[Blog Tour] Review&Giveaway: The Stardust Catcher by Suarcani

Tuesday, April 19, 2016

Judul : The Stardust Catcher
Penulis : Suarcani
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 184 Halaman
Terbit : Maret, 2016

SINOPSIS

“Apa harapanmu tahun ini?”

Joe: Punya alternatif lain untuk berbahagia selain dengan mencari pasangan.

Mela: Mendapat tambahan umur setidaknya empat tahun lagi, yah.... biar bisa main remi lebih lama lagi sih.

Bermula dari secarik kertas dalam jaket di commuter line, Joe dan Mela bercengkerama lewat ask.fm. Selama setahun, hanya lewat media sosial itulah mereka berhubungan. Hingga Joe tertinggal rombongan saat liburan bersama teman-teman kuliahnya. Ia tersesat di Bali. Sendirian.

Saat itulah Sally Cinnamon muncul dan mengaku sebagai peri yang akan mempertemukan Joe dengan jodohnya. Wait, peri jodoh? Yang benar saja? Ditemani Sally, Joe berusaha mencari rombongannya. Petualangan yang mempertemukannya dengan Mela, si spa therapist yang sekarat.

Apakah Mela jodoh yang dimaksud Sally? Apakah Joe benar-benar tersesat dan bukannya sengaja menghilang karena protes akan perceraian orangtuanya?


------------------------------------------------------
REVIEW

Berawal dari penemuan Joe akan secarik kertas misterius dalam sebuah kereta commuterline, Joe mendapati dirinya berkenalan dengan Mela di dunia Maya. Akun ask.fm Mela dipenuhi dengan jawaban nyeleneh yang diberikan Mela yang menimbulkan rasa penasaran pada diri Joe. Joe menjadi sering melempar pertanyaan pada akun ask.fm Mela dan Mela pun melakukan hal yang sama.
Tapi tanpa disadari Joe, penemuan secarik kertas yang tidak sengaja itu disebabkan oleh iseng sosok misterius yang bahagia usahanya berhasil. 

Joe merupakan sosok laki-laki yang masih menempuh studinya di bangku kuliahnya. Keluarganya mulai tidak harmonis saat kedua orangtuanya ingin bercerai bahkan sudah sama-sama memiliki pasangan baru. Joe merasa rumah bukanlah tempat yang nyaman lagi. Merasa ada kesempatan untuk melarikan diri saat ada kegiatan darmawisata ke Bali bersama teman-temannya, Joe sangat bersemangat. Joe bahkan menyakiti kedua orangtuanya sebelum pergi ke Bali dengan perkataannya yang terdengar kasar.
"Mereka orangtua yang berbeda. Mereka egois, tidak mengerti bagaimana rasanya menjadi anak yang selama belasan tahun bahagia dan mengira akan bahagia untuk selamanya, tapi tiba-tiba.... semua buyar begitu saja." (halaman 100)
Keinginannya ke Bali untuk melarikan diri dari kedua orangtua Joe tidak berjalan mulus seperti keinginannya. Baru saja tiba di Bali, Joe bertemu dengan sosok perempuan aneh yang melambai-lambai ke arahnya. Bahkan saat Joe bertanya kepada teman-temannya, mereka tidak melihat sosok perempuan yang ditunjukkannya.

Hal itu semakin ngeri saat Joe benar-benar bertemu kembali dengan sosom perempuan misterius itu. Joe takut setengah mati. Joe mengira dia diikuti oleh hantu penunggu pesawat. Namun kesialan mulai menghampiri Joe. Joe ditinggal oleh teman-teman rombongannya sendirian dalam sebuah rest area tanpa memiliki alat komunikasi dan uang yang melekat dalam tubuhnya. Semua barang berharga Joe berada dalam bis yang dia tumpangi.

Merasa ini adalah ulah sosok perempuan misterius yang diketahui Joe bernama Sally, Joe semakin kesal. Terlebih lagi Sally terus mengikutinya kemanapun Joe pergi. Apalagi Sally mengaku bahwa dia adalah sosok peri jodoh yang akan membawa Joe pada jodohnya. Aneh! Perempuan aneh!
Karena sosok Sally juga Joe harus mengalami hal buruk berkali-kali di Bali, hampir mau mati kedinginan bahkan dianggap gila karena tidak ada seorangpun yang melihat sosok Sally dalam bentuk nyata.

Lalu bagaimana akhir petualangan Joe di Bali? Akankah konflik yang dialami Joe berakhir manis? Siapa sebenarnya peri jodoh itu? Manusia atau mahkluk kasat mata?
------------------------------------------
Saat pertama kali membaca sinopsis yang diberikan pada belakang buku The Stardust Catcher, aku langsung tertarik dan penasaran akan alur cerita di dalamnya. Peri jodoh? Baru kali bukan tema itu diangkat dalam lini young adult lokal?

Rasa penasaranku semakin meningkat karena sosok Sally. Digambarkan berpakaian aneh dan suka muncul tiba-tiba dalam sekitar Joe. Sally membuatku berpikir dan menebak apakah dia benar-benar peri? Atau manusia?

Hal unik yang aku temukan dalam novel ini adalah bocoran pada halaman muka kalau novel ini dibuat karena tantangan yang diberikan editor untuk membuat sebuah cerita dari lagu Stone Roses- Sally Cinnamon. Aku pun langsung mencari lagu tersebut dan voila! Aku merasakan kepedihan yang coba disampaikan oleh penyanyinya.

Ini adalah pertama kali aku membaca tulisan Suarcani. Namun aku harus memuji akan kemampuan penulis dalam merangkai kata dan menciptakan dongeng untuk dibaca pada zaman sekarang. Yup! Membaca kisah ini membawaku seperti sedang diceritakan dongeng mengenai peri jodoh oleh penulisnya. Benar-benar menarik. Alih-aluh sosom peri biasanya diceritakan saat usia kita masih kecil, kali ini penulis membawanya untuk segmen remaja bahkan dewasa. Dan penulis berhasil akan hal itu.

Banyak hal sederhana yang ditampilkan penulis dalam bukunya ini. Seperti akun media ask.fm serta penggambaran perilaku manusia yang semakin tergantung akan sebuah teknologi pada zaman sekarang ini. Penggambaran sederhana tersebut membuat pembaca terasa dekat dan menyatu dengan keseluruhan cerita yang diberikan.

Mengambil setting tempat di Bali juga digambarkan dengan baik oleh penulisnya. Mungkin itu diperkuat karena penulis berdomisili di Bali juga. Penulis juga berhasil menggambarkan kisah kesialan yang dialami oleh Joe selama di Bali. Setiap halaman yang diberikan benar-benar membuat pembacanya penasaran.

Lalu, tokoh Joe benar-benar sebagai faktor pengendali cerita. Aku suka bagaimana penulis tidak membawa Joe untuk mempercayai akan kehadiran sosok Sally. Joe dibiarkan seperti orang pada umumnya jika bertemu dengan sosok aneh seperti Sally. Joe berpikiran logis. Di lain pihak pembaca berhasil merasakan rasa kesepian Joe karena tidak ada orang yang peduli terhadapnya. Orangtuanya memutuskan bercerai, Joe merasa mereka tidak sayang lagi padanya. Joe sendirian. Joe hanya memiliki teman-temannya saja. Kedua hal yang kontradiktif.

Penulis tidak hanya mengambil sosok peri jodoh sebagai pemanis cerita ini. Tapi latar belakang keluar Joe adalah pesan moral yang coba disampaikan penulis pada pembacanya.
Mungkin yang kita perlukan sebagai seorang anak adalah belajar memahami akan keputusan yang diambil oleh kedua orangtua kita. Karena ternyata masih banyak anak di luar sana bahkan tidak memiliki kedua orangtua lengkap.
"Teman tetaplah teman, Joe. Mereka terikat juga pada hubungan lain. Keluarga, sanak saudara, kekasih, dan bahkan teman-teman lain selain kamu. Apakah kamu berani mengandalkan mereka, memastikan mereka akan selalu ada saat kamu butuh, seperti kamu yang selalu ada saat mereka butuh?" (halaman 100)
Overall, The Stardust Catcher memberikan warna baru dari lini Young Adult yang sedang lagi berkembang sekarang. Buku ini pantas kamu jadikan wishlist bacaan kamu selanjutnya. Sambil berandai-andai apakah Sally si peri jodoh itu nyata? :D
Tidak sabar untuk membaca karya Suarcani selanjutnya!




