail.com 
Email ditunggu hingga hari ini, Rabu,25 Mei 2016 pukul 18.00 WIB
Lewat dari tanggal dan jam tersebut data belum aku terima, aku akan mencari pemenang penggantinya.

Sampai jumpa di giveaway selanjutnya!

Cao! 

21 komentar:

Elsita Fransiska Mokodompit said... Reply Comment

Nama: Elsita F. Mokodompit
Twitter: @sitasiska95
Link Share: https://twitter.com/sitasiska95/status/732806267379535873
Jawaban: Dongeng terfavorit masa kanak-kanak saya adalah tentang Elang dan Ayam. Menceritakan bahwa dahulu kala, Bangsa Ayam dan Bangsa Elang sebenarya berkawan baik. Mereka hidup rukun dan bahkan sering bermain bersama. Suatu ketika, ada seekor ayam yang berteman baik dengan seekor elang penasaran mengapa elang bisa terbang tiggi hingga mencapai awan sedangkan ayam tidak bisa. Akhirnya si ayam menanyakan perihal itu kepada si elang. Awalnya, si elang enggan memberitahu. Tapi karena paksaaan si ayam dan atas nama persahabatan, akhirnya ia memberi tahu bahwa Elang dapat terbang tinggi karena mereka menjahit sayap mereka dengan Jarum Emas.
Si ayam, yang pada dasarnya ingin sekali merasakan terbang hingga ke awan itu pun meminta kepada si elang untuk meminjamkan Jarum Emas tersebut. Si Elang menolak. Tapi lagi-lagi, ia luluh pada paksaan si Ayam. Elang pun meminjamkan jarum emasnya dengan syarat bahwa si Ayam akan berhati-hati dan menjaga Jarum Emas tersebut dengan baik. "jangan sampai hilang!" begitu katanya, si ayam menyanggupi syarat tersebut.

Sepeninggal sang Elang, Ayam pun mulai menjahit sayapnya dengan Jarum Emas satu persatu hingga akhirnya ia selesai dengan salah satu sayapnya. Saking senangnya, ia sampai melompat kegirangan dan bahkan terbang hingga ke atap rumah, berkokok dengan bangga, bahwa ia sekarag sudah dapat terbang. Akan tetapi, betapa malagnya beberapa detik kemudian ia menyadari bahwa Jarum Emas berharga yang dipinjamkan Elang padanya entah telah ia lepaskan dimana. Bergegas ia turun dan mulai mencari, mengais-ngais tanah namun Jarum Emas itu tidak dapat ia temukan.

Beberapa hari kemudian, sang Elang datang menemui Ayam dan menagih Jarum Emasnya. Si Ayam meminta kepada Elang agar memberi waktu padanya untuk mencari jarum Emas tersebut. Si Elang maklum dan bekata bahwa ia akan kembali beberahapa hari lagi untuk meminta Jarum Emasnya. Selama itu, Ayam terus berusaha mencari namun sayang Jarum Emas tersebut tetap tak dapat ditemukan.

Hari berlalu, sang Elang kembali. Si Ayam yang sudah mencari kesana kemari namun tetap tak dapat menemukan jarum Emas milik sang elang pun akhirya berkata jujur bahwa ia telah menghilangkan Jarum Emas berharga itu. Sang Elang marah dan bersumpah bahwa sejak saat itu juga, hubungan pertemanan di antara mereka putus dan Elang akan melakukan balas dendam hingga ke keturunan-keturuan si Ayam.

Itulah sebabnya, sampai saat ini, Elang terus memburu anak-anak Ayam.

Yulis Putra said... Reply Comment

Nama : Yulistiono Putra Pratama
Akun Twitter : @Lisgih
Link Share : https://mobile.twitter.com/lisgih/status/732853906464739328?p=v

Dongeng favorit saya waktu kecil itu ada beberapa sih, yang pertama itu The Ugly Duck

• The Ugly Duck

Cerita ini mengisahkan seekor itik buruk rupa yang terlahir di sebuah lumbung. Itik buruk rupa tersebut mendapat perlakuan buruk dari saudara-saudaranya dan makhluk lain di sekitarnya, sampai pada akhirnya dia tumbuh dewasa menjadi seekor angsa yang anggun.

