Review: In a Blue Moon by Ilana Tan

Thursday, September 17, 2015

Judul : In a Blue Moon
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 320 halaman

“Apakah kau masih membenciku?”
“Aku heran kau merasa perlu bertanya.”


Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya. Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York. Gadis itu masih membencinya. Masalah utamanya bukan itu—oh, bukan!—melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya itu kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur.

Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. Dan, kadang-kadang—ini sangat jarang terjadi, tentu saja—kakeknya bisa mengambil keputusan yang sangat tepat


REVIEW

Ini kisah tentang Lucas Ford, seorang pemilik sebuah restoran di New York. Dia tanpa sengaja bertemu dengan teman dimasa sekolahnya dulu dalam sebuah pesta pernikahan teman kakeknya Gordon Ford.
Ide Gordon Ford untuk menjodohkan anak temannya -Sophie- dengan cucunya Lucas menimbulkan banyak konflik baru.

Lucas Ford berusaha membuat Sophie memaafkan kesalahan yang pernah dilakukannya dulu dengan berbagai cara. Lucas Ford juga menahan dirinya untuk tetap berkelakuan baik didepan Sophie. Lucas memikirkan berbagai cara untuk mendekati Sophie. Dia juga tidak menolak ucapan kakeknya untuk bertunangan dengan Sophie sejak pertama kalinya.

Sophie merupakan pemilik dari sebuah toko kue yang terkenal di New York. Dia menyimpan kebencian amat dalam terhadap Lucas akan tindakannya dulu diwaktu sekolah. Kemunculan Lucas yang tidak sengaja dan diduganya tidak lantas menghapus rasa kiebencian itu dalam dirinya.
Namun usaha Lucas yang justru menarik hatinya membuat Dia mulai memaafkan Lucas, entah bagaimana ceritanya.
Kehadiran seseorang dimasa lalu  Sophie juga tidak mampu menampik perasaannya terhadap Lucas.
Kehadiran sosok perempuan lain disisi Lucas menimbulkan pertengkaran kecil dalam diri Sophie, akan keputusannya.

Mampukah Lucas tetap meyakinkan Sophie?
---------------------------
Ilana tan tetap hadir dengan karyanya yang manis seperti biasa. Aku masih ingat dengan jelas bagaimana saat Pre-Order novel ini diadakan. Antusias pembaca yang rindu akan tulisan Ilana Tan terjawab sudah.

Ilana Tan hadir dengan tema cerita yang berbeda kali ini, mengangkat tema kuliner dengan setting tempat New York, penggambarannya terlihat sangat jelas, aku seperti dibawa terbang ke New York melihat adegan kisah Sophie dan Lucas. Manis tetap seperti novel lainnya. Aku suka sekali dengan penggambaran sosok Lucas yang tidak pantang menyerah untuk meyakinkan seseorang yang dia sukai.
Aku sedikit kesal dengan kehadiran Miranda yang selalu melakukan segala cara agar Lucas tetap bersamanya, dan akhirnya senang karena Lucas dapat mengambil keputusan penting dalam langkahnya.

Suka bagaimana Sophie tidak serta merta menerima sosok Lucas. Penggambaran dua keluarga dicerita ini juga merupakan bumbu manis yang enak sekali untuk dibaca.
Cover yang cantik juga menjadi poin plus dalam menarik pembaca untuk melirik buku ini -oh, atau tidak perlu? Karena siapa yang tidak kenal dengan penulis Ilana Tan?-

Hanya saja aku menemukan tidak dispasinya dibeberapa kata, atau apakah seharusnya tulisan bakunya seperti itu? Aku juga menemukan kurangnya huruf dalam sebuah kata.
seperti:  
"Jangan salah, Lucas sama sekali tidak kesulitan menghadai anak perempuan" (halaman 29)
Kata menghadai bukan seharusnya menghadapi?

"......ke kompleks apartemen dengan fasilitas serbalengkap di Manhattan....." (halaman 39)
Kata serbalengkap seharusnya dipisah menjadi serba lengkap.

"Orang-orang yang dulu kaukenal..........." (halaman 141)
 Kaukenal seharusnya dipisah menjadi kau kenal.

Terlepas dari kesok-tahuan aku akan tata bahasa yang baik, novel ini berhasil membuatku senyum-senyum sendiri saat membacanya.
Hanya saja konfliknya dirasa kurang tuntas, Sophie dan Lucas dengan gampangnya saling percaya. Atau mungkin itukah yang digambarkan sebagai cinta sesungguhnya?

Akankah Ilana Tan akan timbul dalam profil penulis diakhir setiap karyanya suatu saat nanti? sungguh aku penasaran akan sosok beliau. Selalu menghadirkan karya best-seller.

Untuk kisah romantis Ilana Tan kali ini, aku sangat bisa terhibur.

3*/5 
Selamat membaca!

0 komentar:

Blog contents © Book world 2010. Blogger Theme by Nymphont.