Selamat Membaca
------------------------------------------------------

GIVEAWAY TIME!

Hai... selamat datang dalam rangkaian Blog Tour: The Stardust Catcher di blogku!


Siapa yang mau mendapatkan satu eksemplar gratis buku The Stardust Catcher by Suarcani? Pemenang juga akan mendapatkan satu tas joger khas Bali langsung yang diberikan penulisnya loh! Wow!

Mau?

Caranya gampang:

1. Kamu harus berdomisili di Indonesia

2. Follow blog ini via GFC atau email.

3. Follow akun twitter @aprlboanarges dan @alhzeta dan share giveaway ini menggunakan hastag #TheStardustCatcher jangan lupa mention kedua akun twitter tersebut ya.

4. Jawab pertanyaan di bawah ini dengan menyertakan: Nama, akun twitter, link share dan jawabanmu.
"Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?"
5. Pemenang tidak dinilai berdasarkan sistem random, jadi jawablah semenarik mungkin ya!

6. Giveaway ini berlangsung dari tanggal 19 - 24 April 2016 pukul 23.59 WIB dan pemenang akan langsung diumumkan pada tanggal 25 April 2016.

GOOD LUCK!

REGRADS,
APRL 

51 komentar:

Diki Siswanto said... Reply Comment

Diki siswanto
@diki_twips
https://twitter.com/diki_twips/status/722348491628916736

Keluarga adalah bagian dari hidupku. Keluarga, lingkungan pertama tempat aku mulai tumbuh dan berkembang. Keluarga juga yang pertama kali menanamkan nilai - nilai dan norma sosial kepadaku.

Mereka selalu ada untuk aku. Ketika mendapatkan masalah, mereka selalu mencari solusinya. Keluarga, tempat aku bisa berbagi canda tawa dan keluh kesah. Aku dapat berbagi cerita tentang kehidupan ini. Jatuh bangun, keluarga tetap memberikan dukungan. Keluarga merupakan sumber inspirasi, motivasi untuk aku menjalani kehidupan ini menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Vinia Dayanti said... Reply Comment

Nama: Vinia Dayanti
Akun Twitter: @viniapurba
Link share: https://twitter.com/viniapurba/status/722378888957956096?s=17
Jawaban:
Keluarga menurutku adalah orang terdekat yang selalu kita jumpai, memiliki ikatan batin, tempat suka dan duka serta tempat kita mendapat solusi dari masalah kita setelah Tuhan. Dan keluarga adalah "sekolah" pertama kali sebelum kita memasuki dunia di luar keluarga. Keluarga itu menurut aku selalu ada saat apapun, kapanpun dan dimanapun kita berada. Tapi keberadaan mereka tidak sekedar keberadaan raga saja, yg terpenting juga adalah pesan moral yang mereka sampaikan. Mereka juga selalu mendoakan yang terbaik untuk kita. Dan keluarga itu baiknya saling melengkapi, terutama keluarga inti (ayah, ibu dan anak) ^^

Makasi ya udah adain GA ini, semoga aku beruntung. O iya, aku suka template blognya, keliatan kalem tapi tetep menarik =) Sukses terus ^^

Salwa Balfas said... Reply Comment

Nama : Salwa Balfas

Akun twitter : @Safaira01

Link share : Lihat Tweet @Safaira01: https://twitter.com/Safaira01/status/722359269455060992?s=09

- "Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?"

Jawaban :

Bagiku Keluarga adalah bagian yang paling terpenting di dunia ini. Tidak ada yang lebih berarti daripada keluarga.
Mereka tempat pertama saat aku melihat dunia, kasih sayang yang tulus selalu diberikan hingga saat ini, mereka yang mengajarkanku tentang arti hidup sebenarnya.
Mereka tempat kembali saat aku pergi jauh, mereka yang selalu mewarnai hidupku, susah maupun duka mereka selalu ada disampingku, mendukung semua yang aku lakukan, doa selalu mereka berikan tanpa aku minta. Keluarga adalah segala-galanya, tanpa mereka aku takan pernah ada, tanpa mereka juga aku bukan siapa-siapa.

Dan aku selalu bersyukur memiliki keluarga yang aku miliki saat ini. :)

Keluarga adalah tempat berteduh di dunia. :)

Terimakasih GAnya kak! :) semoga aku berjodoh dengan bukunya. ^^

Hida Nimahh said... Reply Comment

Nama : Hidayatun Ni'mah
Twitter : @HidayatunNimah_
Domisili : Tuban Jawa Timur
LinkShare :https://twitter.com/HidayatunNimah_/status/722410168596627457

"Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?"
Jawaban :
Keluarga adalah permata yang sangat berharga bagi hidup saya, dalam keluarga kasih sayang, cinta, kebersamaan dapat saya peroleh di dalam keluarga. Tidak bisa di bayangkan jika saya hidup tanpa keluarga, mungkin saya sudah terlantar dalam kehidupan diluar sana dan merasa kesepian. Sesekali saya pernah merasa kesepian ketika kakak, adik, dan orangtua saya semua telah tertidur pada saat malam hari, saat itu suasana sangat sepi dan akupun merasa sedikit takut, sehingga membuat ku sulit untuk tertidur, ingin rasanya untuk membangunkan mereka semua agar suasana menjadi ramai kembali. Itu sedikit contoh betapa berharganya keluarga itu. Tanpa keluarga saya mungkin saya tidak akan seperti ini hidup enak, bisa sekolah, hidup senang, dan saya merasa sangat beruntung dan bersyukur masih bisa hidup dengan keluarga yang lengkap, sedangkan banyak diluar sana yang hidup tanpa berdampingan dengan keluarganya, bahkan ada dari mereka yang dari kecil sudah di tinggal oleh keluarganya, mereka yang hidup tanpa keluarga belum tentu hidup bahagia seperti saya saat ini. Dalam keluarga terdapat orangtua yang dengan ikhlas merawat saya dari kecil sampai saya beranjak remaja, orang tua saya membiayai saya sekolah agar saya bisa menjadi orang yang bermanfaat dan menjadi orang yang sukses kelak nanti. Ayah yang merupakan sebagai kepala keluarga, bekerja dengah penuh semangat demi mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan rumah tangga, membiyai uang sekolah adik, kakak, dan aku serta melindungi keluargaku dari segala ancaman yang mencoba membahayakan keluarga. Dan ibuku ialah seseorang yang biasa menyediakan hidangan makanan untuk keluarga kami, suasana makan bersama keluarga lebih terasa nikmat walaupun hidangan yang di sediakan hanya sayur asem, ikan asin, dan sambel, dibandingkan ketika makan sendiri walaupun di restoran. Saya mempunyai kakak, walaupun saya sering bertengkar kakak saya sering menolong saya saat saya sedang mengalami masalah. Jadi keluarga yang terdiri dari Ayah, ibu, kakak, adik dan serta bebarapa orang lain yang masih terikat dalam hubungan darah dan saling ketergantungan akan selalu membutuhkan satu sama lain. Begitu besar peran keluarga dalam kehidupan kita ini, oleh karena bersyukurlah kalian yang masih memiliki keluarga yang lengkap, dan bahagiakan lah orangtua kalian sampai akhir hayat mereka.

Rahul Syarif said... Reply Comment

Nama: Rahul Syarif
Twitter: @rahulsyarif
Link share: https://twitter.com/rahulsyarif/status/722406553995743232

"Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?"

Banyak sekali definisi keluarga yang mungkin telah ada. Saya hanya menyebutkan arti keluarga dalam hidup saya sesuai apa yang saya pikirkan dan alami.

