[Blog Tour] Review & giveaway : Happiness is You by Clara Canceriana

Saturday, January 21, 2017

Judul : Happiness is You
Penulis : Clara Canceriana
Penerbit : Bentang Pustaka
Tebal : 288 halaman
Terbit : Desember, 2016

SINOPSIS

Melihat Arsen dan Keira semakin dekat, Aloy menyadari sesuatu mulai bergejolak di dalam hatinya. Sejak itu, Aloy bersikap aneh. Hidupnya jadi berantakan. Hubungannya dengan Keira memburuk. Interaksinya dengan Arsen di lapangan juga kacau. Ini membawanya pada konflik besar di klub baseball. Masalah yang mengancam masa depan Aloy sebagai atlet muda bersinar.

Jika orang sering bilang, yang berharga itu baru terasa setelah kehilangan, mungkin itu berlaku bagi Aloy. Belum terlambatkah jika sekarang Aloy ingin merebut kembali yang berharga itu untuknya?'

Aloy dan Keira kelihatan sudah saling suka sejak lama, tapi mereka sama-sama nggak mengungkapkannya, demi status sakral bernama persahabatan. Lalu, Arsen, anggota baru klub baseball Aloy, masuk ke dalam lingkaran hubungan mereka. Lebih jauh lagi, Arsen mencoba mengetuk pintu hati Keira.

Melihat Arsen dan Keira semakin dekat, Aloy menyadari sesuatu mulai bergejolak di dalam hatinya. Sejak itu, Aloy bersikap aneh. Hidupnya jadi berantakan. Hubungannya dengan Keira memburuk. Interaksinya dengan Arsen di lapangan juga kacau. Ini membawanya pada konflik besar di klub baseball. Masalah yang mengancam masa depan Aloy sebagai atlet muda bersinar.


Jika orang sering bilang, yang berharga itu baru terasa 1setelah kehilangan, mungkin itu berlaku bagi Aloy. Belum terlambatkah jika sekarang Aloy ingin merebut kembali yang berharga itu untuknya?


REVIEW

Sejak dulu Aloy dan Keira bersahabat. Mereka seperti sudah mengenal satu dna lainnya. Mereka juga sama-sama mencintai dunia baseball.
Hingga, suatu saat Keira tidak dapat bermain Baseball lagi. Padahal keluarganya, terutama kakaknya adalah pelatih baseball sejak lama.

Namun kehadiran Aloy dalam kehidupan Keira menjadi penyemangat tersendiri. Keira masih dapat menikmati dunia baseball dengan menjadi supporter Aloy dalam setiap tournamentnya.

Aloy sendiri merupakan anggota tim inti "Berjaya" dan posisinya sebagai catcher atau penangkap bola. Di tim "Berjaya" Aloy bersahabat dekat dengan Arsen. Arsen memegang kendali sebagai Pitcher atau pelempar bola dalam tim nya.

Aloy dan Arsen tidak dapat terpisahkan. Mereka bagaikan sepasang battery yang saling melengkapi dalam tournament baseball. Sedangkan Aloy memiliki Keira sebagai supportnya setiap dia sedang mengikuti tournament.

Terbiasa berteman dekat dengan Aloy membuat arsen mengenal sosok Keira. Semakin lama mengenal, ada perasaan yang timbul dalam diri Arsen untuk mengenal Keira lebih dekat.
Namun gimana jadinya kalau ternyata Aloy juga mempunyai perasaan yang sama sejak dulu?
Bagaimana akhirnya persahabatan mereka?
--------------------------------------
Clara Canceriana merupakan penulis tidak asing dalam dunia fiksi. Ini juga bukan buku pertamanya yang ku baca. Kali ini Kak Clara -begitu aku menyebutnya- hadir dalam buku terbarunya yang mengangkat topik unik. Dunia baseball.

Hm... kayaknya belum ada novel fiksi dengan penulis lokal mengangkat tema olahraga baseball sebagai pekerjaan atau kegemarannya si tokoh dalam sebuah cerita.

