[Manual Tour] Review & Giveaway: Mission D'Amour by Francisca Todi

Monday, February 8, 2016

Judul : Mission D'Amour
Penulis : Francisca Todi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 368 halaman
Terbit :Januari, 2016

SINOPSIS

Kehidupan Tara Asten sebagai asisten pribadi Putri Viola—Putri Mahkota Kerajaan Alerva yang supersibuk—selalu penuh tantangan. Namun, Tara tidak pernah menyangka Badan Intelijen Alerva (BIA) akan menjadikannya tersangka utama dalam rencana penyerangan keluarga kerajaan. Dia dimasukkan ke masa percobaan tiga bulan, pekerjaannya terancam tamat!
BIA menugaskan salah satu agen rahasianya, Bastian von Staudt, alias Sebastian Marschall, untuk menyamar menjadi calon pengganti Tara dan menyelidiki wanita itu. Tapi di tengah perjalanan misinya, dia malah jatuh hati pada kepribadian lugu Tara. Bukannya mencari kesalahan Tara, Sebastian malah beberapa kali menolongnya.
Tara yang awalnya membenci pria itu, mulai bimbang dengan perasaannya. Sebastian pun mulai kesulitan mempertahankan penyamarannya.
Tapi, itu sebelum Sebastian mendengar percakapan mencurigakan Tara di telepon. Yang membawa Sebastian pada dua pilihan sulit: misi atau hatinya


------------------------------
REVIEW

Tara Asten bekerja sebagai asisten pribadi Putri Viola di Kerajaan Alvera. Tara lebih dipercayai Putri Viola mengurus segala hal keperluan yang dia butuhkan, termasuk memilihkan gaun apa yang hendak dia gunakan untuk menghadiri pertemuan penting.
Tara Asten bukannya seorang diri bekerja menjadi asisten Putri Viola, dia mempunya seorang rekan kerja bernama Louisa namun justru Tara lah yang lebih sibuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan istana.

Bekerja menjadi asisten pribadi seorang putri kerajaan bukan tanpa alasan, Tara membutuhkan uang untuk membiayai hidupnya. Hidup tidak seperti negri dongeng yang hanya berputar pada mimpi saja. Karena hal itu Tara masih berusaha bekerja sebaik mungkin agar tidak kehilangan pekerjaan satu-satunya yang membiayai kehidupan sehari-harinya.

Pekerjaan Tara sebagai asisten pribadi Putri Viola berjalan mulus, sampai ketika Tara mendapatkan kunjungan yang tidak terduga dari sahabat lamanya -Danni. Danni yang langsung menemui Tara saat dia sedang bekerja melakukan sesuatu yang mengancam pekerjaan Tara di istana. Tara harus menghadapi introgasi pengawal kerajaan karena sikap heroiknya melindungi Danni.

Tekanan yang datang pada Tara seakan belum cukup saat dia menemukan rekan kerja baru di istana. Rekan kerja yang datang untuk mata-matai setiap tindakan yang dilakukan Tara di istana. Rekan Tara tersebut bernama Bastian.
Menjadi agen rahasia, Bastian mempunyai manual buku yang berisi pendoman apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam setiap menjalankan misi yang ada.
Namun, bukannya Bastian menjalankan misi sebagai agen rahasia dalam istana untuk memata-matai Tara, Bastian justru melanggar buku manual agen rahasia tanpa disadarinya.
Lalu, berhasilkah Bastian dalam misinya? Bagaimana nasib Tara?

"Larangan kedua yang pasti tercantum dalam manual buku agen rahasia adalah jangan jatuh cinta. Terutama, kalau wanita itu tersangka nomer satu dalam misimu." (halaman 237) 
 -----------------------------------
Ini adalah kali pertama aku membaca buku yang ditulis oleh Francisca Todi. Nama beliau sebenarnya tidak asing dikalangan pembaca yang gemar membaca buku sepertiku. Penulis sudah pernah menerbitkan karyanya dalam bentuk e-book yang dijual di playstore. Namun aku belum pernah membacanya.

Saat buku ini terbit, aku langsung dibuat penasaran dengan sinopsis yang diberikan. Menggunakan cover depan dengan model seorang agen rahasia merupakan hal lain yang membuatku tambah penasaran. Tidak banyak penulis lokal yang menemukan ide unik dan menerapkannya menjadi tulisan yang menarik untuk dibaca. Namun, Francisca Todi menjadi salah satu dari sedikit penulis tersebut.

Mari kita mulai membahas buku ini secara lebih detail:

Cover. Aku suka sekali dengan pemilihan cover yang digunakan. Benar-benar dapat menarik target pembaca untuk melirik dan penasaran akan buku ini. Ditambah lagi novel ini memiliki halaman yang cukup tebal, jadi kamu akan dimanjakan sedikit lebih lama pada kisah Tara dan Bastian

Cerita. Aku suka banget akan ide yang diberikan. Cerita dengan latar belakang profesi agen rahasia dan ditulis oleh penulis lokal mungkin masih sedikit yang aku temukan. Tema cerita ini memberikan ragam pilihan bacaan baru untuk pembaca. Menggunakan POV satu dengan sudut pandang bergantian Tara dan Bastian tidak membuatku pusing akan perpindahan sudut pandangnya karena penulis memberikan keterangan nama di awal bab.
Aku suka sekali dengan alur cerita secara keseluruhan. Aku dibuat ikut menikmati teka-teki yang ada dalam kisah ini. Aku juga dibuat penasaran akan hal apa yang aku temukan di setiap halamannya. Jika penulis ingin memberikan efek penasaran akan pembacanya, Dia berhasil melakukannya.
Menjelang ending, akh.... aku berpikir, akankah kisah Tara dan Bastian ini dibuat sekuelnya? Kalau iya, mungkin aku menjadi barisan pertama yang menunggu buku kedua itu terbit.

Setting. Setiap setting tempat, waktu, suasana, kejadian dalam novel ini benar-benar rapi ditulis penulis. Semua hal tersebut seakan digambarkan nyata saat aku membacanya. Seperti Kerajaan Alvera. Aku belum pernah mendengar hal itu, namun bisa merasakan kalau kerjaaan tersebut nyata. (Aku belum mengoogling hal ini, btw). Profesi sebagai agen rahasia juga penulis berhasil gambarkan dengan baik.

Tokoh. Jujur saja saat pertama kali baca buku ini di bab awal, aku bingung dengan gender Tara Asten yang diinginkan penulis. Aku sempat bepikir Tara Asten ini merupakan sosok laki-laki. Namun ada percakapan Tara dan Putri Viola yang membicarak mengenai gaun, aku baru ngeh bahwa Tara adalah seorang perempuan.
Mungkin analisisku ini bisa salah. Tapi jika merujuk nama lokal Indonesia, Tara pasti diidentikan sebagai sosok laki-laki.
Tokoh lain yang mencuri perhatian dalam novel ini sudah pasti, Bastian. Menjadi agen rahasia, Dia berhasil memecahkan suatu konflik dengan kemampuannya yang sedikit misterius. Aku langsung jatuh cinta akan tokoh Bastian ini. Oh ya, interaksi Tara dan Bastian juga bagus sekali. Aku menikmati interaksi keduanya.

Typo. Dibalik segala hal yang menarik perhatian aku novel ini, aku menemukan typo didalamnya. Tidak banyak, namaun jika diperbaiki oleh penerbit dicetakan selanjutnya akan menambah nilai sempurna untuk novel ini. Berikut adalah typo yang berhasil aku temukan:

"Aku membelokan topik kembalik ke kejadian...." (halaman 204)
kembalik seharusnya kembali.

Adanya kesalahan keterangan sudut pandang tokoh pada halaman 301. Ditulis Bastian, namun jika dibaca babnya yang menjadi sudut pandang adalah Tara. 

Overall, bacalah buku ini bagi kamu yang mencari bacaan menarik, sederhana dan page turning. Aku sangat menantikan jika sekuel keduanya terbit.





Selamat jatuh cinta sama Bastian!
Hati-hati kamu akan dimata-matainya nanti.

Regards,
APRL
--------------------------------------
GIVEAWAY TIME!

Yey! Selamat datang di Manual Tour: Mission D'Amour by Francisca Todi. Ini adalah rangkaian pembukaan pertama dari Manual Tournya.