Keluarga adalah tempat saya, kami, ataupun kamu untuk pulang. Tempat terakhir dimana saat kamu gagal. Tempat berhenti sementara. Tempat mundur selangkah untuk mengambil langkah besar. Banyak peran dan kehangatan dari keluarga yang sulit saya jabarkan dalam kata-kata. Hanya kehangatan, kenyamanan, dan kelengkapan saat kami berkumpul bersama. Diruang keluarga, entah itu nonton sinetron, nonton bola, ataupun makan bersama. Selalu ada kehangatan tersendir yang terselip diantaranya.

Keluarga mungkin bisa kita artikan sebagai motivasi kita untuk bisa maju. Karena dengan memikirkan mereka bangga karena kita, itu sudah bisa jadi motivasi. Jadi, Keluarga ada banyak artinya dalam hidup saya dan mungkin melebihi kata-kata yang sayajabarkan ini. :D

adin dilla said... Reply Comment

Kalo dari segi cerita memang unik. tapi pemberontakan dengan melarikan diri rasanya kok sangat kekanak-kanakan. Semoga saja ada penjelasan mengenai hal itu atas karakter Joe.

Nama: Hapudin
twitter: @adindilla
Link: https://twitter.com/adindilla/status/722440676810489857

Jawaban: Keluarga itu "Pulang". Semenderitanya saya, keluarga bisa menampung tanpa bertanya 'Kenapa'. Sehingga di tengah keluarga, saya merasa masih hidup. Meskipun ketika jauh dari keluarga, saya seakan sekarat dengan hidup.

Rini Cipta Rahayu said... Reply Comment

Rini Cipta Rahayu
@rinicipta
https://twitter.com/RiniCipta/status/722444225388765184

Keluarga adalah kumpulan orang-orang terpilih yang memang ditakdirkan oleh Tuhan untuk menjadi bagian utama dalam hidup kita. Interaksi bersama mereka menjadi rangkaian peristiwa yang memberikan banyak arti dan membuat hidup kita lebih hidup. Dari mereka, kita belajar banyak hal. Bersama mereka, kita memahami berbagai hal utamanya yang berkaitan dengan kehidupan sosial. Lingkungan yang mereka ciptakan akan membentuk karakter dan pola pikir kita. Dalam keluarga kita mematangkan diri agar nantinya berhasil hidup dalam lingkup yang lebih luas dan tantangan yang lebih ekstrem.

Niki Sayang said... Reply Comment

nama : niki saka
twitter : @nikisaka
link share:
https://mobile.twitter.com/nikisaka/status/722451024145833984?p=v


Buatku, kata yang paling tepat mewakili arti keluarga dalam hidupku dalah 'segalanya.' Seseorang lahir disapa keluarga, bertumbuh didampingi keluarga, dan pada saatnya nanti meninggal diantarkan keluarga.

Keluarga bukan candu lagi, keluargaku seperti oksigen yang memenuhi kehidupan. Di saat aku membutuhkan kasih sayang, keluargaku tidak berhenti membombardir dengan kasih sayang. Pun ketika aku memerlukan tempat untuk melabuhkan hati dan pikiran yang lelah, membagi suka cita, canda tawa. Keluargaku merupakan tempat terbaik meski di luar sana tempat hiburan menjamur.

Orang boleh sampai jauh menjejakkan kaki, namun kepada keluarga juga akan kembali.~

kurnia dwi pertiwi said... Reply Comment

Kurnia Dwi Pertiwi
@KDP264
https://mobile.twitter.com/KDP264/status/722582666550206464
Keluarga adalah orang yang mau menerima kita dengan tangan terbuka dalam kondisi terpuruk sekalipun.
Yang jelas keluarga itu selalu merangkul aku di saat sedang putus asa, mendekap erat di saat butuh kekuatan, memberi lelucon di saat aku bersedih. Keluarga itu bisa menjadi berbagai peran seperti orang tua, temen, kekasih dll. Hanya keluarga yang bisa memerankan itu. Di saat kita sedih, mereka tidak pernah tanya kenapa, tapi malah diledekin layaknya temen. Keluarga itu layaknya sepatu selalu melindungi anggota keluarganya dari kerikil-kerikil yang ingin melukai kita. Layaknya kaos kaki tak nampak tapi selalu membuat nyaman. Mungkin beberapa dari kita semua yang jauh dari keluarga tapi masih bisa membuat kita nyaman, melalui perhatiannya lewat telepon, melalui doa-doa yang ia pinta. Karena sejauh apapun kita melangkah selalu ada doa keluarga yang menyertainya. Hanya keluarga yang bisa melakukan itu. Bukan temen kamu, kekasih kamu, bahkan musuh kamu.

Heni Susanti said... Reply Comment

Nama : Heni Susanti
Akun Twitter : @hensus91
Link Share : https://twitter.com/hensus91/status/722590925533282304
Bagiku keluarga adalah masa lalu, masa kini dan masa depanku. Bersama mereka aku tumbuh, ditengah mereka aku berkembang, berkat mereka aku menjadi aku yang sekarang. Mereka yang selalu mendukung apapun yang kulakukan. Mereka adalah baris terdepan yang akan menjadi pembela dan pelindungku. Mereka yang akan paling vokal menegur kesalahanku dan membimbingku menjadi lebih baik. Ibu, ayah, kakak. Mereka adalah keluargaku. Kakek-nenek juga para sepupu. Mereka adalah keluargaku. Dan seiring berjalannya waktu keluargaku semakin banyak. Guru, sahabat, bapak-ibu kos, rekan kerja. Semua seperti keluarga bagiku. Mereka yang akan menjadi lapis kedua yang akan membela dan melindungiku. Aamiiin.
Maka begitulah arti keluarga bagiku. Masa lalu, bersama mereka aku terlah bertumbuh dan membentuk aku yang sekarang, mengukir sejarah untuk dikenang. Masa kini, bersama mereka aku berjuang untuk mimpi dan harapanku. Masa depan, bersama mereka aku akan akan menikmati hasil perjuanganku. Apapun hasilnya mereka yang akan ada untuk mendukungku.
Demikian dan terima kasih. :)

Cok Santi said... Reply Comment

Nama : Cok Santi Adnyani
Akun Twitter : @CokSanti
Link Share :https://twitter.com/CokSanti

Keluarga memiliki arti yang sangat besar. Bagiku keluarga adalah harta yang paling berharga. Keluarga adalah mereka yang selalu memiliki stok cinta dan kasih sayang untukku.Mereka adalah orang tua, saudara, suami dan anak-anakku yang selalu menjadi inspirasi dan motivasi dalam menjalani hidup ini.

Mereka adalah tempat untuk berbagi kebahagiaan dan kesedihan. Merekalah yang selalu bersedia membukakan pintu hatinya walaupun kita sudah menutup pintu itu terlalu keras. Jujur, aku tidak bisa hidup tanpa keluargaku tercinta, Aku juga tidak bisa melihat mereka menderita karena kebahagiaan mereka adalah kebahagianku juga, begitu sebaliknya.

Arini Angger said... Reply Comment

Nama: Arini Angger
Twitter: @ariniangger
Link share: https://twitter.com/ariniangger/status/722652637284474881

Keluarga itu mereka yang mendukungku apapun kekurangan dan kelebihannya diriku, tak peduli orang lain mau berkata apa. Mereka yang sayang dengan tulus dengan diriku, bisa terima aku apa adanya. Menjadikanku manusia yang baik sesuai dengan norma agama, menjadikanku manusia berguna bagi lingkungan sekitar, agama, nusa dan bangsa. Keluarga itu bagian hidupku yang sangat aku sayangi, tak mungkin bisa aku bisa hidup sendiri bila tanpa mereka. Sangat berarti keberadaan mereka akan diriku.

rini virgo said... Reply Comment

Nama : Rinita
Akun twitter : @Rinitavyy
Link share : https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/722691706966188032?p=v

Keluarga merupakan
tempat bernaung dimana kau berteduh disana dari dunia
luar yang membahayakan,
Tempat dimana kau bisa menceritakan setiap keluh kesahmu..
Keluarga itu seperti air mengalir,yang akan terus mengalir untuk
memberimu kesejukan tiada yara,membuatmu segar dari dahaga dan kehausan akibat terpaan terik
matahari yang menyengat pada hatimu,
Tempat dimana kau bisa menyembuhkan luka hati itu..
Keluarga seperti sapu lidi yang kalo hanya sebiji tak akan bisa menjadi kuat, tapi bila bersatu dengan lidi yang lainnya pasti akan menjadi kuat dan saling membantu satu sama lain..
Sesungguhnya, Keluarga adalah
tempat pertama yang menemanimu di kala susah-mu dan juga senang-mu.