Jujur saja, topik tersebut juga masih tabu dalam bayangan aku. Ya, bagaimana tidak, olahraga yang biasanya populer itu hanya seputar basket, bulutangkis, sepak bola, sedangkan ini baseball. Pertandingannya aja belum pernah aku tonton bahkan belum pernah aku liat secara langsung :'D

Tapi hal itu tidak membuatku menjadi enggan membaca kisah ini lebih lanjut..

Novel ini ternyata merupakan rangkaian seri olahraga yang diterbitkan Bentang Pustaka. Olahraga yang diangkat merupakan cabang olahraga yang masih minor dikalangan masyarakat Indonesia pada umumnya. Hmmm, cukup berani sekali ya.

Happiness is You adalah salah satu judul serial olahraga bentang ini.

Happiness is You menggunakan POV ketiga sebagai sosok penulis yang tau akan segala hal. Penulis menempatkan dirinya dengan baik. Dia paham betul jika pembaca Indonesia masih asing akan dunia baseball dan softball, karena itu di novel ini disertakan beberapa catatan kaki mengenai beberapa istilah olahraga yang muncul. Penulis juga tidak lupa menambahkan beberapa ilustrasi mengenai permainan baseball dalam novel ini. Ide cerdas sepertinya, agar pembaca yang tabu sepertiku juga paham mengenai topik yang sedang dibicarakan.

Riset yang dilakukan penulis akan topik baseball juga terlihat cukup matang. Aku malah percaya jika penulis sendirilah yang gemar akan olahraga baseball ini. Cakep banget pengetahuan baseballnya. Entah memang apa yang digambarkan cerita masih pengetahuan sederhana akan baseball atau memang sudah lebih detail, namun aku sebagai orang awam dapat mengerti dengan cukup detail.

Alur yang diberikan juga cukup mengalir apa adanya. Aku suka bagaimana kedekatan Aloy dan Keira dalam berinteraksi. Seperti mereka sudah ditakdirkan untuk bersama sejak dari awal cerita.

Walaupun mengangkat topik yang cukup tabu dalam masyarakat Indonesia, tapi penulis mengambil konflik yang sederhana. Yang membuat buku ini cocok dibaca oleh segmen pembaca remaja. Hm, aku yang sudah tidak remaja lagi saja masih cocok membaca kisah ini.

Overall, buat kamu yang tidak percaya adanya persahabatan yang murni antara laki-laki dan perempuan atau yang gemar membaca topik mengenai sahabat jadi cinta, novel ini pantas dijadikan wishlist selanjutnya. Unik, sederhana dan memiliki kekuatan akan topik yang disuguhkan. Tidak sabar menunggu serial olahraga Bentang selanjutnya~

Jadi, siapkah kamu untuk mengakui perasaanmu?





Happy Reading!

Love,

-A-
--------------------------------------------------------------------
INTERVIEW WITH CLARA CANCERIANA

Halo.. Sebelum kita mulai giveaway novel Happiness is You Clara Canceriana, kita simak dulu yuk interview singkat yang aku ajukan ke Kak Clara berikut:

Clara Canceriana. Lulusan Sastra Jepang Bina Nusantara beberapa tahun lalu. Penulis berzodiak Cancer ini menyukai karaoke ketimbang olahraga dan berharap suatu hari nanti bisa menonton konser BoA.
Karya sebelumnya yang diterbitkan Bentang Belia adalah Love Storm (duet dengan Fei), Love Disorder, serta sebuah kumpulan untuk serial #CrazyLove: Move On dan PHP.
Sapa Clara di twitter @kura_jjang atau email ke kaniza_16@yahoo.co.id

Psstt.. aku mencoba rayu kak Clara supaya kasih foto selfienya, namun gagal :( maaf ya foto penulisnya gak aku tampilkan. Coba cari di google juga gak ditemukan :'(

Berikut hasil obrolanku dengan Kak Clara:
  