Ini cerita favorit banget dari dulu sampai sekarang soalnya dicerita ini kita diajarkan untuk tidak menjudge seseorang dari apa yang anda lihat, tapi lihatlah bagaimana hatinya. Sebagai contoh, The Ugly Duck? Sang itik buruk rupa yang awalnya selalu diejek dan dikucilkan oleh teman teman dan saudaranya, pada akhirnya menjadi itik dewasa yang sangat cantik dan anggun :) jadi jangan pernah lihat dari covernya saja, tapi lihat dari dalam :)

Yang kedua

• Beauty and The Beast

Cerita ini mengisahkan tentang seorang pangeran yang dikutuk menjadi beast oleh peri karena sang pangeran terlalu sombong. Berselang tak lama kemudian, seorang gadis bernama Belle datang ke istana pangeran tersebut karena ayahnya dituduh mencuri. Untuk membayar seluruh hal yang dilakukan ayahnya, Belle akhirnya bersedia untuk tinggal di istana tersebut. Dari sanalah mulai timbul timbul perasaan cinta. Dan akhirnya Belle tau jikalau beast itu adalah seorang pangeran.

Ini juga gak kalah favorit sih, ceritanya tuh keren bahkan sampai sekarang masih sering ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta. Terus animasi yang dibuat Disney ini (ini produksi film kartun favorit guee) juga punya pesan moral. Yaitu jangan pernah merasa sombong atas apa yang kamu dapat, jangan terkecoh dengan ketampanan dan kekayaan sehingga menjadi sombong. Terus cinta sejati itu gak memilih, contohnya Belle yang memilih Beast sebagai pasangannya dan tidak memandang wajah.

Kazuhana El Ratna said... Reply Comment

Nama : Ratnani Latifah
Twitter : @ratnaShinju2chi
Link Share :https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/732932549593337856


Dongeng yang paling berkesan dan menjadi terfavorit ketika kecil adalah Kelinci dan Kura-kura.

Di mana kisahnya adalah tentang kesombongan Kelinci yang suka meremehkan binatang lain.

Kelinci yang memang sangat cepat dalam berlari suka mengolok-olok Kura-kura yang selalu berjalan dengan pelan.

"Hai, Kura-Kura kenapa sih, kau berjalan sangat lamban? Apakah kau tidak terganggu?" olok Kelinci.

"Kenapa harus terganggu. Aku menikmati berjalan pelan-pelan dan bisa ke mana-mana sesuka hati," jawab Kura-kura dengan santai. "Dan perlu kau tahu Kelinci, sebenarnya aku bisa berjalan lebih cepat daripada dirimu."

Mendengar ucapan Kura-kura, Kelinci tertawa lebar. Mana mungkin Kura-kura bisa berjalan lebih cepat dari dirinya?

"Benarkah? Aku tidak percaya." Kelinci berucap sombong. "Baiklah bagaimana kalau kita buktikan siapa yang paling cepat dalam berjalan." Akhirnya Kelinci menantang Kura-kura.

"Baiklah, siapa takut." Kura-kura menerima tawaran itu dengan senang hati.

"Tapi dengan satu sarat," tambah Kura-kura. "Aku ingin kau tidak berbuat sombong lagi ketika aku menang dan kau akan meminta maaf padaku dan semua binatang di hutan."


Kelinci langsung setuju saja. Dia sangat yakin akan menjadi pemenang dalam lomba itu. Mereka sepakat akan melakukan lomba itu dua hari setelahnya.

Dalam rentang waktu itu, Kura-kura berpikir bagaimana agar bisa mengalahkan Kelinci dan menyadarkan agar Kelinci tidak lagi bisa berbuat sombong. Sedang Kelinci tentu saja hanya bersantai-santai. Dia sangat yakin bisa mengalahkan Kura-kura.

Waktu lomba pun akhirnya tiba. Singa menjadi wasit yang mengawasi jalannya lomba. Peraturannya, siapa yang sampai pertama kali itulah yang akan jdi pemenang. Dengan aba-aba satu ... dua ... tiga, Singa menyatakan lomba dimulai.

Kelinci denga gerakan cepat langsung menghilang dari tempat lomba dimulai. Sedang Kura-kura terus berjalan dengan sangat santai.

Ternyata Kelinci sudah sampai cukup jauh dari tempat lomba di mulai. Dia menengok ke belakang dan belum melihat Kura-kura. Sehingga dia merasa santai dan pun memutuskan istirahat sebentar di bawah pohon. Pasti Kura-kura masih sangat jauh dan tidak bisa menyusulnya.

Kura-kura terus berjalan perlahan. Sampai kemudian dia melihat di mana Kelinci tertidur. Kura-kura terus berjalan dengan santai, tanpa disadari Kelinci. Sedang kelinci ketika terbangun belum melihat, Kura-kura merasa yakin, saingannya itu belum lewat. Dia kembali bersantai. Sampai kemudian dia memutuskan untuk menuju garis finis. Dan betapa kagetnya Kelinci ketika melihat Kura-kura sudah ada di bukit dan menjadi pemenang dari lomba itu.