Ten Akatsuki said... Reply Comment

Ten | @ten_alten
https://twitter.com/ten_alten/status/722747720541163521

"Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?"
>>
"It doesn't take a blood connection to become a family, right?"
--Gokusen Ep 8

Keluarga secara hubungan darah dan keluarga sebagai rumah. Karena keluarga adalah tempat di mana kita bisa merasa aman, tempat kita bisa berbagi suka dan duka. di mana anggota keluarga saling mengasihi dan saling melindungi, dan saling mengingatkan ketika ada yang salah. karena keluarga adalah rumah untuk bernaung. :D

Miftahur Rizqi said... Reply Comment

Nama : Miftahur Rizqi
Twitter : @MR_Laros
Link Share : https://twitter.com/MR_Laros/status/722787388364206081

bagiku keluarga adalah sebagian dari hidupku. mereka yang menyemangati dan menyayangiku dengan sepenuh hati. mereka pula yang mengerti aku baik susah maupun senang. mereka yang mengajariku banyak hal. aku gak boleh melupakan atau membenci mereka. *I LOVE MY FAMILY*

Eni Lestari said... Reply Comment

Nama: Eni Lestari
Akun twitter: @dust_pain
Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/722966863425097728

Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?

bagiku keluarga adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan untukku. jujur ya, kadang, aku suka iri sama orang2 di sekitarku yang terlihat wah, keren, cantik, seksi, dan segalanya. tapi, ketika melihat keluargaku, aku merasa tertampar berkali2. aku berpikir: ya ampun, buat apa iri? padahal aku punya sesuatu yang lebih berharga, lebih penting, sesuatu yang selalu ada di dekatku dan mendukungku? seharusnya aku bersyukur dikasih anugerah berupa keluarga yang begitu hangat, bukannya mendambakan sesuatu yang belum tentu cocok untukku. belum tentu kan kalo aku seaduhai artis2 Korea, aku bisa seberuntung ini, bersama keluargaku yang menerimaku apa adanya? karena itulah, aku sungguh2 bersyukur berada dalam keluarga kecilku. meski kadang suka adu mulut, sensi2an dikit, tapi gak lama kemudian pasti baikan lagi. yah, namanya juga keluarga. ah, pokoknya I love my family :))

Fabiola Izdihar said... Reply Comment

Nama: Lala
Akun Twitter: @fazidaa_
Link Share: https://mobile.twitter.com/fazidaa_/status/722989717965271042
Jawaban:

Di masa remaja ini, di saat itulah aku selalu mempertanyakan arti keluarga. Seringkali hal diluar sana lebih menyenangkan, sejalan dengan kebebasan yang aku inginkan. Keluarga selalu menjadi hambatan, selalu melarang, selalu mencari perdebatan. Di saat itulah, aku akan menganggap keluarga sangat menyebalkan, rumah rasanya seperti neraka, dsb. Tapi, bagaimana jika di saat aku kesulitan dan tidak ada orang di luar sana yang bisa menerima dan membantu? Banyak yang mengaku "keluarga", tetapi tidak ada yang bisa melebihi keluarga yang sesungguhnya. Mungkin aku bisa menyumpahi dan mengatakan hal yang tidak-tidak kepada orang-orang diluar sana yang membuatku marah, tetapi tidak dengan keluarga. Bukan sumpah serapah, tetapi doa yang selalu kupanjatkan. Sometimes we fight, we argue, we yell to each other, but in the end, we always forgive each other and finally realize how much we love them although we didnt say it loud. Dari hal-hal itu, aku menyadari bahwa keluarga adalah orang-orang yang selalu ada, tempat aku bisa (selalu) pulang.

Putrinatalia Munthe said... Reply Comment

Nama : Putri Natalia
Akun Twitter : @poetstories
Link Share https://twitter.com/PoetStories/status/722987837843349504

Arti keluarga bagiku adalah segalanya, keluarga adalah tempat pertama aku melayani Tuhan dan dalam keluarga kita belajar menjadi seorang yang dapat menghargai orang lain, tempat kita menjadi diri sendiri. Keluarga adalah tempat kita pulang setelah semua kegiatan diluar dan berbagi cerita, kebahagian juga kesedihan. Tempat untuk saling menguatkan dan tempat kita saling mengingatkan. Terkadang dalam keluarga ada perselisihan tapi hubungan keluarga tidak bisa diputuskan.

Mungkin keluargaku belum sempurna tapi segala yang kubutuhkan ada dalam keluargaku.


nunaalia 79 said... Reply Comment

Nama: Aulia
Twitter: @nunaalia
Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/723006830226493440

"Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?"

Bagiku keluarga itu anugerah terbaik yg aku miliki, orang-orang berharga yg aku sayang dan juga menyayangiku dengan tulus, tempat pertama yg memberikan aku pelajaran kehidupan dan tempat yg akan selalu aku tuju untuk pulang, ikatan yg tidak akan pernah putus sepanjang hayat dan pengorbanan tiada akhir sampai ajal menjemput.

julie khoyul said... Reply Comment

Khoyul
@Jkhoyul
https://twitter.com/JKhoyul/status/723029489555369986

Keluarga adalah di mana kita berasal dan ke mana kita berakhir. Sebuah kebahagiaan yang terwujud hanya jika kita bersama orang2 terdekat. Ayah, ibu, saudara atau suami/istri dan anak2. Inilah keluarga

Marfa Umi said... Reply Comment
This comment has been removed by the author.
Fitriscia Jacilia said... Reply Comment

Nama: Fitriscia Jacilia
Twitter: @jacilpo
Link Share: https://twitter.com/jacilpo/status/723061478949937153

Arti keluarga bagiku adalah sebuah 'rumah'. Dimana, disitulah tempat kita berpulang. Disitu juga tempat kita berbagi. Dan disitu juga tempat kita bisa menjadi diri kita sebenarnya, karena jujur aku pribadi ketika sedang berada di luar dan berada di dekat keluargaku, aku memiliki sifat yang sedikit berbeda, dimana ketika aku bersama keluargaku, aku bisa lepas menjadi diriku sendiri. Dan yang paling penting bagiku, arti keluarga adalah segala-galanya bagiku, hartaku yang paling berharga. Mereka semangatku dalam menjalani hidupku. Mereka motivasi terbesarku sehingga aku terus berjuang agar bisa menjadi 'orang' dan bisa membahagiakan mereka kelak. Dan, ketika semua orang mungkin ada yg mencomoohku atau tidak menerimaku dengan segala kekurangan atau kelebihanku. Tapi keluargaku, mereka selalu terbuka dan mau menerimaku apaadanya. Mereka itu benar-benar kepingan terpenting dan arti terbesar dalam hidupku. Mereka merupakan semangat terbesar dalam hidupku!