1. Halo kak, kita ngobrol dikit ya mengenai novl terbaru kakak. Happiness is You.
    Kak, ini proyek apaan sih? Apa Bentang ngadain kompetisi di Wattpad? Soalnya ada tagline    
    Penulis terpilih Bella Writing Marathon di Wattpad di cover depan.
"Oh. ini bukan proyek wattpad, ini cuma seri sport gitu dari Bentang. Wattpad itu lain lagi dan masih berlangsung sampai sekarang. Tapi bukan kontes juga. Agak sedikit membingungkan ya.."
2. Wah, iya. Coba jelasin deh kak..
"Proyek ini waktu itu Bentang nawarin soal bikin cerita remaja dengan tema sport tapi bukan yang udah umum kayak basket atau sepak bola. Yang masih minor gitu deh intinya. Mungkin maksudnya sekalian menjelaskan ke ornag-orang kali ya. Awal mulanya gitu, April."
3. Jadi setau kakak ada ebrapa seri olahraga Bentang ini? Ini baru pertamakah?
"Kalau nggak salah ada lima. Tapi gak saling berhubungan. Yang ku tahu ada Dy Lunaly, dya ambil tinju sementara Mbak Elsa ambil parkour. Yang lain kurang tahu. Akupun baru baca punya Dy."
4. Terus kenapa pilih baseball?
"Tadinya ada kayak Rock Climbing, motor Cross gitu yang sempat aku pengen bahas tapi pas habis semedi terus kalau nggak salah inget dikasih wejangan harus olahraga yang ada lapangannya. Jadinya baseball. Mungkin karena sering nonton drama Jepang yang suka ada cuplikan baseball, jadi "sok ngerasa" paham padahal sama sekali nol. Makanya pas bikin plot pun aku harus cari tau dulu soal baseballnya baru bisa bangun plot."
5. Naskah ini sendiri ditulis berapa lama? Riset baseballnya kok kece amat..
"Kalau nggak salah inget, nulisnya mungkin sekitar enam bulanan. Tarulah satu tahun sampai ngerasa lumayan punya nyali buat kasih ke editor. Tapi kalau sama riset dan plot ya satu tahun setengah kali ya.
6. Itu kutipan quotes tentang games yang hadir di setiap awal bab dapat ide darimana?
"Kutipan yang quotes? Aku cari di google kok."
7. Kalau ide ilustrasi tentang baseball yang muncul dalam buku ini, itu ide siapa? Apa jangan-jangan gambar sendiri?
"Ide ilustrasi untuk awal dan akhir dari aku. Tapi dikerjakan oleh tim ilustrasi Bentang. Format tim dan lapangan aku gambar sendiri. Kalau yang lain semua yang lakukan Tim Bentang."
8. Nama karakter Aloy kok unik benar. Diambil darimana?
"Dari nama Santo Santa, Aloysius."
Semoga pertanyaan yang aku berikan sedikit memberikan bocoran ke kalian ya mengenai proses terbentuknya novel ini maupun tentang seri Bentang Sport yang lainnya ^^
------------------------------------------\
GIVEAWAY TIME
 
Oke, gak usah basa-basi lagi ya..


Mau dapetin satu eksemplar novel Happiness is You dan Merch keren gak?
Caranya mudah:

1. Kamu harus berdomisili di Indonesia

2. Follow blog ini via email atau GFC

3. Follow twitter @kura_jjang dan @aprlboanarges, lalu mention kedua twitter tersebut dengan menyertakan hastag #HapinessisYou dan promosikan giveaway ini.

4. Pertanyaan giveaway kali ini mudah, Mention kembali kedua akun : @kura_jjang dan @aprlboanarges dan

post FOTO seseorang atau apapun yang bisa membuatmu bahagia. Kamu juga harus ada di foto tersebut ya. Dan sertakan kenapa hal itu bisa bikin kamu bahagia

Setelah itu, Tinggalkan Data diri kalian di kolom komentar Blog: Nama, Akun twitter dan link share buat memudahkan aku melacak pesertanya.

5. Giveaway ini berlangsung dari tanggal 21 Januari 2017 sampai 25 Januari 2017 pukul 23:59 WIB. Pemenang akan langsung aku umumkan tanggal 26 Januari 2016

Mudah kan?

GOOD LUCK!