"Bagaimana bisa? Sejak kapan kau di sana?" tanya Kelinci bingung. Menurutnya itu pemadangan yang aneh.

"Tentu saja aku bisa. Meski aku berjalan dengan lambat, aku terus berjalan dengan sebuah tujuan. Itulah yang mmebuatku bisa memenangkan lomba ini."

"Aku tahu kau memang bisa berjalan dengan cepat. Tapi kamu suka main-main. Kalau kau tadi tidak tidur pasti bisa menang. Aku tadi melewatimu saat kamu tidur di bawah pohon." Jelas Kura-kura panjang lebar.

Kelinci pun akhirnya mengerti. Sesuai janji dia pun meminta maaf pada Kura-Kura dan seluruh penghuni hutan. Dia tidak akan lagi menjadi binatang yang sombong dan akan lebih serius dan tidak main-main dan teledor.

julie khoyul said... Reply Comment

Khoyul
@Jkhoyul
https://twitter.com/JKhoyul/status/732952738569424896

Masa kecil tidak pernah mendengar dongeng yang menarik dan melihat film kartun yang bagus. Tapi saat SD dulu aku pernah membaca dua buah buku yang menurutku sangat bagus. Satu dengan judul Dapelpan. Daun apel yang tampan, baik hati dan setia kawan. Karena ketampanannya dia dipuja oleh daun-daun yang lain. Suatu saat ada ulat yang akan jadi kepompomg sebelum jadi kupu-kupu. Dia butuh makan sebelumnya, dan semua daun tak ada yang mau membantunya. Tapi Dapelpan dengan baik hati merelakan sebagiannya untuk dimakan ulat. Karena tubuhnya sebagain dimakan ulat dia dapat julukan Dapelpes, daun apel yang gerepes. Dia diejek terus oleh daun-daun lainnya hingga tua, menguning dan waktunya akan gugur. Si ulat yang jadi kepompong telah jadi kupu-kupu, dia tidak pernah lupa kebaikan si daun apel. Dia menunggu daun apel itu gugur, lalu membawanya terbang melihat dunia luas sebelum dia benar-benar mati. Di cerita ini aku menemukan kebaikan, kerendahatian dan kesetiakawanan.

Buku kedua menceritakan tentang perjalanan setetes air bernama tirta. Dari pertama kali dia diteteskan ke bumi, berbaur dengan ribuan tetes air lainnya, cobaan diterba amgin, disulut panasnya nyala lilin, sampai alhirnya menguap kena sinar mata hari. Kbali ke langit menggantung di awan. Perjalanannya sangat menyentuh. (agak lupa ceritanya sih)

Dua cerita itu sampai membuatku sedih, meneteakan air mata. Padahal jaman itu aku masih SD, biasanya anak SD nggak pekaan tapi karena dua buku itu aku menangis haru.

inhae ELF said... Reply Comment

Nama ; Rohimah Muthmainnah
Twitter : @Ina_ELFINA10
link share : https://twitter.com/Ina_ELFINA10/status/733134918109159424

Kartun favoritku waktu kecil adalah Odd Parents. tau kan yang anak laki2 kecil yang punya orang tua peri, namanya timy turner :D dulu aku suka bgt berkhayal andai aja aku juga punya orang tua peri yang selalu bisa ngabulin apa yang aku inginin dan selalu ngelindungi aku dari orang2 yg akan ngejaili aku :D
pokoknya kartun itu seru deh :D kartun yg tak kan pernah terlupakan ^^~

Humaira Balfas said... Reply Comment

Nama : Humaira
Akun Twitter : @RaaChoco
Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/733159544059101184?p=v


"Coba ceritakan dongeng menarik/terfavorit saat kalian masih anak-anak! Jika tidak ada bisa juga ceritakan kartun yang menurut kalian menarik/terfavorit saat masa kanak-kanak dulu"