Ryn Chan said... Reply Comment

Nama:ArienPrakasari
Akun:@Arrinn_Kka
Link Share: https://twitter.com/Arrinn_Kka/status/723112325956292609

Bagiku keluarga adalah nafas kehidupan, karena kita lahir dan tumbuh besar di dalam sana. Keluarga adalah teman, teman sejati yang disebut sahabat karena banyak hal yang dapat kita bagi maupun kita peroleh dari sana. Dan keluarga adalah segalanya 😃

Hitam Putih said... Reply Comment

Nama : Ana Bahtera
Twitter : @anabahtera
Link : https://twitter.com/anabahtera/status/723343623161401345

Keluarga dalam hidup??
Everything…Mereka yang tanpa pamrih menyayangi, tanpa dendam bila terluka dan dengan tulus saling mengingatkan. Tak perlu menjadi orang lain dalam keluarga. Tempat ku bisa tertawa sepuasnya, menangis sebanyak-banyaknya.
Keluargaku memang tak bergelimangan harta, cukup sederhana saja tapi keluarga ini memiliki cinta yang luar biasa.

Rin Herlina said... Reply Comment

Erin | @RiienJ | https://twitter.com/RiienJ/status/723338093130964993

Bagiku, keluarga adalah duniaku yang sangat berharga dibandingkan apapun. Dunia kecil dimana orang-orang menyayangi setulus hati, melindungi dan menjaga. Serta saling mendukung satu dengan lainnya. Keluarga bisa menjadi teman bahkan sahabat. Keluarga yang tak akan pernah terlupakan meski berkelana ke ujung dunia. Dunia kecilku yang tak akan pernah mati.

Nyi Penengah Dewanti said... Reply Comment

Nama :Nyi Penengah Dewanti
Twitt:@nyipenengah
Link Shared:https://twitter.com/NyiPenengah/status/723374418752217088

"Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?"

Jawaban : Keluarga adalah nafas hidupku untuk selalu bertahan dan berjuang.

Iyagi Fiction Club (IFC) Kendari said... Reply Comment

Nama: NM. Rayanti
Akun twitter: @biblionervosa
Link share: https://twitter.com/biblionervosa/status/723458757829644289

Keluarga adalah rumah. Tempat saya selalu pulang, selepas bepergian ke tempat yang jauh. Tempat untuk merebahkan diri ketika penat. Tempat bersembunyi dari kekhawatiran-kekhawatiran. Tempat membenamkan diri dalam-dalam dari kerumitan-kerumitan dunia luar. Tempat ternyaman yang akan selalu menerima baik dan buruk, kuat dan lemah, sehat dan sakitku

Ari Rizee said... Reply Comment

Nama: Ari
Twitter: @tiarizee
link share: https://twitter.com/tiarizee/status/723487988206866432


Keluarga itu kantung kebahagiaan dan ketenangan. Selalu, bersama mereka aku akan mendapatkan itu. Disaat aku bersedih mendapatkan nilai buruk dalam ujian, keluarga menjadi tempatku mengadu dan kemudian tetap menyemangatiku untuk terus berlatih. Disaat aku menangis karena takut membawa motor sendirian di jalan raya, keluarga menjadi orang pertama yang tidak menertawakanku karena kebodohanku itu. Disaat aku kesepian, mereka orang pertama yang akan merecokiku sehingga membuatku kesal dan tidak merasa sepi kembali. Disaat aku lelah setelah menjalani rutinitas sebagai pelajar, aku pulang ke rumah, bertemu keluarga, karena keluarga adalah tempat pemberhentian dan tempat pulang paling nyaman yang pernah ada.

ignasia ruvina said... Reply Comment

Nama : ignasia ruvina
Akun Twitter : @ignasiaruvina
Link Share : https://mobile.twitter.com/IgnasiaRuvina/status/723495864996515841
Jawaban : segalanya. Karena dari mereka lah aku mempelajari segala sesuatu. Ketika aku masih bayi merah, baru lahir, belum berumur sehari atau seminggu pun, mereka yang paling bahagia atas kehadiranku. Ketika aku kesepian dan mulai menangis karena merasa tak punya teman, mereka selalu menyertaiku. MEREKA SAHABAT SETIA DALAM HIDUPKU. Ketika aku jatuh, terpuruk dalam keputusasaan karena beberapa hal dalam hidupku tidak terjadi sesuai dengan yang aku inginkan, mereka menghiburku dan berusaha mengangkatku kembali. Ketika aku gagal dalam berbagai hal baik karier maupun pertemanan, mereka menerimaku dengan tulus dan lapang dada. Hanya keluarga yang dapat melakukan hal-hal seperti itu. Hanya keluarga yang akan menerimamu baik dalam suka maupun duka dan mereka tak akan membeda-bedakan dengan orang lain. Mereka akan terus menghormati dan menyayangimu apa adanya. Mereka akan selalu manasehatimu agar dirimu dapat tumbuh menjadi yang terbaik dan ketika kita telah mendapatkan prestasi. Walau banyak orang terlihat bangga dan senang bersama dengan dirimu yang memenangkan prestasi itu, beberapa orang yang benar-benar merasakan bahagia dan bangga bersamamu adalah keluarga. Maka dari itu, bagiku keluarga dalam hidupku adalah segalanya. Karena... tanpa orang tuaku, aku tak akan lahir. Tanpa mereka, aku tak akan mengenal dunia. Tanpa kedua adikku, aku tak akan pernah merasakan rasanya menjadi kakak. Tanpa kedua orang 'iseng dan jahil, suka bikin orang marah namun tetep kangen kalo mereka ga ada' itu, mungkin.... aku akan berakhir sebagai anak manja. Karena kasih yang kudapat dari mereka amat berlebih maka dari itu... they're everything for me.
Sekian :)

Mukhammad Maimun Ridlo said... Reply Comment

Nama : Mukhammad Maimun Ridlo
akun twitter : @MukhammadMaimun
link share : https://twitter.com/MukhammadMaimun/status/723542345350676481

"Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?"

Keluarga adalah segalanya bagiku.
Keluarga adalah tempat aku berangkkat, tempat aku pulang.
Keluarga adalah pendamping dan penyemangat saat tidak ada seorangpun saat kita terpuruk.
Keluarga akan selalu memberi motivasi saat kita menuju kesuksesan.
Yang paling peting : "Keluarga adalah alasan aku masih bernafas dan mencari kehidupan yang lebih baik."

Dian Maharani said... Reply Comment

Nama: Dian Maharani
Akun Twitter: @realdianmrani93
Link Share: https://twitter.com/realdianmrani93/status/722973083049463808

"Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?"

Keluarga adalah rumahku.
Rumah pertama yang melahirkanku ke dunia, yang menuntunku melangkah, yang mengajarku bertutur kata, yang mendidikku bersikap, hingga menemaniku menghadapi realita.
Sekalipun ada rumah sewaan, rumah kontrakan atau rumah kos-kosan, mereka tetaplah rumahku. Rumah tempat aku mengadu, tempat aku menangis, tempat aku tertawa, tempat aku pulang.
Karena tanpa rumah, aku hanyalah sebatang kara yang tidak jelas hidupnya.

ived deved said... Reply Comment

Nama : Devi Ambar Wati
Twitter : @ivedvedi
Link Share : http://mobile.twitter.com/?_e_pi_=7%2CPAGE_IDio%2C5536882255

Jawaban :
Keluarga adalah anugrah dari yang maha kuasa, nilainya tidak bisa ditandingi oleh harta. ia begitu segalanya.
Tempat dimana aku, dia, mereka bahkan kita pun semua insan, bahagia, merasa nyaman pun senang.

Bintang Maharani said... Reply Comment

Bintang Maharani
@btgmr
https://twitter.com/btgmr/status/723704510300954624

Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga

Dikutip dari lirik lagu sinetron KELUARGA CEMARA yang pernah tayang di RCTI. Pernah nonton? Masih ingat Abah dan Emak? :D
Dan bagi saya, seperti itulah makna keluarga yang sedemikian berartinya.

Dah said... Reply Comment

Wardah
@bungaoktober_
https://twitter.com/bungaoktober_/status/723794164010242048

"Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?"

Saya, tiga-empat tahun yang lalu mungkin bakal bingung jawabnya. Habis bisa dibilang saya anak yang nggak dekat dengan keluarga. Sejak kecil pun saya biasa jauh dengan keluarga. Anak yang lebih memilih kumpul bareng teman lama-lama daripada duduk di ruang makan sama keluarga.