Aku bekerjasama dengan Francisca Todi ingin memberikan 1 eks novel ini gratis untuk kamu yang beruntung. Novel akan dikirimkan langsung dari penerbit ya.
Mau ikutan giveawaynya? Caranya gampang banget kok:

1. Kamu harus berdomisili di Indonesia

2. Follow blog ini via email atau GFC

3. Follow akun twitter @ciscatodi dan @aprlboanarges lalu mention kedua akun tersebut dengan mempromosikan giveaway ini menggunakan hastag #MissionDamour

4. Baca Ask Author: Francisca Todi: disini

5. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar dengan menyertakan: Nama, Akun twitter, Domisili dan Link Share, jawaban kamu

"Menurut kamu apa isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan suatu misi?"
6. Giveaway ini berlangsung dari tanggal 8 Febuari - 14 Febuari 2016 pukul 23:59. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 15 Febuari 2016.

7. Giveaway ini tidak dinilai menggunakan sistem random namun dilihat dari semenarik apa jawaban yang masuk. Jadi, jawablah semenarik mungkin ya. ^^ 

Good Luck!

Regrads,
APRL 

38 komentar:

adin dilla said... Reply Comment

hapudin
@adindilla
cirebon
https://mobile.twitter.com/adindilla/status/696653103819436032

isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari adalah:
1. Ketiduran. Bisa lalai dengan tugas utama.
2. Makan berlebihan. Kekenyangan akan membuat tugas menjadi lamban
3. Baper. Apalagi dengan target. Bahaya. Bisa -bisa tidak objektif. Jangan terlibat perasaan dengan target.

Yang kepikiran itu aja. Semoga beruntung dapet novel ciamiknya..

Ms.Nath said... Reply Comment

Nathasya M.S.
@nathasyaMS
Cikarang
https://twitter.com/nathasyaMS/status/696701146056957952

menurut aku, isi buku manual agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan misi adalah:
1. Bocor/Mulut ember. Jangan berikan kode apapun atau menceritakan tentang misimu kepada siapapun tidak peduli seberapa bocornya dirimu, seberapa tidak tahannya engkau untuk bercerita bahkan sedekat apapun hubunganmu dengan orang itu

2. Galau. apalagi karena kekasihmu karena itu bakalan ganggu konsentrasimu dan bikin plin-plan dalam menjalankan strategi

3. Cengeng. Jangan cengeng, kalau emang udah ga kuat lagi menjalankan misimu, lebih baik kamu melambaikan tangan ke kamera dan menyerah saja.

4. Sakit. Jangan sakit kalo lagi ga diperlukan, ya kecuali untuk kebutuhan penyamaran ya bolehlah.

Thank you for the chance to join this giveaway, ga nyangka ada giveawaynya :")

Amre Lisha said... Reply Comment

Nama: Emma
Akun Twitter: @EmmaNoer22
Domisili: Inhu
Link Share: https://mobile.twitter.com/EmmaNoer22/status/696705445302550529?p=v

Pertanyaan:
"Menurut kamu apa isi
manual buku agen rahasia
yang harus dihindari jika
sedang menjalankan suatu
misi?"

Jawaban:
1. Jangan sekali-kali melakukan misi saat perut dalam keadaan lapar.
2. Hindari bawa perasaan as main hati saat bertugas.
3. Hindari membocorkan misi pada orang lain, meskipun orang tersebut bisa dipercaya.
4. Hindari bayaran murah, kalau bisa DP 70% dulu dari total bayaran terus buat surat perjanjian bermaterai. Susah-susah menjalankan misi masa mau saja dapat bayaran murah. :v
5. Hindari dan jangan biarkan keluarga tahu pekerjaan yang sebenarnya.

Enggak ngerti lagi ini mau ngetik apa lagi. Itu aja dulu deh kak. 5 isi buku manual yang harus dihindari. Ngasal banget ini. Haha,

mega widya said... Reply Comment
This comment has been removed by the author.
Amilatun Sakinah said... Reply Comment

Nama, Akun twitter, Domisili dan Link Share, jawaban kamu
Nama: Amilatun Sakinah
Akun Twitter: @amilatunS
Domisili: Yogyakarta
Link Share: https://twitter.com/amilatunS/status/696720185927946240

"Menurut kamu apa isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan suatu misi?"

Jawaban:
Sebagai pehobi film tentang agen juga, saya sering greget kalau agen-agen melakukan beberapa tindakan yang cenderung membahayakan. Itu membuat saya jadi punya aturan seperti ini bagi para agen, hihi:
1. Berpikir bahwa orang-orang tersayang lebih aman berada jauh darimu, agar terhindar dari penyanderaan yang membuat rahasia selama kau menjadi agen terungkap.
2. Minum alkohol dan mabuk.
3. Mudah terbawa emosi. Apalagi kalau menyangkut masalah pribadi.
4. Berkeliaran di antara anak-anak. Sekali dirimu terbongkar identitasnya, anak-anak tidak bisa mudah diam.
5. Membuntuti dengan ceroboh. Jarak tidak boleh terlalu jauh agar tidak kehilangan, tapi terlalu dekat juga bunuh diri namanya.
6. Berpikir bahwa kaumampu melakukan semua hal sendirian. Oh, ayolah, Bung!

Maaf, ya, Kak, banyak. :D
Terimakasih, saya ikut Ga-nya. :)

Zen Ashura said... Reply Comment

Irfan Rizky
@irfansebs
Bogor
https://mobile.twitter.com/irfansebs/status/696910405206089728?p=v

Jawab

10. Jangan kentut sembarangan, latihlah tubuh anda hanya untuk kentut yang berdesis. Resiko bau tak sedap harus anda tanggung sendiri, jangan bagi-bagi.

09. Jangan batuk terlalu keras, minum obh segera, takut Pak Haji datang dan membongkar semua.

08. Jangan tertawa berlebihan, kita harus mengikuti sunnah Rasul

07. Jangan sampai kelewat waktu untuk beribadah. Jangan pernah menggadaikan agama untuk hal lain.

06. Jangan bawa binatang peliharaan, bakal berisik dan merepotkan.

05. Jangan bawa cabe-cabean, idem. Malah repot kalau mereka sampai bonceng tiga, akan menggagalkan penyamaran.
Jangan bawa 'kucing', bahaya kalo tiba-tiba minta dibayarin shopping.

04. Jangan lupa untuk senyum, karena senyum itu ibadah.

03. Jangan lupa minum Aqua, biar bisa fokus bedain yanga mana narji dan sandy shandoro #AdaAQUA? #iklandulu #zenbrandambassadorAQUA

02. Jangan jatuh cinta.

01. Jangan Baper, apalagi sampe joged baper kaya Pak Ahok.

Dera Devalina said... Reply Comment

Nama: Dera Devalina
Akun Twitter: @deradevalina
Domisili: Belinyu, Bangka Belitung
Link Share: https://twitter.com/deradevalina/status/696925704215252992

Menurut aku sih yang utama jangan percaya dengan siapapun bahkan dengan orang yang dekat dengan mu, jangan membocorkan identitas diri apalagi memposting bukti kalo kita sebenarnya agen rahasia, yang ada bisa dipecat lah dari agen rahasia . jangan tunjukkan kelemahan kita ke pihak lawan bisa jadi itu senjata buat diri kita sendiri, kan bisa brabe. Jatuh cinta dengan si target penangkapan (novel di atas) ya kalo si target itu balik suka dengan kita kalo ternyata Cuma pura- pura kan kita ngak tahu… namanya juga agen rahasia bisa jadi kita yang kena perangkap bukannya si target kita.. huf ..balik lagi ke inti yang pertama jangan percaya dengan siapapun.. itu sih yang aku tau dari film – film yang akau tonton sekelas James Bond, Taken dan mission impossible, dll.

nunaalia 79 said... Reply Comment

Nama: Aulia
Twitter: @nunaalia
Domisili: Serang
Link Share: https://twitter.com/nunaalia/status/696905388113817601

Isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan suatu misi:
- Bertindak mencurigakan, seperti berpenampilan dan bersikap terlalu mencolok sehingga menarik perhatian!
- Mabuk, baik itu karena alkohol atau narkoba, bisa nggak selesai penyelidikan bahkan bisa membongkar misi!
- Berhubungan dengan keluarga atau kekasih, karena bisa membahayakan keselamatan mereka
- Jatuh cinta pada target maupun klien, karena bakalan bikin galau

hanum bella said... Reply Comment

Nama : Hanum Bella
Twitter : @Hanumbellaa
Alamat : Sragen, Jawa Tengah
Link :
https://twitter.com/Hanumbellaa/status/696823447238774784


Apa isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan suatu misi?