Monyet dan kura-kura

Suatu hari, seekor kura-kura datang menghampiri monyet dan berkata
" Hei monyet, kita ke kebun Pak Tani yuk!!"
"Mau apa?"
" Kita ambil cabe-cabe punya pak tani"
"Ga ahh, ga mau"
"Ih monyet, kamu tau? Cabe-cabe punya pak tani itu enak, warnanya bagus, merah-merah lagi"
Atas bujuk rayu kura-kura, si monyet pun akhirnya ikut untuk mencuri cabe-cabe milik Pak Tani. Saat sedang enak memakan cabe dan kepedasan "seu hah, seu hah" begitu bunyinya, datanglah Pak Tani.
"Ohh, jadi cabe-cabe saya berkurang karena kalian yang selama ini mencurinya. Awas ya kalian!!"
Pak Tani akhirnya mengejar si monyet dan kura-kura. Monyet yang beruntung karena ia bisa berlari cepat, memanjat pohon dan melompat-lompat. Alhasil, kura-kura yang jalannya lamban tertangkap dan dikurung di belakang rumah Pak Tani. Malamnya monyet datang menghampiri si kura-kura dan bertanya
"Kamu lagi ngapain kura-kura?"
"Aku sih enak, besok mau dinikahin sama anak Pak tani. Anaknya cantik lagi"
"Ya udah, sini ganti sama aku aja"
"Ga mau ah"
"Ganti sama aku aja ya"
"Bener kamu mau?"
"Iya" si monyet menjawab dengan semangat
"Tapi ada syaratnya"
"Apa?"
"Kamu harus keluarin aku dari sini dan bawa aku ke sungai"
"Baiklah"
Akhirnya si monyet melepaskan kura-kura, membawanya ke sungai dan melepaskannya di sana. Si monyet kembali lagi ke belakang rumah Pak tani, menempatkan dirinya dikurungan tempat tadi si kura-kura ditahan. Dengan hati senang tak terkira karena akan dinikahkan dengan anak Pak Tani yang cantik, si monyet tidak tidur, ia menunggu sampai pagi menjelang. Keesokan harinya, dari arah belakang si monyet mendengar suara asahan dan langkah kaki seseorang. Saat berbalik, ia terkejut melihat Pak Tani yang sedang memegang pisau dan berjalan ke arahnya. Si monyet pun lari terbirit-birit diiringi teriakan Pak Tani yang menggema.

Ini cerita saat mamahku SD, diceritakan kepadaku, adik dan kakakku. Juga mungkin akan aku ceritakan kepada anak-anakku kelak.

Yang bisa aku petik itu. Jangan terlalu berbangga diri dengan kelebihan yang dimiliki, karena suatu saat itu bisa menjadi boomerang bagi dirimu sendiri dan setiap orang juga punya kelebihan, jadi jangan meremehkannya.

Cerita kartun banyak, tapi in yang paling istimewa :) :)

Makasih :) :) :)

rini virgo said... Reply Comment

Nama : Rinita
Akun Twitter : @Rinitavyy
Link Share : https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/733070636323495937?p=v
Jawabanku :

Dulu ketika usiaku sekitar 5-8 tahunan cerita dongeng yang paling ngetrend itu Cinderella. Ya, aku juga suka sama ceritannya. Sangat menarik, amanat dari cerita itu juga sangat bagus. Mengajarkan kita supaya lebih sabar dalam menghadapi segala sesuatu yang ada dalam hidup. Hidup itu gak selalu ada diatas, ada kalanya kita dibawah untuk merasakan apa yang dinamakan tabah dan sabar.
Kalau kartun, aku juga suka banget. Paling ku suka adalah Teletubise. pasti kalian pernah dengarkan. Itu film paling hits di jamanku, sampai-sampai aku minta di belikan segala barang yang ada gambar teletubise-nya. Maklum dulu aku masih anak-anak, senengnya minta ini dan itu.

neng camay said... Reply Comment

Nama : May Ridwan
Twitter : @camayneng
Link Share : https://twitter.com/CamayNeng/status/733170090523267072?s=03

dongeng jaka tarub yang mencuri selendang salah satu bidadari yang sedang mandi di suangai,karna selendangnya hilang bidadari itu tidak bisa terbang pulang ke khayangan,dan jaka tarub datang sebagai penyelamat,kemudian mereka menikah dan suatu hari bidadari itu menemukan selendangnya yang di curi oleh jaka tarub dan memutuskan untuk pulang ke kayangan..
berkat dongeng ini aku selalu mengayal-hayal apakah kawah candradimuka itu ada dan benarkah bidadari selalu bawa selendang,menurut dongeng di sekitar ku bila ada pelangi itu artinya ada bidadari yang sedang mandi

Eyis yis said... Reply Comment

Eris Andriani
@RizAnNie88
https://twitter.com/RizAnNie88/status/733246011259248641

Berhubung aku generasi 90 an yg belum mengenal gadget dan cerita dongeng dari luar negeri, dulu aku suka membaca dongeng yg berasal dari negara sendiri. Dongeng favorit ku sampai sekarang itu cerita yg berasal dari Sumatera Barat yaitu Malin Kundang si anak durhaka.