Tapi, saya yang sekarang bisa jawab dengan jelas. Keluarga itu rumah, tempat kembali. Sejauh apapun kamu pergi, setinggi apapun bintang yang kamu gapai, sedalam apapun kamu terperosok dalam kemalangan, keluarga bakal selalu menerimamu kembali. Entah kamu kembali dalam keadaan sukses-kaya-bergelimang-harta atau justru pesakitan-kurus-kering-nggak-terawat. Keluarga nggak bakal ninggalin kamu, jauhin kamu, mengkhianati kamu, atau melupakanmu kayak sosok teman. Keluarga itu setia, loyal, rumah yang abadi. Tanpa keluarga, tempat yang kamu tinggali akan terasa menyesakkan dan kamu pasti bakal merasa kesepian. Seindah apapun tempat itu, bahkan surga sekalipun. Karena yang penting pada akhirnya bukanlah materi, tapi ikatan yang kamu bagi bersama dengan keluarga.

Sayang sekali saya harus menyia-nyiakan beberapa tahun buat sadar bahwa keluarga itu lebih dari status dan darah. Namun, mending terlambat daripada tidak sama sekali, kan? Semoga ke depannya saya bisa lebih menghargai dan menyayangi keluarga saya. :")

Arie Pradianita said... Reply Comment

Arie Pradianita | @APradianita

https://twitter.com/APradianita/status/723812202734473216

Keluarga bagi saya adalah segalanya. Jadi berbahagialah bagi teman-teman yang masih mempunyai keluarga, buatlah keluarga bangga dengan prestasi kita dan jangan pernah mengecewakan keluarga.

Pendidikan kita berawal dari keluarga. Ketika kita masih kecil, keluargalah yang pertama mendidik kita, sebelum kita akhirnya mencari ilmu di sekolah, dan mendapatkan pendidikan atau pengalaman baru di luar keluarga kita. Ketika keluarga memberikan pendidikan yang baik dan mencontohkan prilaku yang baik, dengan izin Tuhan ketika kita berada di luar keluarga, kita akan berprilaku dengan baik sesuai kebiasaan yang dilakukan di dalam keluarga.

Dalam hidup ini, menurut saya yang paling berharga adalah keluarga, terutama ayah dan ibu. Kasih sayang, perhatian dari orang tua atau keluarga kita, tidak akan sama dengan kasih sayang dari orang lain. Ketika dalam keluarga ada benci, kesel, kecewa, tapi semua itu bisa diatasi dengan adanya kasih sayang. Misalnya orang tua selalu marah-marah kepada kita tapi pada dasarnya mereka sayang sama kita, dan rasa marah atau kecewa bisa dikalahkan oleh rasa kasih sayang. Dalam keluarga harus ada kesabaran, walaupun dalam hal ini saya belum bisa menjadi orang yang sabar dalam keluarga.

Ketika kita dalam hidup ini mendapat masalah, pasti keluarga selalu ada buat kita. Mereka selalu berusaha mencari solusi untuk keluar dari masalah itu, terkadang kita selalu bikin mereka kecewa, akan tetapi mereka selalu memaafkan kita. Keluarga adalah tempat untuk kita mengadu keluh kesah dalam hidup ini. Pada saat saya bertanya kepada teman saya tentang makna keluarga, dia mengatakan bahwa makna keluarga bagi dia adalah “teman dan sahabat”. Karena bagi dia keluarga bagaikan teman dan sahabat, bisa diajak cerita, sharing, dan tentang hal apapun yang ingin dia ceritakan tentang kehidupannya.

Saya setuju, dengan pendapat teman saya tentang makna keluarga menurutnya. Karena ketika kita mempunyai masalah, dan ingin cerita berbagi kebahagiaan, semua itu bisa kita kita curahkan pada keluarga. Karena mereka akan selalu ada disaat kita susah maupun disaat kita bahagia. Keluarga adalah sumber kekuatan dalam hidup ini, sumber inspirasi, motivasi untuk kita jalani kehidupan ini menjadi lebih baik lagi kedepannya.. (^_^)

Fetreiscia Frida said... Reply Comment

Nama: Fetreiscia Frida
Twitter: @fetreisciafrida
Link share: https://twitter.com/fetreisciafrida/status/723824328521838592

Keluarga merupakan sebuah sumber kekuatan yang ga pernah bisa kutemui ditempat lain, bagiku. Mungkin banyak alasan untuk menjadi kuat, tapi keluarga merupakan sumber terbesar bagiku. Bisa dibilang mereka adalah alasan mengapa aku melakukan apa yang kulakukan. Aku sekolah untuk keluargaku, untuk merubah nasib kami. Aku bekerja untuk keluargaku, memberikan bantuan finansial. Ketika aku merasa lelah dan sangat takut, aku akan melihat ibuku. Di matanya. Menemukan kembali sengatan kekuatan yang sempat hilang. Bersemangat lagi untuk menjalani hidup. Ketika aku mulai bertingkah sebagai anak kecil, aku akan melihat kembali adikku. Bahwa aku adalah seorang kakak, seharusnya aku yang membimbing bukan malah menjadi egois.

R.A.Shinta Amelia said... Reply Comment

Nama: Shinta Amelia
Twitter: @S130596
Link share: https://twitter.com/S130596/status/723826740540231680?s=09

"Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?"

Keluarga bagiku adalah segalanya, kak. Ibu, Bapak, Kakak dan Adik mereka adalah hidupku. Keluarga menaungi diriku disaat susah maupun senang, memayungiku agar tidak terluka, merengkuhku dalam doa, menjadi pegangan disaat dunia meninggalkanku dalam keterpurukan. Tidak ada orang di dunia ini yang yang mempunyai hati sebesar mereka, kak: menerima aku apa adanya walau apapun masa laluku, mencintaiku dengan sepenuh jiwa, peduli padaku lebih daripada mereka peduli pada diri mereka sendiri. Karena mereka aku bisa menjadi aku yang sekarang. Cuma mereka yang melimpahi hidupku dengan kasih dan sayang tanpa pernah pamrih sedikitpun. Bapak ajari aku arti kerja keras dan tanggung jawab, Ibu ajari aku cara mencintai, Kakak ajari aku jadi anak yang berbakti, dan Adik.. dia mengajari aku arti kata sabar dan kebijaksanaan :") Seperti rumah tempatku selalu pulang, yang pasti menjanjikan kehangatan dan perlindungan, bagiku keluargaku adalah rumahku.

Aduhhh kak GA nya heart warming banget. Jadi homesick nih :") hehehe. Wish me luck!

alfiani zhukruful fitri said... Reply Comment

Nama: Alfiabi Z Fitri
Akun twt : @falfanyfitri
Link share : https://twitter.com/falfanyfitri/status/723465357810274304

Menurutku keluarga tidak melulu tentang DNA yang sama atau tentang ikatan darah. Tetapi lebih kepada mereka yang dipilih untukku. Sedang aku tidak bisa memilih.

Dan yang kutahu, aku tidak hanya memiliki keluarga sebatas ayah-ibu-saudara. Bagiku, sosok sahabat juga merupakan keluarga.

Mereka adalah satu-satunya tempat, aku menjadi diri sendiri seutuhnya. Tidak ada sedikit pun yang kusembunyikan darinya. Sekalipun begitu, mereka juga yang membantuku untuk menutupi kekuranganku. Dari mereka juga tempatku berbagi. Apapun. Cerita, kasih sayang, cinta maupun masalah.

Seperti ketika semua berjalan begitu buruk, ada mereka yang berdiri membuka pelukannya untukku. Katanya, mereka yang akan mengganti kata "I" menjadi "We", dari illness menjadi wellness. Sederhana tetapi sangat bisa menjadi alasan kenapa mereka selalu ada di hatiku.

