Review: Operation: Break Casanova's Heart by Aly Almario

Sunday, January 24, 2016

Judul : Operation: Break Casanova's Heart
Penulis : Aly Almario
Penerbit : Haru
Tebal : 224 halaman
Terbit : Oktober, 2015

SINOPSIS

Misi: Menghancurkan Hati Sang Casanova
10 Tugas yang Harus Diselesaikan:
1. Buat dia menyadari kehadiranmu.
2. Buat dirimu menonjol dari cewek-cewek lain.
3. Dapatkan ajakan untuk berkencan.
4. Jadikan kencan tersebut sangat berkesan.
5. Buat dia menganggapmu serius.
6. Pastikan dia hanya berkencan denganmu.
7. Buat dia mengajakmu menemui orangtuanya.
8. Buat dia menciummu, —ciuman yang tulus.
9. Jadilah pacar terbaik yang pernah dia miliki.
10. Langkah terakhir: HANCURKAN HATINYA.

Satu-satunya peraturan yang harus kau patuhi dalam misi ini adalah: jangan jatuh cinta kepadanya. Kalau kau melanggar peraturan ini, maka misi akan dianggap gagal. Sebagai gantinya, kau akan menerima hukuman yang berat.

Naomi Perez terpaksa menjalankan misi tersebut karena Stephen Cruz--—Sang Casanova--—adalah cowok yang telah menghancurkan hati sahabatnya, —Kryzel. Apakah Naomi berhasil membuat Stephen jatuh cinta kepadanya? Ataukah keadaan justru berbalik, dan Naomi jatuh cinta kepada Stephen?


----------------------------------
REVIEW

Naomi mendapati sahabat terdekatnya, Kryzel, berpacaran dengan Casanova's bernama Stephen Cruz. Stephen Cruz merupakan seorang cowok populer dikampusnya dan terkenal berpacaran dengan satu cewek tidak lebih dari empat hari!
Empat hari!
Bayangkan bagaimana shocknya Naomi mendengar sahabatnya sendiri justru berpacaran dengannya!

Naomi berusaha untuk meyakinkan Kryzel untuk memutuskan hubungannya dengan Stephen. Namun jika seorang cewek sudah jatuh cinta, sahabat terdekat sekalipun bisa apa?
Kecemasan Naomi terbukti. Stephen dengan mudahnya bermesraan dengan cewek lain dan menyakiti hati Kryzel. Yang lebih membuat Naomi sedih ialah Kryzel ternyata rapuh sekali hingga dia masuk rumah sakit.

Di kampus Naomi ternyata berdiri suatu perkumpulan cewek-cewek "pembenci Stephen". Mereka adalah korban playboy-an Stephen. Mereka ingin sekali membalaskan dendam sakit hati mereka pada Stephen. Mereka ingin merasakan Stephen merasakan sakit hati saat dia sudah mulai mencintai seseorang cewek. Melihat sosok Naomi yang dari dulu tidak pernah tertarik pada Stephen, mereka meminta Naomi untuk menjalankan aksi membuat hati Stephen patah tersebut.
  
Naomi diharuskan menjalankan misi rahasia "pembenci Stephen" dengan menjalankan 10 langkah untuk membuat hati Stephen patah:

Misi: Menghancurkan Hati Sang Casanova
10 Tugas yang Harus Diselesaikan:
1. Buat dia menyadari kehadiranmu.
2. Buat dirimu menonjol dari cewek-cewek lain.
3. Dapatkan ajakan untuk berkencan.
4. Jadikan kencan tersebut sangat berkesan.
5. Buat dia menganggapmu serius.
6. Pastikan dia hanya berkencan denganmu.
7. Buat dia mengajakmu menemui orangtuanya.
8. Buat dia menciummu, —ciuman yang tulus.
9. Jadilah pacar terbaik yang pernah dia miliki.
10. Langkah terakhir: HANCURKAN HATINYA.
Naomi setuju menjalankan misi gila tersebut untuk membalas sakit hati yang dirasakan oleh sahabatnya, Kryzel. Naomi yang merupakan cewek kutu buku bahkan rela untuk mengubah penampilannya hanya untuk membuat Stephen tertarik padanya. Namun, usaha Naomi untuk menyakiti hati Stephen harus dipikirkan ulang olehnya saat Naomi merasakan penilaian yang berbeda pada diri Stephen.
Stephen menjadi seorang Casanova's karena suatu sebab.

Haruskah Naomi menyakiti seseorang yang tulus padanya?

"Di dalam permainan bernama 'cinta', yang kalah adalah yang pertama jatuh cinta." (halaman 3)
---------------------------------------------------
Membaca suatu novel dengan label Phil-fict merupakan kali pertama untukku. Aku kurang suka membaca suatu novel terjemahan, apalagi dari negara asing (diluar dari terjemahan Bahasa Inggris). Saat novel ini diterbitkan oleh Penerbit Haru dan mendapatkan review cukup positif membuatku penasaran ingin mencoba genre baru.

Mari kita bahas satu persatu tentang novel ini:

Cover. Sederhana dan cukup membuat para remaja tertarik untuk melirik buku ini saat sedang berada di toko buku. Ditambah sinopsis yang membuat penasaran, menjadi poin plus untuk novel ini.

Cerita. Aku suka sekali dengan keseluruhan cerita didalamnya. Menggunakan sudut pandang orang pertama dan disertai dengan label nama tokoh saat perpindahan sudut pandang, membuat pembaca dengan mudah mengerti alur cerita secara keseluruhan.
Aku tidak mengetahui novel ini pernah diterbitkan dalam situs wattpad sebelumnya jadi aku tidak tahu apakah ada perbedaan antara hard cover dengan yang diterbitkan dalam wattpad.
Menjelang ending, aku ikut merasakan kesedihan yang hadir di setiap tokohnya. Aku merasakan bagaimana cinta hadir dicerita ini. Manis banget!
Novel ini tidak terlalu tebal, sehingga dengan mudahnya kamu dapat selesaikan dengan seklai duduk saja.

Tokoh. Akh aku jatuh cinta dengan karakter Stephen. Aku suka bagaimana Stephen dengan ke playboy-annya di depan banyak cewek harus bertemu dengan cewek kutu buku bernama Naomi. Aku suka gaya dan bahasanya. Interaksi antara Stephen dan Naomi juga terkadang membuatku tertawa sendiri saat membaca kisah ini. Ya, harus aku akui Stephen layak disebut sebagai cowok Casanova's.

Terjemahan. Terimakasih banyak penerbit Haru yang sudah menterjemahkan novel ini dengan Bahasa yang enak untuk dibaca. Ada beberapa istilah asing yang hadir didalamnya, namun penterjemah tidak lupa memberikan catatan kaki distiap istilah asing tersebut. Catatan kaki yang diberikan sangat membantu pembaca untuk menambah pengetahuannya loh!
Bahasa yang digunakan tidak kaku jujur saja. Jempolan deh untuk terjemahan Haru ini.

Overall, aku tidak sabar mencoba untuk membaca terjemahan dari Haru lainnya. Aku mulai terjangkit Haru Syndrom ya? ^^




Hati-hati kamu dapat jatuh cinta dengan pesona Stephen saat membaca buku ini ya!
Selamat Membaca!

Regrads,
APRL

   

0 komentar:

Blog contents © Book world 2010. Blogger Theme by Nymphont.