Dari cerita ini selalu teringat akan pesan moralnya yg seperti sebuah mantra yg berhasil menyihir pembacanya, bahwa sebagai seorang anak harus menghormati ibu dan jangan pernah durhaka padanya, kalau kamu jadi anak durhaka nanti dikutuk jadi batu. Hehe
Dongeng yg sangat mendidik dan lebih mengamalkan ajaran agama yg tidak boleh durhaka dan melakukan hal yg menyakiti perasaan seorang ibu, karena itu termasuk dosa besar yg hanya akan merugikan diri sendiri ^_^

Aya Murning said... Reply Comment

Nama: Aya Murning
Twitter: @murniaya
Link share: https://twitter.com/murniaya/status/733248991484207104

Aku suka sama dongeng Rapunzel. Dulu bahkan waktu SD tiap pagi nonton filmnya dulu lewat dvd sebelum berangkat sekolah (masuk siang jam 10). Dia itu cantik, anggun, tapi juga pemberani dan pengasih. Kombinasi yang sangat pas.

Dia punya rambut panjang yang begitu cantik dan terawat. Goodness me! How could she did the hair treatment for that looooooong hair? She must be very clever and clean! XD

Sejujurnya aku ingin jadi Rapunzel karena aku aslinya nggak bakat punya rambut yang panjang-panjang banget gitu macam model iklan shampoo.

Rapunzel hidup terkungkung dalam sebuah menara dan selalu diawasi oleh tantenya. Dia tidak pernah bisa keluar dari sana karena tidak pernah diizinkan. Dia tidak pernah bisa melihat dunia seindah apa. Kemudian suatu kali dia mendapat kuas ajaib. Cukup memikirkan ingin jadi apa, kuas itu akan menorehkan gambar yang dia inginkan. Tidak hanya itu, dinding tempat ia menuangkan imajinasinya pun bisa ia masuki dan langsung berada di sana. Mirip pintu ajaib doraemon. Ia juga bisa berganti-ganti gaun hanya dengan mengayunkan kuas itu ke tubuhnya.

Dia berkenalan dengan seorang pangeran saat menembus dinding ajaib itu. Tantenya curiga dan menanyakan siapa namanya. Tapi dia memang tidak tahu nama lelaki itu. Rapunzel dihukum terkurung dalam menara yang diselimuti mantra anti pembohong. Tapi karena Rapunzel tidak bohong, dia bisa menembus sihir itu.

Rambutnya nggak cuma jadi mahkota. Rambutnya juga bisa digunain buat menolong orang lain (nolong cowoknya buat manjat menaranya biar bisa ketemuan gitu maksudnya hahaha. Eh, nggak ding, nolong yang lain lah, yang baik-baik pastinya), maksudnya dirinya itu bermanfaat gitu lho. Istilah "dari ujung rambut sampai ujung kaki" itu berlaku buat dia. Kalau di versi lain, rambut Rapunzel yang awalnya pirang berubah jadi cokelat ketika terpotong. Tapi rambut itu punya daya magic, bisa membangkitkan kembali orang yang sedang sekarat.

Rapunzel juga seseorang yang sabar, penurut, dan jujur. Ia tidak takut dengan apa pun selama dia menjadi orang yang baik. Bohong itu termasuk salah satu dosa yang paling sering dilakukan, bukan? Yah, Rapunzel cocok nih jadi panutan.

Dia juga ikhlas dan rela berkorban buat orang lain, buat orang yang dicintainya. Meski dia sayaaaaang banget sama rambutnya, dia nggak sungkan motong pendek rambutnya demi nyelamatin orang itu. Ah, jadi ngintrospeksi diri sendiri, seberapa besar sih pengorbanan yang udah pernah dilakuin buat orang lain? Jadi iri sama sosok Rapunzel. :')

Putri Prama said... Reply Comment

Putri Prama A.
@putripramaa
https://twitter.com/PutriPramaa/status/733428416272162818

Dongeng menarik saat aku masih anak-anak adalah Timun Mas. Aku suka sekali dengan cerita rakyat itu. Yang membuat dongeng itu menarik bagiku adalah bagian Timun Mas yang mencoba melawan raksasa dengan bahan-bahan yang bermacam-macam seperti garam, terasi, dll.
Saat kecil dulu aku nggak terlalu sering menonton televisi karena ya Lativi (iya, Lativi :p) dulu nggak jelas di TVku, membaca buku pun aku nggak pernah karena saat kecil aku sama sekali tak terjamah oleh buku dongeng. baru saat usia delapan tahunan gitu kalau tidak salah ada acara di Trans TV yang menayangkan legenda-legenda di Indonesia. Karena tayangan itu, aku suka sekali dengan Timun Mas.
Amanatnya pun bagus karena Timun Mas berusaha menyelamatkan diri sendiri dari perjanjian yang merugikan dan sangat tidak adil itu. Timun Mas juga anak yang patuh pada orang tuanya dan itu patut ditiru.