Terimakasih, Kak^^

Julia Dwi said... Reply Comment

Nama : julia dwi kartikasari
Twitter : @juliakartika326
Link share : https://twitter.com/juliakartika326/status/723849539984084992

Menurutku, Keluarga adalah bagian terpenting dari hidup dan seperti anggota tubuh yang saling melengkapi. Disaat aku butuh bantuan, mereka yang senantiasa membantuku. Disaat aku salah memilih jalan hidup, merekalah yang pertama meluruskan jalanku kembali. Merekalah yang paling terluka saat orang lain menyakitiku. Terkadang banyak perbedaan pendapat dalam sebuah keluarga, namun itu tidak akan berlangsung lama karena mereka saling menyayangi. Bagaikan sebuah mata dan tangan. Saat tangan terluka, mata akan menangis, dan saat mata menangis, belum tentu tangan terluka, yup! Memang itulah ikatan diantara orang tua diibaratkan mata dan anak-anaknya adalah tangan.

Sebuah kata 'keluarga' adalah kata yang sederhana namun punya makna yang luar biasa. Dan sayang kadang aku atau bahkan kita lupa betapa menakjubkannya sebuah keluarga itu. Dari kelompok kecil inilah kita mulai mengenal dunia yang tuhan ciptakan. Cinta, kasih, dan pembentukan karakter orang dimulai disini. Tempat untuk istirahat dari penat dunia adalah disini.

Keluarga adalah anugrah paling indah dan tidak akan dapat diganti oleh apapun di dunia. Beruntunglah jika kita masih punya keluarga yang lengkap.

Terima kasih

Terry Irawan 3 said... Reply Comment

Tri
@tewtri
https://mobile.twitter.com/tewtri/status/723845411002183680

Keluarga saya mungkin kecil namun kalau ditanya artinya, bagi saya sungguh tidak terhingga. Dibiarkan dekat dengan orang-orang hebat macam mereka, saya sadar kalau Tuhan sungguh mencintai saya. Keluarga saya akan berdiri di depan saya, bukan karena mereka ingin meninggalkan saya tapi, mereka berusaha keras untuk melindungi saya dari luka. Lahir dari sebuah keluarga yang mayoritas penghuninya seorang laki-laki, saya merasa sangat aman. Mereka tidak mengekang, tapi akan langsung berebut menghapus air mata saya bila sedikit saja ia jatuh. Memiliki mereka, saya tidak merasa sebagai putri sebenarnya, karena dibanding itu saya justru diajari bagaimana caranya bertahan sebagai wanita diantara gerombolan pria. Keluarga saya, alasan utama saya untuk berupaya lebih kuat lagi. Keluarga saya adalah alasan agar saya tidak takut lagi kepada dunia. Mereka mungkin bukan segala-galanya tapi segala-galanya ada berkat mereka.

Dyah Muawiyah said... Reply Comment

Nama: Dyah Muawiyah
Twitter: @dyahmuawiiyah
Link Share: https://mobile.twitter.com/dyahmuawiiyah/status/723856307346759680?p=p

Bagiku, keluarga itu adalah segalanya. Ketika aku melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak mereka setujui (namun masih dalam batas wajar), mereka akan tetap mendukung namun tetap mengawasi dari jauh. Ketika aku jatuh karena pilihanku sendiri, merekalah yang pertama membantuku untuk berdiri lagi. Ga peduli sebanyak apa pun aku melakukan kesalahan, sesering apa pun aku mengabaikan, merekalah yang selalu pertama kali menerimaku kembali. Meskipun ada waktunya aku harus memilih, memilih orang yang aku sayangi tapi kehilangan keluargaku atau sebaliknya. Meskipun berat, aku tetap memilih keluargaku. Karena bagiku, keluarga adalah hal terpenting dalam hidup ini dan tidak dapat ditukar/digantikan dengan siapa pun/apa pun.

Aya Murning said... Reply Comment

Nama: Aya Murning
Twitter: @murniaya
Link share: https://twitter.com/murniaya/status/723752266310639616

Family is my everything to me. Tanpa keluarga, aku bukan apa-apa, bukan siapa-siapa. Keluarga adalah sumber kekuatan, sumber penghiburan, sumber inspirasi, sumber nasihat, sumber doa, sumber cinta kasih di kalah hatiku terasa kering kerontang, tempat aku bersandar di kala aku goyah terhempas badai masalah, dan tempat aku berpegang bahwa ada banyak orang lain yang harus aku buat bangga dan bahagia.

Asep Nanang said... Reply Comment

Nama: Asep Nanang
Akun Twitter: @asepnanang59
Link share: https://twitter.com/asepnanang59/status/724009508947660800?lang=id
Jawaban:

Keluarga adalah tempat berteduh tersejuk ditengah teriknya dunia dengan segala pertikaiannya. Keluarga adalah peristirahatan paling nyaman bagi hati yang dilanda kegundahan. Keluarga adalah mata air paling menyegarkan ditengah gersangnya kehidupan manusia. Setiap manusia terlahir dari sebuah keluarga, tumbuh bersama dalam ikatan bernapas cinta kasih ayah dan ibu. Tidak ada seorang manusia pun yang terlahir tanpa keluarga. Jika kehidupan merampas keluargamu, sesungguhnya itu bukan perampokan atau pembegalan yang kejam. Kehidupan hanya sedang mengajarkan padamu betapa pentingnya sebuah keluarga. Tanpa keluarga seorang anak manusia akan hidup terlunta-lunta. Tanpa keluarga manusia kesulitan menemukan cinta. Tanpa keluarga hidupmu penuh derita. Bersama keluarga kau akan menyelaraskan langkah kaki serta keinginan hati. Melahirkan mimpi dan harapan yang kau pupuk dengan keyakinan dan belajar. Bersama keluarga tidak ada penderitaan yang terlalu berat, tidak ada kepahitan yang sulit dihadapi, tidak ada musibah yang terlalu buruk. Semua hal buruk yang disuguhkan dunia tidak akan pernah mampu menghilangkan kenangan indah bersama keluarga. Segala kegetiran yang sudi hadir dalam hidupmu terlalu remeh dibandingkan dengan keagungan sebuah keluarga.

Ana Anggraini said... Reply Comment

Nama: Ana Anggraini
akun twitter: @ukhty_ana
link share: https://twitter.com/Ukhty_ana/status/724106931355308033
"Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?"
Bagiku keluarga adalah segalanya, keluarga adalah tongkat di tempat yg tak tahu bentuknya, keluarga adalah lentera di tempat yang teramat amat gelap nan sunyi, keluarga adalah pensil pertama yang menggores garis dalam lembaran hidup kita,keluarga adalah sumber air dari tempat yang terkering di dunia,keluarga adalah mata,hati,telinga,tangan,kaki dan jiwa kita dari awal kita terlahir ke dunia,keluarga adalah apapun itu yang terpenting karena kata tak mampu mendefinisikannya secara jelas tapi jelas terletak mantap di hati kita.
jujur sekali,awalnya saya merasa sangat tidak beruntung terlahir dalam keluarga kecil yang tidak kaya dan tidak pula bahagia melainkan banyak masalah yang menghampiri tetapi semakin umur bertambah semakin aku mampu memahami siapa orang-orang di sampingku ini, keluarga ini dari sinilah kuberasal dan kemana lagi tempat ku kembali selain kepada keluargaku sendiri, tak ada orang diluar sana yang mau menerimaku sama persis kadarnya seperti keluargaku menerimaku,tidak ada.
keluarga adalah yang menginginkan kita bahagia dan kita ingin pula membahagiakannya.
keluarga adalah dunia dan surga yang sangat dekat dan nyata.

bagi siapapun yang merasa tidak beruntung terlahir dengan keluarganya yang tdk ideal maka berfikirlah dengan tenang maka nanti kalian akan memahami arti keluarga.
sekian.