Ada banyak hal memang yang harus dihindari seorang agen dalam menjalankan suatu misi. Karena dengan menghindari hal-hal tersebut, maka akan berdampak pada keberhasilan seorang agen dalam menjalankan misinya. Berikut salah banyaknya hal-hal yang perlu dihindari :

1. Hindari bertugas saat perut terasa melilit. Entah itu lapar, sakit, ataupun merasa ingin kentut dan pup!

2. Jangan bertugas saat sedang flu! Karena dapat menimbulkan suara --terlebih saat sedang menguntit target-- seperti saat bersin, batuk, atau menyerot ingus. Ew! 😂

3. Hindari bertugas sambil memakai kacamata hitam. Nanti di kira tukang pijit kan berabe urusannya 😂

4. Jangan main hati dan fisik --khususnya target wanita--! Nanti kalo udah baper, repot urusannya 😂 Lebih baik seorang agen mengandalkan akal dan nalar mereka eaak!

5. Jangan jadi agen gampangan! Yang dikit-dikit nyantol sana-sini. Jadilah seorang agen yang berwibawa dan rendah hati. 😊

Kartika Trisna P said... Reply Comment

Nama : Kartika Trisna
twitter : @tikatp
Alamat :Depok, Jawa Barat
Link share : https://twitter.com/tikatp/status/697208912383074304

Menurut saya, isi buku manual yang harus dihindari :

1. Selfie & aktif update status di media sosial (kecuali status palsu untuk mengalihkan & menipu lawan)
Kebiasaan ini membuat agen mudah dilacak baik lokasi maupun kondisi emosionalnya hingga mudah dicari kelemahannya.

2. Merokok
Merokok dapat mengakibatkan napas yang pendek dapat membuat agen cepat lelah & bekerja tidak maksimal. Selain itu, bekas liur di ujung rokok yang dibuang dapat digunakan untuk identifikasi DNA oleh musuh. Target pengamatan yang waspada juga dapat menyadari dirinya diawasi jika melihat orang yang merokok dalam waktu lama disekitarnya. Sebab, orang biasanya merokok saat sedang bosan atau menunggu sesuatu.

3. Terlihat terlalu pendiam atau terlalu banyak bicara.
Terlalu pendiam dapat membuat kesan misterius yang menimbulkan kecurigaan. Terlalu banyak bicara berpotensi membocorkan rahasia.

4. Kerontokan rambut.
Rambut rontok dapat meninggalkan jejak di tempat penyusupan. Terutama jika memiliki fitur rambut yang tidak umum seperti kribo atau rambut merah (ginger), sehingga helaian rambut mudah dikenali siapa pemiliknya bahkan dengan dilihat saja. Rambut juga bisa digunakan untuk identifikasi DNA yang dapat membongkar identitas agen. Jadi, menjaga kesehatan rambut hukumnya wajib bagi agen rahasia :p

5. Batuk & Pilek (flu).
Penyakit ini tidak terlihat serius sehingga agen masih bisa beraktifitas. Namun secara biologis tubuh agen akan mudah haus & refleks minum air lebih banyak daripada saat sehat. Hal ini dapat menjadi kelemahan agen, misalnya jadi sering buang air kecil hingga melewatkan detail pengamatan atau dimanfaatkan musuh untuk menyusupkan zat berbahaya pada cairan yang dikonsumsi.

6. Punya pacar & membangun keterikatan emosional yang nyata dengan target. Ini dapat membuat agen tidak fokus menjalankan misi serta membuat keputusan dan digunakan musuh sebagai kelemahan.

Asri Rahayu MS said... Reply Comment

Nama : Asri Rahayu
twitter : @princessashr
Alamat : Yogyakarta
Link share : https://twitter.com/tikatp/status/697208912383074304

Menurut saya, isi buku manual yang harus dihindari :

1. Makan sampai kekenyangan banget. Jangan sampai kekenyangan, berakibat susah berkonsentrasi pada target.

2. Minum alkohol sampai mabokkkkk. Jangan sampai kalau ini, bisa ilang deh tu target. Kerjaan juga jadi kacau balau

3. Hobi selfie dan tidur dimana aja. Gawattttt, kalau hobi fotoin target dan pura2 selfie sih oke. Tapi kalau hobi selfie dimana aja, dan bikin lupa sama kerjaan sih udah SP3 iniiiihhh.. Tidurrr, gawat bener, kalau doyan tidur di mana aja, alias pelor.. Target bye bye, kerjaan juga bye bye..

4. Baper
Waa.. kalau kerja sama lawan jenis jgn pake hati, pake logika ajah. Tar bisa2 cinta bersemi saat jadi agen.. Pas buat judul ftv. Jadi, kalau nggak pake hati banget2, putus kan ndak sakit banget *co cuitt*

5.Sakit
Kalau bisa diusahakan jangan sampai sakit karena bisa dimanfaatkan musuh buat masukkin apa gitu ke dalam obat, makanan, minuman yg kita konsumsi *syedaaapp*

kiky azza said... Reply Comment

Nama: Kiki
Twitter: @DekKiii25
Domisili: Nganjuk
Link share: https://mobile.twitter.com/DekKiii25/status/697295755401433088?p=v

Menurut kamu apa isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan suatu misi?

Sebagai penyuka berbagai genre novel, aku pun suka novel ini.
Berikut ini daftar manual buku agen rahasia menurut versiku:

1. Selalu mementingkan logika di atas hati. Sebagai agen rahasia dituntut untuk menyampingkan hati karena jika menuruti keinginan hati, maka keadilan/hukum tak bisa ditegakkan. Intinya tidak boleh menggunakan hati ketika bertindak.

2. Berpikir sebelum bertindak. Jika telah direncanakan dengan matang, jika ada kesalahan masih ada plan b, plan c, dst.

3. Peka terhadap situasi. Selalu melihat peristiwa dengan cermat, menyelidiki dengan 5 indra. Mata untuk mengamati, telinga untuk mendapatkan info, hidung untuk mencium aroma yang mencurigakan, mulut untuk mengintrogasi dan tangan, kaki mengikuti kemana pun tersangka, kalau keadaan terdesak bisa adu jotos.

4. Tenang. Semua hal yang dilakukan tenang tentu akan menjadi mudah.

5. Membuang atau pintar menutupi rahasia. Menjadi agen rahasia dituntut untuk tidak memberitahu identitas asli, jadi sebelumnya harus dipersiapkan oleh dirinya sendiri maupun keluarganya agar tak membocorkan. Kalau perlu membuang sesuatu yang sekiranya dapat membocorkan jati dirinya.

6. Jaga kesehatan dan menghindari makanan yang tak bergizi.

7. Selalu waspada dan curiga. Karena semua orang dapat terjadi tersangka. Tidak bisa mengacu pada satu orang saja, bisa jadi orang lain yang menjadi tersangka bahkan terdakwa.

8. Berpikir logis dan tak banyak bicara. Berpikir logis karena nggak ada kebetulan di dunia ini kecuali ada pengecualian tertentu. Dan biasanya ketika sudah banyak bicara maka tanpa sadar akan menguak jati diri.

9. Harus 'Pasti'. Ia harus tegas dalam bertindak. Nggak boleh ada kata mungkin tersangkanya ....

10. Tidak boleh mencurigakan. Menjalankan misi dengan biasa-biasa, anggaplah seperti tidak menjalankan sebuah misi rahasia. Karena gerak gerik mencurigakan dapat menguak jati diri sebenarnya.