Hm, kalau Mbak Dee berkenan memasukkan dongeng dalam negeri ke Fairytale Romance Series, aku usulin Timun Mas ini. Karena di sini kita akan bertemu dengan Raksasa yang egois dan Timun Mas yang gigih.
Terima kasih untuk giveawaynya, Mbak. Hope I am lucky.

Mukhammad Maimun Ridlo said... Reply Comment

Nama : Mukhammad Maimun Ridlo
akun twitter : @MukhammadMaimun
link share : https://twitter.com/MukhammadMaimun/status/733469848202711043

"Coba ceritakan dongeng menarik/terfavorit saat kalian masih anak-anak! Jika tidak ada bisa juga ceritakan kartun yang menurut kalian menarik/terfavorit saat masa kanak-kanak dulu"

Dongeng yang selalu membuatku tersentuh sampai sekarang adalah tentang gadis penjual korek api.
Hidupnya yang menderita hingga akhirnya ia meninggal karena kelaparan dan kedinginan saat sedang menjual korek api di saat salju turun ke bumi. Dan ia hanya bisa membayangkan keindahan dan kehangatan dengan cara menyalakan korek api satu demi satu dan muncullah gambaran keindahan dan kehangatan itu. Tapi akhirnya kehangatan dan keindahan itu ia dapatkan di surga.
Mengajaran kita untuk peduli kepada orang lain

bintang permata said... Reply Comment

Bintang Permata Alam / @Bintang_Ach ? https://twitter.com/Bintang_Ach/status/733623276165959680

Dongeng / kartun favorit?

Hmm.. sebenarnya aku termasuk ke dalam spesies yang awam banget soal cerita dongeng-dongeng’an. Tidak begitu banyak pengetahuanku tentang dongeng2 populer. Dulu waktu kecil sih, sering banget didongengin ama Papa setiap mau tidur. Tapi Cuma dongeng asal2an. Dalam arti, bukan dongeng yang ada luar sana. Dongeng atas dasar imajinasi sendiri. Kadang melibatkan orang-orang sekitarlah, tetanggalah, temen-temen sekolahku lah. Pokoknya dongeng ala Papa, hahaha.

Ok, karena tidak terlalu tua menahu tentang dongeng, mending cerita kartun favorit aja kali ya? Dulu, waktu kecil (ya, sebelum segede gentong ini), aku suka banget nonton acara kartun. Seolah sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Dan kartun yang paling aku sukai adalah Telletubies. Huhuuu.. mereka ini lucu-lucu banget. Terlebih Po. Dia ini menurutku lucu, gemesin, polos, dan sering dimanfaatin sama ketiga temennya yang lain: Tinky Winky, Dipsy, sama Lala. Yang membuat pribadi Po menjadi berkesan buatku adalah hobinya naik skutter. Pernah lo aku tergila2 pengin dibeliin skutter kayak Po. Alhasil, cuma dibeliin sepeda roda empat (1 depan, 3 belakang), hahaha.

Selain itu, aku juga suka banget nonton Spongebob. Sebenarnya bukan spongeBob-nya yang aku suka, tapi Patrick. Ya, ngga tau kenapa aku tu selalu suka tokoh kartun yang gendut-gendut gitu. Po di teletubies gendut juga kan? Menurutku, tokoh kartun gendut itu lucu aja, (dan mungkin karena kayak aku juga kali ya gemuknya, haha). Yang gendut2 lain ada juga Ehsan di upin ipin, ulat kuning di kartun Larva, terus Doraeemmoonn. Hahahahaha. Dengan bentuk tubuh mereka yang ginuk-ginuk (begitu sebutan orang Jawa), aku berhasil kesengsem ama mereka.