Agatha Vonilia said... Reply Comment

Nama : Agatha Vonilia M.
Akun twitter : @Agatha_AVM
Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/724117732531130368

Keluarga adalah harta karun yang tidak pernah tergantikan oleh apapun. It's my whole life and without them, I'm nothing. Aku tidak akan menjadi Voni seperti sekarang atau mungkin tidak akan ada yang mengenalku. Keluargaku bukanlah keluarga tersohor, keluargaku hanyalah keluarga biasa yang selalu mengajariku untuk mengalah demi kebaikan orang lain. Tapi jika kita benar, kita akan mempertahankan hak kita dan tidak akan tunduk pada orang lain malah saling melindungi satu sama lain. Meskipun keluargaku pernah ditempa sebuah masalah yang memungkinkanku kehilangan kedua orangtuaku, kita masih tetap bertahan demi keutuhan keluarga. Mereka akan selalu mendukungku apapun yang terjadi padaku. Apapun pilihanku, meskipun terkadang malah membuat mereka sedih dengan jalan yang aku pilih dan tidak membanggakan mereka. Aku belum bisa membalas kebaikan mereka, aku yakin suatu saat pasti membalasnya. Aku akan meninggikan derajat mereka sehingga tidak dipandang sebelah mata lagi orang lain.

Siti Nuryanti said... Reply Comment

Nama : yanti
Twitter: @NelyRyanti
Linkshare:https://twitter.com/NelyRyanti/status/724143130744741888
Jawaban
Family is my everything
Keluarga bagiku, adalah segalanya,ibarat orang hidup, dia adalah nafasku.
Aku besar dan tumbuh dalam lingkungan keluarga yang mencintai dan kucintai. Yg selalu ada kapanpun aku memerlukan, yang selalu menjadi sasaran kekecewaan,kemarahan atau kesedihanku tanpa pernah lelah untuk menampung.keluarga tempat aku pulang, dimanapun aku berada. Dan saat aku juga sudah mempunyai keluarga sendiri, makin kusadari, bahwa hidupku memang untuk keluargaku. Yah, family is my everything

Siti Nuryanti said... Reply Comment

Nama : yanti
Twitter: @NelyRyanti
Linkshare:https://twitter.com/NelyRyanti/status/724143130744741888
Jawaban
Family is my everything
Keluarga bagiku, adalah segalanya,ibarat orang hidup, dia adalah nafasku.
Aku besar dan tumbuh dalam lingkungan keluarga yang mencintai dan kucintai. Yg selalu ada kapanpun aku memerlukan, yang selalu menjadi sasaran kekecewaan,kemarahan atau kesedihanku tanpa pernah lelah untuk menampung.keluarga tempat aku pulang, dimanapun aku berada. Dan saat aku juga sudah mempunyai keluarga sendiri, makin kusadari, bahwa hidupku memang untuk keluargaku. Yah, family is my everything

Putri Prama said... Reply Comment


Putri Prama A.
@putripramaa
https://twitter.com/PutriPramaa/status/724171632097386496
Bagiku keluarga adalah catcher bagi stardust sepertiku ini. Kenapa aku menyebutnya begitu? Karena keluarga adalah penangkap, aspek di kehidupan yang mampu 'menangkap'ku kembali untuk tetap tenang, menyegarkan pikiranku, beristirat kembali, bercerita tentang keseharianku, dan tertawa tentang kehidupanku. Keluarga adalah penangkap kebahagiaan maupun kesedihanku, seperti tisu yang digunakan untuk menyeka air mataku, mengelap peluhku, maupun mengelap ingusku. Keluarga nggak pernah menolakku dan aku merasa senang untuk menjadi serpihan-serpihan bintang di keluargaku. Aku yakin bahwa aku adalah serpihan bintang karena aku terlahir sebagai pemenang. Tanpa keluargaku takkan terlahir serpihan bintang.
Bukan hanya aku saja, tapi semua orang adalah stardust yang hadir di sebuah keluarga. Yang memberikan gemerlap kehidupan dan bersama keluargalah akan kutemukan cahaya milikku sendiri.
Jadi, mari kita semua temukan cahaya dalam diri kita melalui keluarga kita.
Terima kasih untuk giveawaynya.

Daisy S said... Reply Comment

Nama: Daisy S
Twitter: @daisy_skys
Link Share : https://twitter.com/Daisy_skys/status/724241798013423617

"Bagimu apa artinya keluarga dalam hidupmu?"

Berarti sekali sampai aku kesulitan mengungkapkan betapa sangat berartinya keluarga dalam hidupku.Keluarga adalah kompas yang memandu arah kita. Ia adalah inspirasi untuk mencapai puncak, yang menghibur saat kita goyah ,tempat di mana tidak ada sedikitpun rahasia dan tempat di mana kita bisa selalu pulang meski sesuatu bisa mengubah kita, karena kita mulai dan berakhir bersama keluarga kita.

Terkadang keluarga bukan hanya orang orang yang mempunyai hubungan darah ,tetapi juga hewan peliharaan yang sangat kita sayangi dan orang lain yang memang sudah terasa seperti keluarga sendiri .Kita tidak akan bisa memilih keluarga . Keluarga adalah anugerah Tuhan, seperti halnya aku untuk keluargaku.Bagiku mereka yang terbaik.Mungkin dulu aku akan mengatakan kenapa sih aku tidak terlahir dari keluarga konglomerat seperti Chairul Tanjung (yang punya trans crop) ,kenapa bukan dari keluarganya Hary Tanoesoedibjo ? .Lalu ketika aku melihat kembali .Bukan itu yang kubutuhkan .Yang kubutuhkan hanyalah menjadi anggota keluarga ini dengan penuh syukur .Bagiku mereka adalah segalanya dan tiada duanya .salah besar jika aku menyesal terlahir dalm keluarga ini dan mengharap berada ditengah tengah keluarga orang lain.


Bagiku Ayah, adalah kata yang paling lembut dan berwibawa
Ibu, adalah kata paling indah yang pernah keluar dari mulut sebuah keluarga .Kakak adalah kata kedewasaan yang pertama kali kutahu .Kucing malas yang suka tidur seharian adalah anggota dalam keluarga kami.Dan Aku adalah orang yang sangat mencintai mereka apa adanya dan mereka pun mencintaiku apa adanya .Karena keluarga soal cinta dan kesetiaan .

Suatu hari nanti ketika aku telah pergi jauh mencari mimpiku .Bahkan jika bisa aku ingin mengelilingi dunia tidak ada hal lain yang kuinginkan lagi setelah berhasil selain pulang dan membagi semua itu bersama keluargaku .

Aku sangat menyayangi mereka .

Its Nessie said... Reply Comment

Nama: Agnes
Twitter: @its_nessie
Link Share:
https://mobile.twitter.com/its_nessie/status/724254813609844736
Jawaban:

Keluarga? Sederhana memang. Tapi perannya sangat-sangat berarti dalam kehidupan saya.

Yang paling tau baik buruknya sikap saya, yg bersedia memaafkan kesalahan, kebodohan saya dan selalu menjadi orang pertama yg memberikan uluran tangan jika saya terjatuh, pelukan hangat ketika saya bersedih dan tawa jika saya bahagia.

Satu-satunya orang yg membuat saya merasa menjadi penting dalam hidup ini.
Seberapa berartinya? Jika di ibaratkan keluarga layaknya bola kaca, mereka memiliki hati sebening kaca yg bisa selalu memaafkan kesalahan saya dan bentuknya yg bulat menggambarkan keutuhan kasih sayangnya kepada saya yg tak terhingga tidak ada ujungnya. Di satu sisi jika bola tsb terjatuh kemudian pecah dan retak maka hidup saya pun akan seperti bola yg terjatuh itu.

Ratih My said... Reply Comment

Nama :Ratih M
Twitter: @Jju_naa
Link :https://mobile.twitter.com/Jju_naa/status/724265364880642053?p=v

Keluarga adalah harta paling berharga. Satu-satunya di dunia, yang kalau mau di total-total maka harganya itu tak terhingga (tidak bisa dinilai dengan mata uang manapun).
Saking tak terhingganya, semisal rusak, pecah bahkan sampai hilang. Sakitnya itu tak bisa di ungkapkan dengan kata-kata. Menyesalnya bukan main.

Blog contents © Book world 2010. Blogger Theme by Nymphont.