Udah itu aja dulu hehehe :)

Tasya said... Reply Comment

Nama : Tasya
Akun twitter : @tasyaamanda95
Domisili : Bandung
Link share : https://twitter.com/tasyaamanda95/status/697312979193188352
1. Tidak boleh percaya kepada siapa pun selain pemberi misi
2. Tidak boleh jatuh cinta
3. Menyelesaikan misi tanpa meninggalkan jejak
4. Menjaga kerahasiaan misi
5. Menyelesaikan misi hingga tuntas

Terima kasih kak April untuk kesempatan GAnya

Mila Rhmatunnisa said... Reply Comment

Nama : Amilah Rahmatunnisa
Akun twitter : @RnMilaa
Domisili : Jakarta Timur
Link Share : https://twitter.com/RnMilaa/status/697369282909437952
Follow blog via GFC ; Mila Rhmatunnisa

jawaban kamu ;

1. Jangan Jatuh Cinta
Ya sebaiknya agen rahasia memang harus mengesampingkan urusan pribadi saat bertugas. Tapi bukankah agen rahasia juga manusia? Mereka memiliki hati untuk bisa merasakan cinta. Cinta bisa datang kapan dan dimana saja tanpa kita sadari. Jika seorang agen mencintai target utamanya. Menurutku ada dua hal yang harus dipilih sang agen. Bisa tugas pentingnya atau orang yang dicintainya? Pilihan yang sulit? Memang tapi itulah konsekuensi jadi agen rahasia. Jika kau tidak bisa mengendalikan pikiranmu dengan baik. Maka, cinta aka menjebakmu.

2. Jangan Percaya Pada Siapapun
Jangan pernah percaya dengan siapapun yang kamu temui saat sedang melakukan sebuah misi. Karena apa? Musuhmu bisa saja menyamar menjadi orang-orang disekitar seperti ; Polisi, pejalan kaki, penjual ataupun menyamar menjadi wanita. Bahkan sepertinya kau juga harus waspada pada orang terkasih. Seperti dalam film “ My Girlfiend is An Agent atau My Wife is Gangster” . Percayalah pada instingmu. Bukahkah kalau sudah menjadi agent berarti sudah dianggap cerdas dan berpikir kritis? Seperti nasehat Sun Tzu
. “Kenali dirimu sendiri, dan kenali pula musuhmu. Niscaya dalam 100 pertempuran akan ada 100 kali kemenangan.”

3. Tidak makan dan tidak minum sebelum atau selama menjalankan misi dan jangan coba-coba memakai barang haram seperti nakoba.minuman keras.
Walaupun ini memang hal kecil tapi dampaknya sangatlah besar. Jangan pernah meremehkan hal-hal yang kecil. Menjalankan misi tanpa makan dan minum adalah hal yang bodoh yang pernah dilakukan oleh agent rahasia. Semua orang perlu energi untuk memulai suatu pekerjaan berat. Bagaimana kalau sedang dalam situsi genting. Semisal sedang mengejar musuh tapi malah pingsan di jalan karena belum makan. Atau memakai narkoba dan mabuk saat menjalankan misi. Bagaimana bila nanti tidak bisa membedakan mana musuh mana teman? Gawat bisa berabe urusannya. Aku yakin agent rahasia tidak akan pernah melakukan hal konyol seperti itu. Karena bisa membahayakan dirinya sendiri.

4. Menyerah

Bagi seorang agent Janganlah memiliki mental yang lemah dan mudah menyerah terhadap musuh atau keadaan. Gunakan otakmu untuk mencari solusi dan membalikkan keadaan. Menjadi Agent itu haruslah cerdas dan memiliki jiwa yang haus akan kemenangan. Jangan karena kalah satu langkah saja dari musuh, sudah ingin mundur? Satu kekalahan akan membuat seribu kemenangan nantinnya. Bukankah kegagalan adalah kunci kesuksesan. Taklukan semua musuhmu. Jangan jadi pengecut dan berjuanglah terus untuk mencapai apa yang kau inginkan.

5. Jangan mementingkan diri sendiri
Segalanya akan lebih mudah jika kita bekerja secara team. Selain pekerjaan kita lebih gampang juga kita merasa lebih aman karena ada rekan yang menjaga kita dari belakang. Kerja team merupakan hal sangat penting bagi seorang Spy. Jangan ketika rekan kita di tawan musuh, kita malah pergi dan meninggalkannya. Bukankah itu tindakan pengecut? Berlakulah seperti layaknya seorang teman. Selamatkanlah dia dan sama-sama melawan musuh. 2 orang lebih baik daripada 1 orang . Dalam sebuah organisasi sebuah kelompok haruslah bekerja sama untuk memecahkan suatu kasus. Sama halnya dengan agent rahasia. Tanpa teman dan team yang membantu. Pekerjaan SPY akan sangat sulit. Kita perlu menyebar beberapa orang ke segala titik dan berkomunikasi dengan mereka. Jangan mementingkan dirimu sendiri. Karena sesungguhnya kemenangan bersama adalah yang paling membahagiakan 

Wish Me Luck kak April ^^

Eyis yis said... Reply Comment

Nama: Eris Andriani
Twitter: @RizAnNie88
Domisili: Kota Batu Jatim
Link share:https://twitter.com/RizAnNie88/status/697403775661797376
Jawaban:

1. Jangan sampai membocorkan misi dan membocorkan siapa yg menyuruh kamu untuk melakukan misi itu. Walaupun tertangkap oleh musuh namun rahasia ini harus tetap aman. Pilihannya hanya mengatakan pada musuh dan mati sebagai penghianat atau mati menjaga rahasia tetap aman tapi sebagai agen rahasia yg setia pada tugas yg di percayakan padanya.

2. Hindari jatuh cinta. Sekuat apapun agen rahasia pasti akan lemah terhadap cinta. Hal ini bisa membahayakan, entah itu membahayakan misi, atasannya, bahkan dirinya sendiri.

3. Jangan terlalu emosi dalam bertindak dan tetap mengontrol ego. Karena hal ini hanya akan menimbulkan kecerobohan yg bisa mengganggu jalannya misi.

4. Tidak melakukan hal.hal yg ilegal atau melakukan hal yg melanggar hukum. Karena hal ini akan memicu masalah dengan aparat polisi yg bisa mengganggu jalannya misi.

5. Tidak memberi tau siapapun bahwa kamu adalah agen rahasia.

6. Jangan pernah lengah dan harus tetap waspada kepada orang.orang yg baik dengan kamu. Karena mungkin mereka lebih tau tentang kamu daripada apa yg kamu ketahui tentang mereka.

Mungkin ini aja sih menurut ku hehe.
Sekian terima kasih.....

Kiki Suarni said... Reply Comment

Nama: Kiki Suarni
Twitter: @Kimol12
Kota: Batubara
Link:https://mobile.twitter.com/Kimol12/status/697520386372599808

Jawaban:

1. Jangan berpenampilan mencolok kalo lagi nyamar. Iya dong, biar kagak ketauan.
2. Jangan mudah percaya ama orang. Ntr bisa bocor tuh rahasia.
3. Jangan terlalu pede saat melakukan misi. Yup, ntr kalo terlalu pede jadi lengah. Nanti malah kemakan musuh.
4. Jangan jatuh cinta sama target. Yah, pastinya galau entar.

Well, itu dia isi manual agen yang aku dapetin dari hasil nonton film SPY. Tuh film seru dan kocak, so i hope my answer can help all agents in the world hihi...

Terima kasih.

Dedul Faithful said... Reply Comment

Nama: Dede Abdul Hamid (Dedul Faithful)
Alamat: Bandung
Twitter: @dedulfaithful
Link Share: https://twitter.com/dedulfaithful/status/697624444903116801
Jawaban:

1. Tidak boleh berpacaran dengan target, menaruh hati boleh saja sih asal jangan ketahuan.
2. Tidak boleh makan banyak-banyak setiap hari, takut gak fokus nantinya pas kerja.