34 komentar:

Bety Kusumawardhani said... Reply Comment

Nama: Bety Kusumawardhani
Akun twitter: @bety_19930114
Link share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/822676294076772352?p=v
Link photo: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/822684391088398337?p=v

Unknown said... Reply Comment

Nama: Rohaenah
Akun twitter: @rohaenah1
Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/822696317679869952

Unknown said... Reply Comment

Link poto: https://twitter.com/rohaenah1/status/822697154330275841

Riza Putri Cahyani said... Reply Comment

Nama : Riza Putri Cahyani
Akun twitter : @Zhaa_Riza23
Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/822719795158093824
Link photo : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/822722069825781760

Unknown said... Reply Comment

Nama: Feby Aulia Ayundita
Twitter: @febyaulia316
Link share: https://twitter.com/Febyaulia316/status/822718571704786944
Link photo: https://twitter.com/Febyaulia316/status/822721884680654848

Anonymous said... Reply Comment

Nama : lutfia s.
Twitter : @lutfis15
Link share : https://mobile.twitter.com/lutfis15?p=i

Unknown said... Reply Comment

Nama: Rinita
Twitter: @Rinitavyy
Link share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/822801525953073152?p=v

Intan Novriza Kamala Sari said... Reply Comment

Nama : Intan Novriza Kamala Sari
Akun twitter : @inokari_
Link share info giveaway : https://twitter.com/Inokari_/status/823003000700403713
Link foto happy : https://twitter.com/Inokari_/status/823000409857871873

Wish me luck Kak April :*

Unknown said... Reply Comment

Nama:Siti nihlatul Fuadah
Akun twiter: @nihlafuadah09
Link share :
Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/823197726481391616?s=09

Unknown said... Reply Comment
This comment has been removed by the author.
Unknown said... Reply Comment

Nama:Siti nihlatul Fuadah
Akun twiter: @nihlafuadah09
Link share :
Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/823197726481391616?s=09

Link photo : Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/823200412295565315?s=09

Wish me luck kaka.. :* ouh yh kayaknya ka April dendam deh cari photo shelfi ka clara jadi photo kita deh yg dicari... hehehehheeh.. muach.. cium sayang. :*

Unknown said... Reply Comment

Nama:Siti nihlatul Fuadah
Akun twiter: @nihlafuadah09
Link share :
Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/823197726481391616?s=09

Link photo : Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/823200412295565315?s=09

Wish me luck kaka.. :* ouh yh kayaknya ka April dendam deh cari photo shelfi ka clara jadi photo kita deh yg dicari... hehehehheeh.. muach.. cium sayang. :*

Marfa Umi said... Reply Comment
This comment has been removed by the author.
Insan Gumelar Ciptaning Gusti said... Reply Comment

Nama: insan gumelar ciptaning gusti
Akun: @san_fairydevil
Link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/823237790691258368

Link jawaban: https://twitter.com/san_fairydevil/status/823239625657323520

Unknown said... Reply Comment

Nama : Heni Susanti
Akun twitter : @hensus91
Link share : https://twitter.com/hensus91/status/823326617548288002
Link jawaban : https://twitter.com/hensus91/status/823331159878680577

Anonymous said... Reply Comment

Nama : rumita sari
Akun twitter : @RumitaMita2
Link share : https://twitter.com/RumitaMita2/status/823386460963229700?s=09

Link foto: https://twitter.com/RumitaMita2/status/823388376250216448?s=09

Wish me luck 🎉

Novi Andriyani said... Reply Comment

Nama: Novi Andriyani
Twitter: @nvandryn
Link share: https://twitter.com/nvandryn/status/823390567987974145
Link Pict: https://twitter.com/nvandryn/status/823396034533392385
https://twitter.com/nvandryn/status/823396883632488448

Mifta Rizky Wiratnasari said... Reply Comment

Nama : Mifta Rizky
Twitter : @keyminoz
Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/823404596802371584
Link Pic : https://twitter.com/keyminoz/status/823406158794944512

My Booklicious said... Reply Comment

Nama: Afiyatul Futhona
Twitter: @afi_iput
Link share GA:
https://twitter.com/afi_iput/status/823387372335136768
Link post foto:
https://twitter.com/afi_iput/status/823443427832401920