avida novi said... Reply Comment

Nama: Avida Novi
Twitter: @avidanovia
Link share: https://twitter.com/AvidaNoviA/status/734036484529913857
Dulu, aku sering mendapat dongeng sebelum tidur oleh ibuku. Namun, dongengnya selalu berkaitan dengan cerita nama-nama malaikat beserta tugasnya karna pada waktu itu aku masih dikelas TK sehingga agar paham dg nama-namanya ibuku berinisiatif untuk berdongeng hal tersebut. Ketika aku masih kecil, hal yang pasti dan masih kuingat malah tentang kartun favorit. Tayangan kartun itu adalah "pokemon" yang didalamnya menayangkan hewan-hewan yang mempunyai kekuatan layaknya batman, spiderman,dkk. Contoh hewannya adalah pikachu, dia mempunyai kekuatan listrik beberapa ponds dan dikeluarkan ketika dia mengalami bahaya. Selain itu, dalam serial pokeman ini aku seperti memperoleh pengetahuan menge-trip sambil mencari hewan yang berkekuatan super. Dan akupun termotivasi untuk punya cita-cita agar bisa menge-trip (travelling) seperti tokoh dalam pokeman.
Dalam hal episode yang ditayangkan seringkali tokoh juga mengalami masalah, yaitu adanya para perampok hewan (yang punya inisial R di setiap baju). Setiap episode itulah si perampok juga tidak akan menang & bisa mendapatkan hewan berkekuatan tersebut. Karna ada pikachu dan teman-temannya yang selalu ada untuk membantu.
Kartun selanjutnya adalah Shelermoon. Nah, di kartun ini juga menayangkan tentang beberapa cewek yang mempunyai kekuatan super. Kalo sekarang mungkin dikenal dengan nama Srikandi:D. Tokoh shelermoon ini aku favoritkan karena dia selalu menolong orang yang membutuhkan. Dia mempunyai paras cantik & jago menolong (lengkap).
Jadi dari kedua serial kartun tersebut, meskipun bertema imajinatif tetapi juga bisa memotivasi penonton untuk membantu sesama. Semoga aku bisa menjadi shelermoon juga :D

Putri Carera said... Reply Comment

Putri Carera
@santicar_
https://mobile.twitter.com/santicar_/status/734247609460625409?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C3344612053

Dongeng/kartun favorit?

Kartun favorit saya waktu kecil itu Avatar the Legend of Aang keluaran Nickelodeon sekitar tahun 2005 waktu umur saya masih 5 tahun.

Ceritanya bermula ketika Sokka dan Katara menemukan bongkahan es yang ternyata didalamnya terdapat seseorang yang tak lain Aang si pengendali udara terakhir sekaligus Avatar.
Avatar itu pengendali 4 elemen (air, api, tanah, dan udara). Karena Aang hanya bisa mengendalikan udara, Sokka, Katara si pengendali air dan Toph si pengendali tanah membantu Aang dalam pembelajarannya.

Disisi lain Zuko, pangeran terbuang dari negeri api sangat gencar-gencarnya untuk menangkap Aang demi mendapatkan pengampunan dari ayahnya si Raja api. Selain itu Zuko juga mempunyai saudara perempuan yang jahatnya minta ampun, namanya Azula. Azula punya geng sendiri yaitu terdiri dari Ty Lee dan Mai. Ini nih karakter favorit saya si Mai. Walaupun hanya karakter pendukung, tapi dia kalem kalem manis gitu

Saya sempet terkejut pas denger ada live actionnya. Banyak orang bilang film adaptasinya mengecewakan, tapi saya malah ngeliat filmnya keren? Entahlah itu selera masing-masing

Sekian cerita saya tentang Aang, wish me luck^^

nunaalia 79 said... Reply Comment

Nama: Aulia
Twitter: @nunaalia
Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/734662417494478848

"Coba ceritakan dongeng menarik/terfavorit saat kalian masih anak-anak! Jika tidak ada bisa juga ceritakan kartun yang menurut kalian menarik/terfavorit saat masa kanak-kanak dulu"

Cerita kartun yg menarik banyak, dan aku suka nonton kartun. Tapi yg terfavorit itu Doraemon, cerita kartun sepanjang masa, menurutku. Dari jaman aku masih kanak-kanak sampai sekarang jaman keponakanku, cerita Doraemon masih ada dan ceritanya pun terus berkembang dan berseri, walaupun tokoh-tokohnya tetap masih anak-anak :D
Doraemon memang penuh imajinasi dan fantasi, namun juga ada banyak pembelajaran dari kisah-kisahnya. Pertemanan Nobita, Suneo dan Giant walaupun diselingi dengan persaingan dan pertengkaran, tidak jarang juga mereka menjadi tim yg solid dalam berpetualang, saling menolong dan melindungi. Benar-benar khas anak-anak yg walaupun sering bertengkar, namun akan cepat pula berbaikan kembali.

Rini Cipta Rahayu said... Reply Comment

Rini Cipta Rahayu
@rinicipta
https://twitter.com/RiniCipta/status/734683538344292353

Kartun yang paling terkenang adalah Detektif Conan. Setiap weekend pasti nyempetin nonton itu diantara kartun-kartun yang lain. Alasannya karena mungkin yang genre misteri detektif itu jarang banget. Setiap kasus punya cerita yang menarik, cara mengungkapnya juga diluar dugaan. Seringnya sih terkecoh dan analisanya itu cerdas banget! Walaupun ada manga-nya tapi aku lebih tertarik nonton animasinya sih hehe