Tyaseta Sardjono said... Reply Comment

Nama : Tyaseta Rabita Nugraeni Sardjono, Akun twitter : @guru5seni8, Domisili : Depok
Link share : https://twitter.com/guru5seni8/status/697678764507959297
isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan suatu misi :
1. Membuka identitas nama, tempat tinggal, misi serta membuka data alias bocor baik itu informasi baik ataupun informasi buruk dari klien yang ditangani
2. Melanggar aturan
3. Berpikir satu arah, misalnya ada misi menyelesaikan masalah keluarga namun yang dilihat hanya dari sisi anak yang salah dengan sistem otoritas orang tua serta nanti kalau jadi orang tua akan mengerti
4. Menggunakan kepentingan pribadi dengan dibiayai pemerintah
5. Hubungan asmara dengan klien
6. Mencoba apa yang tidak diketahui dan saat bingung tidak direkomendasi ke agen yang lebih ahli atau ke instansi lain yang berpengalaman, misalnya langsung lempar ke dokter jiwa
7. Materialistis
8. Miras dan obat obatan terlarang
9. Melakukan seks bebas, apalagi melakukan LGBT
10.Mendiamkan saat ada orang susah
11.Melarang orang buat mengeluh
12.Makan sembarangan
13.Hanya menerima aduan/pertanyaan tanpa mau mengetahui keadaan yang sebenarnya lalu merasa lebih tahu sehingga menjadi seperti Tuhan

Diddy Syaputra said... Reply Comment

1. Mencinta, tapi harus dicinta

Ketika menjalankan suatu misi memang sudah perkara wajib untuk mengenyampingkan masalah pribadi yang berkaitan dengan percintaan. Karena di saat yang sama kita juga akan dilanda kebimbangan, antara memilih mencapai misi atau percintaan. Poin ini tidak hanya diberlakukan bagi seorang agen rahasia di tempat berlangsungnya misi. Tapi juga hendaknya diberlakukan di manapun dan kapanpun. Jika sebelumnya memiliki hubungan (percintaan di luar tempat berlangsungnya misi) ada baiknya diakhiri terlebih dahulu. Karena akan membahayakan pencapaian misi seorang agen rahasia, juga orang yang dicintainya. Yap, memang sangat sulit. Tapi itulah konsekuensi bagi seorang agen rahasia.

Namun, jika tadi seorang agen rahasia harus menghindari "Mencinta," sebaliknya seorang agen rahasia harus "dicinta" oleh semua kalangan. Bahkan jika perlu seseorang (musuh) yang menjadi target utama agen tersebut, terlebih jika dia seorang wanita. Jika itu terjadi, maka akan memudahkan sang agen masuk ke dalam kepribadiannya dan gerbang awal kemenangan pun telah berhasil dibuka. ;D

2. Tidak fokus terhadap misi

Menjalankan misi dengan banyaknya beban pikiran akan menjerumuskan seorang agen rahasia berikut misinya. Untuk itu, poin pertama merupakan prinsip awal yang harus dipatuhi. Karena dalam menjalankan misi tidak boleh ada pikiran-pikiran yang membebani termasuk urusan pribadi dalam hal ini percintaan.

Dan sebelum menjalankan misi, alangkah bijak jika target yang dicapai ditetapkan di satu titik saja, agar kefokusan pencapaian tidak terganggu.

3. Jangan mengekspos jati diri secara frontal dengan siapapun

Ketika menjadi agen rahasia, jangan pernah mengekspos jati diri, meskipun pada saat yang sama di tempat berlangsungnya misi hal tersebut diperlukan untuk pencapaian misi. Karena akan memudahkan seseorang yang menjadi target untuk bersiap membentengi dirinya dan memudahkannya masuk ke dalam kepribadian seorang agen rahasia serta mencelakakan orang-orang terdekatnya.

4. Jangan mempercayakan rahasia misi dengan siapapun, termasuk orang-orang terdekat (keluarga)

Karena target utama untuk mengetahui misi seorang agen rahasia setelah jati dirinya telah terekspos adalah keluarga.

5. Selama menjalankan misi, jangan pernah berkomunikasi dengan keluarga, meskipun hanya melalui telepon atau medsos.

Tidak hanya menjaga agar keluarga tidak menjadi sasaran musuh. Poin ini juga diperlukan agar seorang agen rahasia tidak terbebani dengan kabar-kabar yang disampaikan keluarga.

6. Jangan mudah terpancing emosi

Kontrol emosi, meskipun pada saat itu seorang agen rahasia berada pada posisi yang tidak menguntungkan. Karena emosi akan memicu munculnya masalah-masalah baru. Keep Calm !!!

7. Jangan terburu-buru dalam menjalankan misi

Seringkali seorang agen rahasia mengalami kegagalan karena terburu-buru dalam pencapaian misi, terlalu terobsesi untuk menuntaskannya. Padahal perlu diketahui, pencapaian misi tidak akan tercapai secara sempurna jika dicapai dengan terburu. Lakukan selangkah demi selangkah.

8. Jangan beri peluang musuh untuk mengendus keberadaanmu

Selain tidak mengekspos jati diri secara frontal, seorang agen rahasia juga tidak boleh teledor (lalai) hingga memudahkan musuh mengendus keberadaannya. Untuk itu, segala sesuatu yang berkaitan dengan misi hendaknya tidak ditempatkan di tempat yang memudahkan orang-orang mengetahuinya.

9. Jangan pernah terpengaruh oleh suasana

Pada saat menjalankan misi jangan pernah terpengaruh oleh suasana. Karena bisa saja itu hanya jebakan. Maka dari itu, tetap waspada dengan suasana sekitar, sebab kejahatan tidak akan pernah membiarkan kebaikan menang begitu saja.

10. Tidak peka dengan lingkungan sekitar

Sebagai seorang agen rahasia yang tentunya cerdas dan kritis juga harus peka dengan lingkungan sekitar. Karena lingkunganlah yang pertamakali akan memudahkan pencapaian misi. Untuk itu, gunakan feeling dan insting secara benar.

Diddy Syaputra said... Reply Comment
This comment has been removed by the author.
Diddy Syaputra said... Reply Comment

Sedikitnya, 10 poin di ataslah isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari dalam menjalankan dan mensukseskan misi rahasia. Untuk poin pendukung seperti jangan mengonsumsi miras, makan-minum sembarangan, dll itu memang harus mengakar dalam kepribadian seorang agen rahasia.

Nama: Didi Syaputra
Twitter: @DiddySyaputra
Domisili: Tembilahan, Riau
Link Share: https://mobile.twitter.com/DiddySyaputra/status/696859217106370560?p=v

Terima kasih!

NB: Sorry Kak Prill. Data dirinya belakangan. Karena tadi gak muat. Jadi harus di-delete dulu. Maklum Via Hp ;D

Noer Anggadila said... Reply Comment

Nama: Noer Anggadila
Akun twitter: @noeranggadila
Domisili: Probolinggo
Link Share: https://twitter.com/NoerAnggadila/status/697832305964879872
jawaban:
1. Mudah baper, karena bisa jadi tersangkanya adalah orang yang ada sangkut pautnya dengan kita di masa lalu, tertama tentang masalah perasaan.
2. Mudah luluh, kali aja tersangka adalah orang yang sangat ia percaya dulunya, namun bagaimanapun jika ia buronan harus ditangkap.
3. Bikin baper, awal yang bisa memperpanjang masalah.

Fabiola Izdihar said... Reply Comment

Nama: Lala
Akun Twitter: @fazidaa_
Domisili: Jakarta Timur
Link Share: https://mobile.twitter.com/fazidaa_/status/697820200805076992
Jawaban:

Beberapa peraturan terinspirasi dari film Kingsman: The Secret Service. ;D

1. Percaya kepada Siapapun

Di dunia agen rahasia, siapa pun bisa menjadi penyusup, sekali pun itu atasan kamu sendiri. Mudah percaya kepada siapa pun akan membuat kamu lengah, padahal sebenarnya mereka sedang diam-diam menyusun rencana untuk menyingkirkanmu. Percaya boleh untuk menjaga hubungan, tetapi yang namanya penyelidikan harus tetap ada. Selidiki dulu latar belakang orang yang berusaha mendekatimu. Karena biasanya yang paling getol, dia-lah yang menginginkan sesuaru darimu. Lebih baik percaya kepada diri sendiri, karena hanya kamu-lah yang mengetahui apa yang sebenarnya kamu pikirkan dan rasakan.

2. Membocorkan Rahasia

Dalam situasi apa pun, apa lagi diancam oleh musuh, seorang agen rahasia dituntut untuk tetap menyimpan rahasia perusahaan untuk dirinya sendiri, bahkan di film-film kalau perlu dipertahankan sampai mati. Kerahasiaan agen dan para petinggi-nya diperlukan sekali untuk kelancaran pekerjaan. Kalau takut tidak bisa menutup mulut? Berarti kamu bukan agen rahasia yang sebenarnya. Namanya agen rahasia, ya mau awal atau pun akhirnya harus tetap menjadi rahasia.