Unknown said... Reply Comment

Nama: Umi Lailatus Syifaa Daulay
Twitter: @uumilsd
Link GA: https://twitter.com/uumilsd/status/823454757624782850
Link Foto:
https://twitter.com/uumilsd/status/823455616811159552
https://twitter.com/uumilsd/status/823455854594621440
https://twitter.com/uumilsd/status/823456657057296385

Unknown said... Reply Comment

Nama: Lina Ernawati
Twitter: @Linaernaw
Link share:
https://twitter.com/Linaernaw/status/823544434084065280
Link foto:
https://twitter.com/Linaernaw/status/823546186694991874/photo/1

Unknown said... Reply Comment

Nama : Khaerunnisa
Twitter : @NhisaMinoz75
Link Share :
- https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/823639427822026753?p=v

-https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/823645139625091072?p=v

Unknown said... Reply Comment

nama: Visca
twitter: @Visca_Apr
link share: https://twitter.com/Visca_Apr/status/823747428830494720
link photo: https://twitter.com/Visca_Apr/status/823748579290320896

Unknown said... Reply Comment

Nama :Dini Auliana Putri
Twitter :@Dini_Auliana28
Link share : https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/823889926005493761
Link photo : https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/823893517709680640

Ana Bahtera said... Reply Comment

Nama: Ana Bahtera
Twitter: @anabahtera

Link share: https://twitter.com/anabahtera/status/823907351509880832

Link jawaban: https://twitter.com/anabahtera/status/823906855776727041

Kitty said... Reply Comment

Nama: Kitty
Twitter: @womomfey
Link share:
https://twitter.com/WoMomFey/status/824009345985757184

Link photo:
https://twitter.com/WoMomFey/status/824010384784769024

Nhe! said... Reply Comment

Nama : Neni
Twitter : @nhenie
Link Share : https://twitter.com/nhenie/status/824139084352327680
Link foto : https://twitter.com/nhenie/status/824141451156135937

Unknown said... Reply Comment

Nama : A'yuni
Twitter : @Violemine18
Link share : mobile.twitter.com/Violemine18/status/824128659606872064?p=v
Link photo share : https://mobile.twitter.com/Violemine18/status/824142806847524864?p=v

Wish me luck ! :D
Wiih BoA, aku juga suka sama Eonni itu...
Semoga bisa BoA eonni konser di Indonesia juga. :D

Unknown said... Reply Comment

Nama: Selvi
Akun twitter: @selvi_1709
Link share:https://twitter.com/selvi_1709/status/824159979028566017
Link photo: https://twitter.com/selvi_1709/status/824164942219739139

Rizki said... Reply Comment

Nama: Rizki Fitriani
twitter: @Kikii_Rye
link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/824231854974779393
link photo: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/824240479814328320

Holla! said... Reply Comment

nama : Mariatul Rahmi
akun twitter : @mrtlrhmi_
link share : https://mobile.twitter.com/mrtlrhmi_/status/824238230933360644?p=v
link foto : https://mobile.twitter.com/i/web/status/824244612852109313

Ainun Marhamah said... Reply Comment

Nama: Ainun Marhamah
Twitter: @ainunmarhamah
Link: https://twitter.com/ainunmarhamah/status/824258965076750336
https://twitter.com/ainunmarhamah/status/824259295978000384

HAIDAROH SHOLEH said... Reply Comment

Nama: haidaroh sholeh
Twitter: @haidarohsholeh
Link share:https://twitter.com/HaidarohSholeh/status/824258176983896065
Link photo: https://twitter.com/HaidarohSholeh/status/824258673073496067

HAIDAROH SHOLEH said... Reply Comment

Nama: haidaroh sholeh
Twitter: @haidarohsholeh
Link share:https://twitter.com/HaidarohSholeh/status/824258176983896065
Link photo: https://twitter.com/HaidarohSholeh/status/824258673073496067

Blog contents © Book world 2010. Blogger Theme by Nymphont.