Eni Lestari said... Reply Comment

Eni Lestari
@dust_pain
https://twitter.com/dust_pain/status/734740356957229058

"Coba ceritakan dongeng menarik/terfavorit saat kalian masih anak-anak! Jika tidak ada bisa juga ceritakan kartun yang menurut kalian menarik/terfavorit saat masa kanak-kanak dulu"

Kartun fav ku dulu itu Inuyasha, Sailormoon, Detektif Conan, Wedding Peach, Ikkyu-san, Hamtaro, UFO Baby, Samurai X, Cardcaptor Sakura, dll. Aish, ketahuanlah setua apa kartun fav nya judulnya itu wkwkwkw xD yah, waktu kecil dulu, buku masih tergolong barang mewah, jadi gak terlalu tahu tentang dongeng. Hiburannya ya kartun2 yang diputer tiap minggu. Bener2 surga lah dulu dari jam 5 pagi udah nongkrong depan tipi (dulu Inuyasha tayang jam 5 pagi). Aku gak bisa milih dari kartun2 itu mana yang paling fav, karena aku suka semua dan sangat memorable. Ajaibnya nih, sampai sekarang aku masih hafal OST-nya yang lagunya di-Indonesia-in. Kadang heran juga kok bisa apal gitu. Padahal kan udah lama banget, hahaha. Kalau yang seumuran pasti ngerasa yang sama deh. Aku yakin! šŸ˜‰

Anonymous said... Reply Comment

Nama : Ana Bahtera
Twitter : @anabahtera
Link :https://mobile.twitter.com/deetopia

Jawaban:
PETERI PUKES
Dongeng yg berasal dari daerah sendiri.
Bercerita tentang seorang putri yg ingin menikah dengan org biasa. Karena Raja sangat mencintai putrinya akhirnya dinikahkanlah Putri itu denga syarat jika sudah menikah maka Putri itu tidak bisa lagi melihat dan menoleh kbelakang. Namun ketika sampai diujug jalan Pteri Pukes melanggar janjiya dan ingin melihat orang tuanya tuk terakhir kalinya, sehingga Peteri Pukes n suaminya berubah menjadi batu dan sampai sekarang Peteri Pukes yg menjadi batu itu masih ada menjadi slah satu tempat wisata didaerah kami.
Kenapa suka?? Karena dr kecil selalu di dongengkan oleh mamak n crita itu memiliki pesan bahwa kita janga pernah tidak mematuhi orang tua kita

justsavemywords said... Reply Comment

Nama : Ken
Twitter : @orion____
Link Share : https://twitter.com/orion____/status/734779233986285568

Q : "Coba ceritakan dongeng menarik/terfavorit saat kalian masih anak-anak! Jika tidak ada bisa juga ceritakan kartun yang menurut kalian menarik/terfavorit saat masa kanak-kanak dulu"

A : Dari sekian banyak dongeng yang saya dengar, saya rasa yang paling berkesan untuk saya adalah "Gadis Penjual Korek Api".

Tentang seorang gadis miskin yang sehari-harinya menjual korek api. Suatu hari, di suatu malam natal, korek apinya sama sekali nggak kejual. Dia lapar dan seluruh rumah justru menggodanya dengan bau-bauan wangi masakan-masakan untuk merayakan natal. Dengan menggigil dia mencoba menyalakan satu persatu korek api dagangannya untuk menghangatkan diri. Siapa sangka, lewat api yang menyala, dia melihat imajinasi-imajinasi indah dan menggiurkan. Namun imajinasi-imajinasi itu segera lenyap berbarengan dengan korek api yang padam. Dia menyalakan korek apinya lagi dan lagi, namun semua imajinasinya tetap saja lenyap dengan cepat. Sampai akhirnya ia mengambil segenggam korek api terakhir dagangannya dan menyalakannya, dan melihat ibunya yang telah tiadać…”seingat sayać…”dalam nyala api. Yang akhirnya 'membawanya pergi' bersama setelah api dari korek-korek itu padam, agar si gadis tak lagi kesepian.

Mengapa berkesan?
Karena mungkin dari dongeng ini lah saya jadi menyukai cerita dengan bad/sad ending, SAMPAI DENGAN HARI INI. Menyadari bahwa cerita yang indah nggak selamanya memiliki akhir yang benar-benar bahagia ='D Pun "The Little Mermaid" itu sendiri.

Thank you GAnya ya, Cantik.. /kasih mawar/ /dibuang ke laut/

justsavemywords said... Reply Comment

@justsavemywords: yaterus link nya kelupaan. kasih link baru semoga diperbolehkan /berdoa/

https://twitter.com/orion____/status/734782620127625216

Blog contents © Book world 2010. Blogger Theme by Nymphont.