3. Overacting

Semua yang berlebihan tidaklah baik, terlebih lagi dalam bertindak. Saat menjalankan misi, ada baiknya berperilaku hal yang normal-normal saja. Saat berusaha mendekati target juga jangan sampai membuat tindakan yang berlebihan, yang membuat kamu pantas dicurigai. Melakukan tindakan aneh-aneh juga membuat kamu mendapat sorotan orang-orang. Bisa-bisa tindakan kelewat semangatmu itu malah akan mengantarkan dirimu ke jurang yang dalam.

Fabiola Izdihar said... Reply Comment

4. Memperlihatkan Ketakutan

Memang sih, agen rahasia itu juga manusia. Tapi kalau boleh dibilang, mereka level-nya lebih tinggi dibandingkan orang biasa, entah itu kemampuan bela dirinya, intelegensi-nya, bahkan kemampuan mengolah katanya. Disini rasa kemanusiaan bagi para agen tidak bisa ditolerir. Agen diharuskan untuk bersikap berani menghadapi tantangan apa pun, meski itu mengancam nyawanya sendiri. Terlibat baku tembak, menciptakan perkelahian sengit dengan musuh, atau pun menghadapi ketakutan terbesarnya terhadap sesuatu, mau tidak mau harus mereka jalani. Apa lagi mengambil langkah berani untuk menyelamatkan kawan sesama agen rahasia. Tentu akan diganjar penghargaan besar. Sekali lagi, agen rahasia itu orang-orang terpilih yang mampu menelan rasa takutnya.

5. Bertindak Gegabah Tanpa Komando

Terkadang karena sudah merasa jago dan paling kuat, agen rahasia tidak segan-segan untuk improvisasi saat menjalankan misi. Kalau improvisasi-nya berhasil dan dilakukan saat rencana A-Z tidak berhasil, itu keberuntungan yang harus disyukuri. Tapi kalau improvisasi tanpa pertimbangan matang-matang padahal belum mencoba rencana A-Z, jangan harap pulang-pulang akan mendapat plakat. Karena bagaimana pun juga, rencana yang disusun sebelumnya sudah dipikirkan dan dipertimbangkan matang-matang. Kalau tiba-tiba diutak-atik, bisa-bisa status agen rahasia kamu langsung dicabut.

6. Tindakan Disponsori oleh Perasaan

Semua manusia memang punya emosi, tapi kalau emosi sudah mengendalikan kita, akal sehat tidak lagi diperlukan. Sedikit jahat ya, tetapi memang realita-nya, agen rahasia itu tidak boleh mudah berbelas kasihan terhadap target, karena bisa saja itu hanya tipuan, dan misi yang sudah disusun hancur seketika karena rasa kepedulian sang agen yang kelewat tinggi. Agen juga tidak boleh terlalu terbawa emosi, karena apa pun yang dilakukan atas dasar emosi, biasanya hanya berakhir memalukan. Agen rahasia dituntut untuk bisa menjaga emosi-nya agar tetap stabil meski banyak yang memancing amarahnya untuk meledak-ledak. Bagaimana dengan menangis? Menangis memang terkadang bisa membuat orang lebih kuat seusai melakukannya, tapi dalam misi, menangis itu sangat dilarang. Kenapa? Karena akan membuat agen terlihat lemah dan lebih mudah dipengaruhi. Agen rahasia itu harus tetap tenang dalam menghadapi situasi apa pun, agar kontrol tubuhnya, sepenuhnya dipegang oleh otak, bukan perasaan.

Last but not least,

7. Jatuh Cinta kepada Target

Sekalinya "memendam rasa" dalam bentuk apa pun--cinta, kekaguman, rasa persahabatan--terhadap orang yang seharusnya kamu mata-matai lalu kamu hancurkan, dijamin, semua usahamu akan bubar! Kamu malah akan melindungi targetmu sendiri, lama-lama rasa cinta itu akan melemahkanmu dari tujuan yang seharusnya. Kamu akan denial setiap mendapat bukti baru, kamu akan membela target habis-habisan. Dan mungkin, ujung-ujungnya kamu yang akan kena sial. Coba lihat film 22 Jump Street. Kalau contoh bagusnya, sih, The Fast and The Furious. Kamu akan mendapat "cinta" (itu juga kalau diterima), tapi akan kehilangan pekerjaan.

Bagaimana, siapkah kamu untuk menjadi seorang agen rahasia?

Kitty said... Reply Comment

Nama: Kitty
Akun twitter: @womomfey
Domisili: Jakarta
Link Share: https://twitter.com/WoMomFey/status/697907498615877632

"Menurut kamu apa isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan suatu misi?"

1. Jatuh Cinta dengan target
>> Apa pun yang terjadi, seorang agen rahasia seharusnya memang tidak jatuh cinta dengan targetnya. Karena kalau sudah sampai jatuh cinta dan terbawa perasaan, segala sesuatu mengenai si target yang seharusnya dipandang secara logis dan objektif akhirnya malah bias. Kebanyakan agen rahasia justru akhirnya gagal total dalam misinya karena melanggar aturan utama ini.

2. Tampil terlalu menyolok/berlebihan
>> seorang agen rahasia seharusnya tampil sesederhana mungkin & low profile agar tidak menimbulkan kecurigaan sekitarnya. Biasanya saking low profilenya, kebanyakan agen rahasia justru sukses diacuhkan oleh lingkungannya dan hal ini yang akan membuatnya semakin mudah menyelinap kemana pun tanpa khawatir akan penyamarannya yang mungkin terbongkar.

3. Memberikan kepercayaan penuh kepada orang lain
>> Trust no one! Ini termasuk aturan dasar seorang agen rahasia. Bagaimana mungkin ia bisa mencari tahu rahasia target jika ia pun akhirnya mudah mempercayai orang lain? Seorang agen rahasia dituntut untuk selalu mencurigai siapa pun yang ada disekitarnya. Hal ini akan membantunya untuk terus berpikir kritis dan logis. Ia juga akan terhindar dari membuka kehidupan pribadinya kepada orang lain.

4. Penuh keragu-raguan dan mudah gentar
Wah! Kalau seseorang selalu diliputi keragu-raguan dan mudah gentar, bisa dipastikan ia tidak akan pernah lolos sebagai seorang agen rahasia! Seorang agen rahasia yang baik tidak akan pernah merasa ragu akan keputusan yang harus dia ambil dalam menjalankan misinya. Ia juga tidak boleh gentar menghadapi apapun yang terjadi.

5. Membocorkan rahasia kepada siapapun
>> Apapun situasi dan kondisi yang dihadapi si agen rahasia, ia 'diharamkan' membocorkan rahasia misi yang diembannya kepada siapapun, termasuk kepada orang terdekatnya sekalipun! Itu sebabnya kebanyakan agen rahasia yang baik justru adalah orang yang sudah tidak punya keluarga/sanak saudara lagi dan memiliki sifat anti-social sehingga terhindar dari kedekatan dengan orang lain. Bahkan sekalipun nyawanya menjadi taruhan, seorang agen rahasia juga harus dapat menahan diri dari membocorkan misi rahasianya.

6. Tipe yang dibenci orang lain
>> sekalipun seorang agen rahasia sebaiknya tidak jatuh cinta kepada siapa pun, terutama kepada targetnya, adalah hal yang sangat menguntungkan jika ia termasuk tipe yang mudah membuat orang lain jatuh hati kepadanya. Hal ini akan membuatnya dengan mudah mingle dan mudah mendapatkan simpati dan bantuan dari orang sekitarnya demi tercapainya misi rahasia yang diembannya. Ingat! Harus menghindari jatuh cinta namun harus mudah dicintai orang lain!

7. Lebih menghargai nyawanya sendiri ketimbang misi rahasia yang diembannya
>> It's a big no no! Seorang agen rahasia yang baik haruslah menjunjung misi rahasianya diatas apapun juga, termasuk diatas nyawanya sendiri! Ia akan berusaha mati-matian melindungi misi rahasianya, apapun tantangan yang harus dia hadapi. Istilah kasarnya, seseorang yang tidak sayang nyawa sendiri adalah kandidat yang tepat untuk emnjadi seorang agen rahasia yang baik. Dengan begitu, akan dapat dipastikan bahwa misi rahasia aman ditangannya.

Eka Sasie said... Reply Comment

Nama: Eka Sasining Putri
Akun twitter: @cha_ichie
Domisili: Kediri Jawa Timur
Link share: https://twitter.com/cha_ichie/status/698077022799572992

Isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan suatu misi:
1. Jatuh cinta. Tidak peduli itu pada beda atau sesama jenis, pada bocah atau orang tua, pada makhluk hidup atau makhluk tak hidup; pokoknya jangan punya ketertarikan apapun pada siapapun selain pada target misi.
2. Percaya pada orang lain. Percaya berarti menunjukkan kelemahan dan kekuranganmu. Jadi, hanya yakini dirimu sendiri dan apa yang harus kamu lakukan untuk menyukseskan misi.
3. Menunjukkan emosi, ekspresi, dan segala hal berkenaan dengan apa yang kamu rasakan dan pikirkan.
4. Menunjukkan kebutuhan yang kuat terhadap keluarga dan teman.
5. Bertingkah kalau kamu 'memang' dalam sebuah tugas.
6. Masih kesulitan mengatasi kebutuhan biologis seperti seks.
7. Tidak tega pada orang-orang terdekat yang secara kebetulan bersinggungan dengan misi.
8. Menyerah.

Veny Prasetyowati said... Reply Comment

Nama : Veny
Twitter : @yutakaNoYuki
Domisili : Balikpapan
Link share : https://twitter.com/yutakaNoYuki/status/698132989645983745

Hal yang harus dihindari di dalam peraturan Manual Book agen rahasia adalah :

- Mudah mengantuk, jangan sampai agen rahasia mudah ngantuk, karena bisa hilang target dan susah untuk konsentrasi
- Gampang lapar, kalau sampai agen rahasia gampang lapar bisa-bisa gak konsen pas ngerjain tugas
- Gak update teknologi, agen rahasia itu musti, wajib, kudu ikutin teknologi apa aja yang terbaru biar kudet
- Gak suka membaca, agen rahasia biar pintar penyamaran harus punya banyak ilmu dan rajin membaca buku apa aja

Yanti Nurhida99 said... Reply Comment

Nama : Nurhidayanti
twitter : @CallMe_Yanti
Kota Tinggal : Martapura, Kal-Sel
Link share :
https://mobile.twitter.com/CallMe_Yanti/status/698150529063464960?p=v


Isi manual buku agen Rahasia Bastian VonStaudt yang harus dihindari jika menjalankan suatu misi , kira-kira begini isinya :
1. Agen dilarang keras untuk terlibat hubungan pribadi apalagi jatuh cinta pada pelaku utama/ target yang dicurigai sebagai tersangka dari kasus yang sedang dia tangani/ orang yang sedang dia mata-matai.
2. Agen harus menjaga kerahasiaan misinya dan jangan pernah membocorkan misi kepada siapapun juga.
3. Menuduh seseorang tanpa bukti yang kuat dan cukup dan selalu menerapkan asas praduga tak bersalah.
4. Tidak boleh melakukan interogasi berlebihan apalagi melakukan kekerasan kepada orang lain yang dicurigai sebagai tersangka dalam kasus yang ditanganinya.
5. Penyamaran tidak boleh sampai terbongkar dan harus selalu bersikap hati-hati.

hoshinotika said... Reply Comment

Kartika
Twitter: @hoshinotika
Cirebon
Link share:
https://twitter.com/hoshinotika/status/698178377891483648

Hmm... isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan suatu misi, ya?
Oke, mungkin Bastian sudah mempelajari lengkap setiap poin dalam buku tersebut.
Jadi, aku akan menambahkan SATU poin yang mungkin terlewat oleh si penulis buku manual tersebut, yang membuat Bastian galau harus melanjutkan misi atau mengikuti kata hatinya.
Yaitu, KEPO! atau rasa ingin tahu yang berlebihan, saking lebay nya sampe ga muat ditampung di otak dan akhirnya menghasilkan tindak ceroboh.
Berlandaskan tugas sebagai seorang agen rahasia, mengetahui detail dari seorang target adalah kewajiban. banyak orang mengatakan "Jika kau ingin menang dalam pertempuran, pelajari dulu medan perangnya." atau begitulah bunyinya kurang lebih xD
Tapi karena alasan tersebut, Bastian jadi selalu ingin tahu segala hal tentang targetnya, seperti apa latar belakangnya, apa alasannya melakukan hal ini dan itu, dan dia tidak akan pernah merasa puas jika belum menemukan jawaban yang dia rasa tidak sesuai. Sampai pada akhirnya, "pengetahuan luas"nya itu malah menjadi bumerang bagi pekerjaannya. Dia bahkan melibatkan hati dalam kasusnya!
Jadi aku berpikir, KEPO adalah poin utama yang harus ada pada buku manual agen rahasia sebagai hal yang harus dihindari saat menjalankan misi~ xD

esti yuliastri said... Reply Comment

Esti
@estiyuliastri
Mojokerto
https://twitter.com/estiyuliastri/status/698392922962563072

1. Hindari menjalankan misi tanpa menguasai ilmu beladiri yg cukup. Hal ini penting untuk melindungi diri dari serangan fisik yg tidak diinginkan.
2. Hindari melakukan misi tanpa strategi yg matang. Selalu siapkan plan B dan C, apabila plan A gagal.
3. Hindari meninggalkan jejak apapun pada tubuh tersangka, benda/barang, lokasi pengintaian serta TKP.
4. Hindari menjalankan misi tanpa membawa peralatan pelindung diri (pistol, jaket anti peluru, kacamata, sarung tangan); peralatan komunikasi (handy talky, ponsel); dan peralatan dokumentasi (kamera, perekam suara)
5. Hindari pulang dengan tangan kosong, tanpa hasil apapun.

SELAMAT MENJALANKAN MISI!

Aya Murning said... Reply Comment

Nama: Aya Murning
Twitter: @murniaya
Domisili: Palembang
Link share: https://twitter.com/murniaya/status/698512583158923265

TIAP AGEN RAHASIA DILARANG UNTUK:

1). Melakukan transaksi atas pembelian apa pun dengan menggunakan credit card atau visa. Itu akan menyebabkan kita mudah dilacak untuk pengejaran jika wajah kita sempat tertangkap CCTV di sebuah kasir.

2). Membocorkan atau keceplosan tentang nama asli, alamat rumah, nama anggota keluarga dan di mana mereka tinggal. Jika ada target yang dendam, maka ia akan mengincar orang-orang yang kita sayangi seperti orangtua, saudara, anak, suami/istri sebagai sandera untuk membuat kita menyerah.

3). Berkhianat dengan menjadi antek-antek musuh, kecuali dalam misi penyamaran dan mata-mata.

4). Memberi tahu nama rekan lainnya, memberi informasi tentang instansi di mana dan kepada siapa kita bekerja. Lebih baik mati daripada harus membocorkan rahasia itu karena sekali pun kita sudah memberi tahu, kita akan tetap dihabisi setelah itu.

5). Tidak tega terhadap musuh, even worse jatuh cinta pada teget yang sedang diincar. What the hell are you doing right now? To work or to find a lover?

6). Memberi tahu keluarga dan teman dekat tentang pekerjaan sebagai agen rahasia yang sedang dijalani. We can't trust anyone, even it's our own family and bestfriend. We can't guarantee that they will never ever spit it out.

7). Mematikan seluruh alat komunikasi. Itu akan mempersulit atasan atau rekan sejawat jika ingin memberi protokol atau komando kapan pun dibutuhkan.

8). Mengubungi keluarga, pacar, teman atau yang lainnya yang tidak punya kepentingan dalam misi yang sedang dijalankan. Kemugkinan besar tiap komunikasi yang kita lakukan telah disadap oleh musuh dan orang yang dihubungi itu akan dalam keadaan berbahaya.

9). Mengakses internet tanpa anonymously or/and securely. You know, there are so many IT experts who work for it, included with the opponent's team.

10). Ragu-ragu. We have to be brave to take risks, make decisions quickly and stick by them.

Dian Maharani said... Reply Comment

Nama: Dian Maharani
Akun Twitter: @realdianmrani93
Domisili: Kota Bengkulu
Link Share: https://twitter.com/realdianmrani93/status/698566059251601408?s=09
Jawaban:

Isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan suatu misi adalah JATUH CINTA, karena JATUH CINTA dapat menyebabkan ...
1. Bawa perasaan, baik suka maupun duka :p
2. Galau, mau bilang sayang tapi bukan patjaaar~
3. Kepo, dari bangun sampe tidur lagi :v
4. Salah tingkah, maunya introgasi rencana penyerangan kerajaan, eh jadinya introgasi rencana masa depan XD
5. Salah arah, maunya bawa target ke penjara, eh jadinya ke taman ria >_<

Nova Indah Putri Lubis said... Reply Comment

Nama : Nova Indah Putri Lubis
Twitter : @n0v4ip
Domisili : Medan
Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/698621525520285696

"Menurut kamu apa isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan suatu misi?"

Main hati. Itu merupakan satu hal yang paling fatal yang harus dihindari jika sedang menjalankan misi. Karena jika kita sudah menjalankan misi, kita haru kebal dari apapun termasuk menjadi manusia super dingin agar misi berhasil tapi jika saat menjalankan misi kita main hati -kalo istilah anak jaman sekarang baper- maka kemungkinan kegagalan misi 100%. Jika kita jatuh cinta pada musuh, tidak tega menyakiti seorang nenek tua padahal dialah otak semuanya, itu bisa menghancurkan misi. Itu sebabnya Bourne tidk punya perasan agar misi berjalan sukses, tpi ya namanya manusia, sedingin apapun, pasti masih terbersit simpati dalam hatinya... Dan bagaimanpun, hal itu susah dijauhi... :D
Semoga beruntung kali ini... ^^

Terima kasih ^^

Daisy S said... Reply Comment

.Daisy
@Daisy_skys
Semarang
https://twitter.com/Daisy_skys/status/698755605477982208
"Menurut kamu apa isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan suatu misi?"

1. Jangan biarkan jatuh cinta pada orang yang salah .

2.Hal Pribadi dan pekerjaan tidak boleh dicampur adukan . Karena disini profesionalitas dipertanyakan .

3.Kecerobohan adalah hal yang fatal dalam sebuah misi .berhati - hati dan telitilah dalam bertindak

4.Jangan mudah percaya pada orang lain . Mungkin saja yang kau percaya adalah penghianat .

5. Sembunyikan identitas , karena jika identitas terbongkar tak hanya si agen rahasia tetapi juga orang orang terdekatnya akan dalam bahanya.


Rini Cipta Rahayu said... Reply Comment

Rini Cipta Rahayu
@rinicipta
Karangasem, Bali
https://twitter.com/RiniCipta/status/698874231765889024

Sebagai seorang agen rahasia, sebaiknya tidak banyak hal yang dicantumkan dalam manual book yang digunakannya. Simpelnya sih, cukup ditulis poin-poin sederhana dan penerapannya disesuaikan dengan keadaan diri sendiri. Soalnya, kalau mencantumkan banyak tulisan akan membuat orang lain akan curiga dengan keberadaan kita. Cukup hindari dua hal saja ; tidak fokus dan tidak profesional.
Tidak fokus membuat kasus yang kita tangani menjadi berlarut-larut. Kemungkinan kita melakukan tindakan ceroboh yang membahayakan kita dan klien akan makin tinggi. Begitu juga kalau tidak profesional, klien akan ragu dengan kinerja kita. Urusan pribadi, mood yang berantakan tidak boleh mengganggu aktivitas kita sebagai seorang agen rahasia. Dahulukan kepentingan klien dan tuntaskan misi dengan sebaik-baiknya. Semangaat!! ^^9

Agatha Vonilia said... Reply Comment

Nama : Agatha Vonilia Marcellina
Akun twiiter : @Agatha_AVM
Domisili : Jember
Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/698874261700620288

1. Hati-hati dengan minuman dan makanan yang ditawarkan oleh target. Bisa saja mengandung racun dan sebenarnya si target tahu kalau kamu sedang menyamar dan berusaha membongkar identitasmu.

2. Jangan percaya pada siapapun. Ini tugasmu sendiri dan harus diselesaikan dengan kerja keras sendiri. Selain dirimu sendiri, anggaplah yang lain sebagai musuh.

3. Tidak terpaku hanya berdasarkan 1 informasi saja, harus jeli mencari dan mengamati informasi-informasi lainnya. Dekati dan pengaruhi orang terdekat dari target.

4. Preparation, pilih barang multifungsi, seperti pisau lipat.

5. Poin paling penting adalah this is a job and business. Do your best and profesional.

Leny Hermi said... Reply Comment

Nama: Leny
Akun Twitter: @Lenny66677291
Domisili: Rantau kalsel
Link share: https://mobile.twitter.com/Lenny66677291/status/69887859036916531t
Jawaban: Jatuh cinta atau main hati. Karena itu kalau sampai terjadi akan sangat fatal dan merugikan. Percuma dong melakukan penyelidikan kalau pada akhirnya malah suka dengan sasaran karena tidak bisa jaga hati. Jadi kalau jadi agen rahasia itu jaga hati sangatlah penting agar terhindar dari hal2 yang tidak diinginkan, seperti jatuh cinta tadi. Selain itu agen rahasia juga jangan sampai mencurigakan orang yang menjadi sasaran, pokoknya penampilan maupun sikapnya harus sangat dijaga.

Daivara Rezuki Wijaya said... Reply Comment

Nama : Daivara Rezuki Wijaya
Twitter : @aulyarzky
Domisili : Cirebon
Link Share : https://twitter.com/aulyarzky/status/698883153276960769

"Menurut kamu apa isi manual buku agen rahasia yang harus dihindari jika sedang menjalankan suatu misi?"

1. Jangan sampai kelilipan debu, apalagi kelilipan yang bening-bening-_-
2. Jangan sampai terkena flu, karena flu sangat mengganggu konsentrasi dan ribet membersihkannya:3
3. 3K = Kelaparan, Ketiduran dan Kehilangan jejak.
4. Jangan suka baper, apalagi ketemu target yang mirip mantan.
5. Jangan lupa minum Aqua, mposss kan kalau konsentrasi kita hilang karena ga bisa bedain aku dan dia?
6. Memakai kacamata hitam, takut ntar di kira tukang pijet-_-
7. Jangan makan cabe sebelum melakukan misi. Takut ada cabe yang nyelip di gigi:3 takut target salah fokus:v
8. Jangan lupa kabarkan istri untuk para pria, karena istri lebih penting dari pada misi. 1 missed call dari istri itu lebih horror dari pada gagal dalam suatu misi-_-
9. Mata jangan jelalatan, bening dikit tengok, mulus dikit tengok, keren dikit tengok!
10. Bermain hp, khususnya game! Aku aja di tinggalin, misi kamu jangan bang:v
11. Menggunakan syal yang terlalu panjang, takut ntar syalnya nyangkut di sesuatu benda yang bergerak-_- misi gagal, nyawa pun menghilang.
12. Berpakaian serba hitam, apalagi misinya malam hari. Takut ga kelihatan, terus ketabrak dan akhirnya tewas.
13. Berpenampilan yang acak-acakan dan kumel, please ntar di tangkep petugas RSJ-_-
14. Memakai perhiasan yang berlebihan! Ini sangat berbahaya, perampok akan menyerang toko emas berjalan! Waspadalah, waspadalah!
15. Melewati toko dengan diskon yang gede, apalagi 50%-90%. Please, siapapun pasti menyukai hal-hal yang berbau diskon:3 walaupun melewatinya, jaga imannya yaa sis, bang:v
16. Membawa tas hitam yang besar. Ini tidak boleh di lakukan! Ntar di kira pelaku bom sarinah.
17. Meminum coffee di cafe. Siapa tahu ada sianidanya.
18. Berisik, banyak omong apalagi sampai berbusa.
19. Genit.
20. Lupa memakai celana, apalagi celana yang ada di dalam:"

Blog contents © Book world 2010. Blogger Theme by Nymphont.